Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kesehatan Fisik

Mau Coba Olahraga Yoga? Kenapa Tidak?

Update terakhir: NOV 12, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 752.817 orang

Mau Coba Olahraga Yoga? Kenapa Tidak?

Mau Coba Olahraga Yoga? Kenapa Tidak?

Jika mendengar kata “yoga” apa yang kemudian muncul di dalam benak Anda? Olahraga yang hanya diperuntukkan untuk mereka yang mempunyai tubuh yang lentur sehingga mampu memperagakan posisi yang aneh dan tidak masuk akal. Bentuk wajah yang kemudian terlihat aneh karena harus menahan sakit dan menahan napas dalam waktu yang bersamaan. 

Postur tubuh para peraganya yang lansing dengan pakaian ketat sehingga terlihat begitu cocok dengan gerakan-gerakan yoga atau dua kaki yang sedang
bersila dengan posisi tubuh tegap dengan telapak tangan yang saling bertemu lalu dikombinasikan ekspresi wajah yang nampak penuh ketenangan di atas matras warna-warni. Anda tidak sendiri jika beberapa gambaran di atas pernah muncul di benak Anda ketika mendengar kata “yoga”. Mungkin Anda pernah memilki niat untuk melangkahkan kaki menuju studio yoga dan berkeinginan untuk mencoba olahraga tersebut, tetapi tidak yakin akan kelenturan tubuh Anda sendiri sehingga niat itu kembali Anda urungkan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Jika betul Anda pernah mengalami kondisi tersebut, artikel ini menjadi wajib untuk Anda simak baik-baik. Untuk Anda yang mempunyai keinginan memulai olahraga yoga sebagai aktivitas rutin, apa saja yang perlu dilakukan ?

Membuka diri terhadap hal-hal baru
Pertanyaannya kenapa pemikiran ini menjadi sangat penting untuk Anda yang mau mencoba olahraga yoga? Karena jika Anda sebelumnya sudah terbebani dengan pola pikir bahwa tubuh Anda tidak cukup lentur untuk memperagakan beberapa posisi olahraga yoga atau barangkali Anda merasa sudah cukup tua dan tidak cukup langsing untuk melakukan olahraga ini. Oleh karenanya banyak pose-pose yang sebelumnya belum Anda kenali terasa akan sangat sulit dilakukan.

Silahkan buka pikiran Anda dan sempatkan waktu untuk datang ke kelas yoga. Katakan pada diri Anda jika Anda sedang mencoba hal baru yang Anda sendiri belum pernah melakukan itu, sehingga butuh adanya proses adaptasi. Hal ini akan memberikan dorongan untuk Anda saat melihat para partisipan lain yang sudah terlihat sangat enjoy dengan posisi-posisi yang bagi nampak sangat sulit.

Perlu diingat, Anda bukan datang di sebuah kompetisi yoga. Hal terpenting yang perlu diingat adalah Anda sudah menyempatkan waktu untuk datang dan mencoba memulainya di atas matras yoga. Tidak peduli dengan kondisi fisik Anda, olahraga yoga cocok diperagakan oleh siapapun. 

Tua muda, gemuk langsing, semua bisa melakukan olahraga yoga. Jika semakin tidak lentur tubuh Anda berarti semakin penting Anda memulai olahraga ini.

Anda perlu mencoba jenis-jenis yoga
Penting sekali untuk Anda yang pernah mencoba yoga kemudian muncul pemikiran bahwa yoga bukan jenis olahraga yang cocok untuk tubuh Anda. Masalah ini akan muncul karena beberapa faktor, antara lain misalkan Anda tipe orang yang dinamis kemudian mencoba Hatha yoga dengan pace yang lambat. Atau Anda seseorang bertipe santai namun mencoba Vinyasa yoga yang memilik flow cepat.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Ikuti etiket yang diterapkan kelas yoga Anda
Jika Anda datang ke kelas yoga bersama teman, mengobrolah dengan suara pelan sebelum kelas dimulai. Silent ponsel Anda, dan yang paing penting adalah, datanglah tepat waktu. Jangan lupa meminta izin kepada instruktur jika Anda harus keluar karena ada keperluan yang mendesak. Tidak perlu malu mengatakan pada instruktur jika ini pengalaman pertama Anda mengikuti kelas yoga. 

Tanyakan hal-hal yang belum Anda mengerti kepada instruktur ketika sesi sudah berakhir. Dan bila perlu mengucapkan terimakasih kepada instruktur secara langsung jika Anda menyukai kelas yoga tersebut.

Pakaian yang nyaman penting juga lho
Sebagai seorang pemula dalam kelas yoga, Anda mungkin akan merasa minder dengan pakaian yang dikenakan tidak bermerk. Jangan fokuskan pikiran Anda dengan hal tersebut, karena yang terpenting adalah kenyamanan pakaian Anda. Bawa juga botol minum dan handuk kecil untuk menyeka keringat di sesi yoga Anda pertama.

Tidak perlu malu jika harus menggunakan alat bantu
Selain matras, alat bantu yang biasanya disediakan oleh studio antara lain blok dan strap yang dapat membantu Anda untuk menyesuaikan diri dengan pose yoga yang sulit dikuasai. Instruktur yoga biasanya akan memberikan bantuan kepada Anda bagaimana cara menggunakan alat bantu tersebut. Alangkah baiknya jika Anda memiliki matras sendiri untuk berlatih yoga.

Ucapkan terimakasih kepada diri sendiri
Penting sekali menghargai diri sendiri atas upaya yang sudah dilakukan. Karena Anda sudah bersedia selama 1 jam bertetes keringat. Tanamkan pada diri Anda bahwa yoga akan memberikan perubahan yang baik pada kualitas hidup Anda jika dilakukan secara rutin. 

Perhatikan jadwal kelas yang Anda ikuti jika ada informasi penting yang harus diketahui. Jangan ragu untuk mengambil paket yoga. Selain dapat memicu keinginan untuk berlatih kembali, Anda juga akan lebih hemat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit