Tips Cegah Risiko Osteoporosis Sejak Dini

Dipublish tanggal: Jun 15, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 2 menit
Tips Cegah Risiko Osteoporosis Sejak Dini

Kepadatan tulang yang abnormal dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan, salah satunya adalah pengeroposan tulang atau lebih dikenal dengan istilah osteoporosis. Penyakit ini dapat timbul oleh berbagai faktor meskipun seringkali menyerang pasien dengan usia lanjut, akan tetapi Anda juga bisa memiliki risiko osteoporosis sejak dini.

Sebutan osteoporosis menurut orang-orang Amerika lebih dikenal dengan sebutan si Pencuri tanpa suara. Ya, memang benar adanya jika osteoporosis seringkali tidak Anda sadari sampai struktur tulang menjadi rapuh dan mudah retak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Namun Anda bisa menghindari kondisi osteoporosis dengan melakukan pencegahan dan meminimalisir kondisi yang lebih parah apabila tidak ditangani dengan benar. Ya, Anda bisa melakukan beberapa cara sebagai bentuk pencegahan timbulnya osteoporosis sejak dini, simak penjelasannya berikut ini.

Rajin Berolahraga

Pastikan bahwa tubuh Anda mengalami pergerakan tertentu karena olahraga. Hal tersebut perlu dilakukan agar struktur tubuh lebih seimbang dan memperkecil kemungkinan risiko tulang yang keropos. 

Lakukan jenis olahraga tertentu dengan durasi dan cara yang tepat, agar Anda hanya akan memperoleh manfaat kesehatan. Jangan pernah melakukan olahraga dengan berlebihan, selain karena akan menimbulkan kelelahan hebat, tubuh dan strukturnya juga akan terbebani. Sehingga malah memperbesar risiko osteoporosis.

Konsumsi Makanan Tinggi Kalsium

Kalsium sebagai pemeran utama dalam pembentukan tulang yang baik dan menghindarkan Anda dari risiko osteoporosis. Anda bisa memperolehnya dari sayuran, buah, susu tinggi kalsium dan tablet multivitamin. Dengan demikian struktur tubuh akan menjadi lebih kuat sehingga pastikan konsumsi kalsium dalam kadar yang seimbang dan tidak berlebihan.

Konsumsi Makanan Bervitamin D dan K

Kalsium merupakan faktor terpenting dalam pembentukan struktur tulang manusia, akan tetapi kalsium yang kita konsumsi tidak akan diterima dengan baik oleh tubuh kecuali melalui perantara vitamin D.

Kekurangan vitamin D memang bukan pemeran utama yang menyebabkan tulang keropos, namun penyerapan kalsium pada tulang harus dibantu oleh vitamin D supaya dapat terserap dengan maksimal. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selain itu vitamin D juga berpengaruh pada proses metabolisme di dalam tubuh, sehingga Anda harus memastikan konsumsi harian makanan bervitamin D yang cukup di dalam tubuh.

Selain itu pastikan juga kebutuhan tubuh akan vitamin K yang berperan sama seperti vitamin D. Namun konsumsi makanan bervitamin K juga dapat memperlancar pengentalan darah dan mencegah penyakit kronis seperti Hemofilia.

Libur Minum Soda dan Merokok

Terakhir, cara untuk mencegah osteoporosis yang efektif adalah menghindari makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi. Seperti berhenti minum soda dan berhenti merokok

Karena kandungan kalsium di dalam tubuh akan dilarutkan secara sengaja ke dalam urin akibat efek samping minuman bersoda dan rokok. Apalagi kandungan karsinogenik rokok bahkan bisa merusak organ tubuh yang paling vital seperti jantung dan paru-paru.

Antisipasi Penggunaan Obat-Obat Tertentu

Pada beberapa kasus, Anda diharuskan untuk mengkonsumsi obat yang akan menyembuhkan penyakit tertentu. Namun konsumsi jangka panjang dapat menimbulkan risiko penyakit seperti osteoporosis. Salah satunya karena minum obat kostikosteroid bagi penderita alergi kulit.

Kenali Gejala Osteoporosis

Jangan terburu-buru panik apabila Anda memiliki salah satu gejala osteoporosis. Melainkan Anda harus segera melakukan pencegahan sedini mungkin. Inilah beberapa gejala yang timbul sebagai tanda bahwa Anda memiliki risiko osteoporosis.

  • Merasakan sakit punggung, tangan dan pundak.
  • Mengalami penyusutan berat badan yang berkelanjutan.
  • Postur tubuh yang cenderung bungkuk.
  • Tulang berbunyi dan mudah pegal.

Nah, coba praktikkan beberapa tips di atas untuk melakukan pencegahan osteoporosis ya.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How can I prevent osteoporosis?. Drugs.com. (https://www.drugs.com/medical-answers/prevent-osteoporosis-3444569/)
Osteoporosis - Prevention. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/osteoporosis/prevention/)
Managing Osteoporosis: 9 Supplements and Vitamins You Should Consider. Healthline. (https://www.healthline.com/health/managing-osteoporosis/supplements-and-vitamins-you-should-consider)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app