Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Temazepam: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: NOV 18, 2019 Tinjau pada NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 2.074.641 orang

PERHATIAN: Kami tidak melayani pengiriman obat Temazepam. Informasi di bawah ini hanya merupakan ikhtisar mengenai obat Temazepam.

Manfaat  Temazepam

Obat Temazepam merupakan salah satu jenis obat yang digunakan pasien gangguan tidur atau insomnia. Obat ini memiliki kinerja dalam siklus tidur sehingga dapat memulai tidur dengan nyenyak dan lebih lama. 

Selain itu obat ini juga dapat menjaga siklus tidur anda sehingga tidak terbangun di tengah malam. Temazepam merupakan obat golongan benzodiazepin. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Obat ini termasuk jenis obat psikoaktif yang metabolismenya mirip dengan obat diazepam sehingga disebut analog 3-hydroxy dari diazepam.  Obat Temazepam terbagi menjadi 3 jenis manfaat klinis yaitu:

  • Sebagai antixiolytic

Obat temazepam bekerja sebagai antidepresan atau antixiolytic yang bekerja untuk mengurangi rasa cemas yang mengganggu sistem kerja otak

  • Sebagai antikonvulsan

Antikolvusan merupakan golongan zat yang bekerja sebagai anti kejang atau antieplipetik. Obat jenis ini memiiki farmakologi untuk mengatasi kejang dan juga bertindak untuk menstabilkan mood dan aktivitas berlebih pada neuron di otak

  • Pereda Kontraksi otot

Obat temazepam memiliki kinerja untuk mengurangi kontraksi otot yang berlebihan dengan memblokade respon neuromuskuler

Reaksi obat temazepam setelah dikonsumsi tidak memakan waktu lama untuk bereaksi di dalam tubuh. Tetapi banyak juga dokter memilih obat lain dengan golongan yang sama seperti diazepam, nitrazepam, atau flurazepam. 

Tetapi selama indikasinya hanya untuk insomnia, obat temazepam lebih dipilih karena lebih dapat bereaksi lebih cepat untuk memulai tidur.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Insomnia dapat diatasi dengan Temazepam

Temazepam merupakan obat yang digunakan pada kasus insomnia. Insomnia sendiri merupakan gangguan tidur yang dialami oleh banyak orang. Pola tidur yang terganggu ini disebabkan oleh banyak hal. 

Hal utama yang sering dikeluhkan adalah faktor stres, masalah kesehatan, kekhawatiran berlebih, keterbiasaan untuk tidur larut malam, dan penyebab lainnya.

Gangguan tidur ini mempengaruhi siklus gerakan mata yang dikenal dengan REM atau Rapid Eye Movement dan Non REM. Siklus tidur ini dimulai seiring waktu mulai tidur sehingga dapat benar-benar terlelap. Jenis insomnia sendiri dibagi menjadi 3 yaitu:

  • Early Insomnia

Insomnia ini muncul ketika Anda memulai waktu tidur. Sehingga siklus tidur tidak dapat dimulai karena terganggunya awal waktu tidur

  • Middle Insomnia

Middle insomnia adalah terjadi apabila Anda selalu terbangun pada tengah malam. Anda dapat terbangun berkali-kali walaupun bisa kembali tidur

  • Late insomnia

Late insomnia terjadi dimana Anda terbangun dari tidur dengan siklus tidur yang pendek dan tidak dapat kembali tidur

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Efek samping Temazepam

Kenali beberapa efek samping ringan hingga berat yang dapat muncul selama penggunaan obat antara lain:

  • Sakit kepala
  • Badan lemas
  • Cepat merasa lelah
  • Konsentrasi berkurang
  • Penglihatan buram
  • Kesulitan bernapas
  • Mual muntah
  • Gangguan pencernaan

Beberapa perhatian khusus sebelum dan selama penggunaan obat temazepam yaitu:

  • Obat ini tidak boleh diberikan pada ibu hamil karena dapat menganggu kesejahteraan janin
  • Dosis obat yang terlalu tinggi dapat membahayakan penderita riwayat jantung
  • Selama menggunakan obat ini, tidak disarankan untuk berkendara atau melakukan aktivitas berat karena dapat memicu rasa kantuk dan kurangnya konsentrasi
  • Obat ini hanya boleh diberikan sesuai resep dokter
  • Selama terapi obat temazepam, tidak disarankan untuk mengonsumi minuman beralkohol
  • Bila Anda memiliki riwayat myasthenia gravis, glaucoma, ataksia, hepatitis, sirosis, dan depresi berat tidak disarankan untuk mengonsumsi obat ini, Konsultasikan keadaan Anda ke dokter agar dapat diberikan terapi lainnya
  • Beberapa interaksi obat temazepam dengan obat lainnya juga perlu diperhatikan

Dosis dan cara penyimpanan obat Temazepam

Obat temazepam tersedia dalam bentuk oral (minum) tablet dan kapsul dengan dosis 7.5 mg dan 15 mg. Untuk kasus insomnia pada orang dewasa, obat temazepam dikonsumsi sebanyak 15 mg pada waktu tidur. 

Sedangkan pada orang lanjut usia, dosis sebaiknya diturunkan yaitu sebesar 7,5 mg untuk mencegah efek samping. Obat ini perlu disimpan di wadah tertutup dengan suhu kamar dan terhindar dari kelembaban. 

Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan jangan sembarangan memberikan obat ini kepada orang lain karena banyak efek samping dan kontraindikasi dari penggunaan obat ini.


Referensi

Asnis, G.M., Thomas, M. & Henderson, M.A. (2016). Pharmacotherapy Treatment Options for Insomnia: A Primer for Clinicians. International Journal of Molecular Sciences, 17 (1), pp. 50.

Drugs (2019). Temazepam

Hansen, et al. (2015). Sedative Hypnotic Medication Use and the Risk of Motor Vehicle Crash. American Journal of Public Health, 105 (8), pp. e64-e69

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini