Teh Labrador: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 6, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Teh Labrador adalah jenis dedaunan yang tumbuh di bagian paling dingin di Amerika Utara. Tumbuh di bebatuan gundul dan di tanah asam jauh di dalam hutan jenis konifera, yaitu di ekitar rawa-rawa dan semak belukar. 

Teh labrador ini tumbuh dari bagian utara Benua mulai dari Greenland hingga di benua selatan yaitu Alaska, tanaman ini jarang ditemukan di Eropa bahkan Asia.

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Teh labrador dapat tumbuh hingga mencapai 1,5 meter, dan tumbuh terutama di wilayah Leluhur Apache dan Navajos (negara-negara Indian Amerika) dan mereka mengonsumsinya sebagai teh.

Daunnya berwarna hijau di bagian atas dan oranye di bagian bawah. Mereka memelihara cukup lama setelah panen.

Tanaman ini Tumbuh hijau dan bertekstur kasar serta dengan daun yang tipis, dengan ujung yang cenderung melengkung. Daun dan batang ditutupi dengan bulu kapas yang lebat. 

Tanaman ini sangatlah  harum dan sangat dihargai oleh orang Indian Amerika. Tanaman ini cepat menyebar ke benua Eropa seperti Perancis dan mereka menggunakannya sebagai teh.

Manfaat Teh Labrador

Labrador merupakan salah satu jenis tanaman berupa dedaunan yang Daun dan pucuk bunganya dapat digunakan untuk membuat obat-obatan herbal Banyak orang memilih teh Labrador karena terbilang manjur untuk sakit tenggorokan, rasa tidak nyaman di dada batuk, infeksi paru-paru, dan penyakit dada lainnya. 

Mereka juga dapat mengkonsumsinya pada kasusdiare, masalah ginjal, nyeri sendi dan otot (rematik), sakit kepala, kanker, hingga nyeri pada wanita paska aborsi Teh labrador juga digunakan pada beberapa orang dengan dioleskan ke kulit saat mandi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

 Berikut adalah beberapa manfaat teh labrador sesuai kegunaanya.

Teh Labrador sebagai bahan masakan

Daun adalah bagian dari tanaman yang dikonsumsi. Mereka dapat dipanen sepanjang tahun, tetapi musim semi lebih disukai. Memang, beberapa populasi terutama menyukai rasanya ketika makan teh Labrador mentah. 

Labrador meraha dapat digunakan sebagai bumbu untuk memasak daging. Batang dan daunnya juga bisa direbus ke dalam kuah daging untuk memberikan aroma rasa yang natural.

Teh labrador sebagai obat

Daun labrador memiliki kandungan minyak atsiri yang tinggi, Kandungan ini ternyata memiliki khasiat baik seperti obat-obatan seperti  antibiotik, dekongestan, antiseptik, antispasmodik, antiinflamasi, antibakteri, analgesik Maka dari itu, teh Labrador direkomendasikan untuk mengobati sakit kepala dan migrain, disentri, gangguan kandung kemih, dan pertusis.

Teh labrador untuk penyakit berat

Untuk kasus berat seperti efek samping virus hepatitis, penyakit batu ginjal, gagal hati, keracunan, nefritis yang diinduksi oleh mikroba, toksin yang diinduksi oleh sirkulasi, intoksikasi hati yang diinduksi oleh sirkulasi, prostatitis infeksi dapat diringankan dengan konsumsi teh labrador Untuk ini dapat ditambahkan penyakit dan gangguan lain seperti ketidakseimbangan tiroid, kegelisahan, insomnia, radang paru-paru, dan sakit tenggorokan.

Minyak esensial teh labrador membantu menyembuhkan pasien yang menderita encephalitis musim panas musim semi taiga (infeksi yang lahir dari nyamuk dan kutu).

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Teh Labrador untuk paska melahirkan

Untuk beberapa negara Indian Amerika, wanita hamil menggunakan teh Labrador 3 kali sehari selama beberapa hari sebelum melahirkan untuk merangsang persalinan

Di Rusia, para peneliti telah membuktikan bahwa ramuan obat ini mengandung zat yang mirip dengan uretan yang memiliki sifat antimutagenik (digunakan untuk mengobati bentuk paparan radiasi tertentu) dan sifat antioksidan. Obat ini juga membantu memperbaiki fungsi seksual wanita terutama setelah aborsi

Manfaat lainnya dari penggunaan teh labrador Suku Indian Amerika menambahkan daun teh Labrador ke dalam aroma terapi untuk menambah suasana kenyamanan dan aroma lingkungan. Teh labrador juga digunakan untuk mengusir tungau pada serat pakaian dan kain. 

Daun teh labrador dapat dihancurkan lalu dikeringkan. Kemudian ambil plastik dan masukkan daun teh yang sudah halus dan digantungkan di dekat lemari.

Efek samping Teh Labrador

Teh labrador hingga saat ini dinilai aman dikonsumsi dengan jumlah yang mencukupi. Minum teh satu cangkir sehari tidak mengganggu respon tubuh. Tetapi penggunaan perlu diperhatikan terutama pada penderita gangguan ginjal, diabetes, dan gangguan tidur.

Efek samping dapat timbul apabila konsumsi teh labrador berlebihan atau dalam jumlah besar Jika Anda minum teh Labrador dalam jumlah besar, segera dapatkan bantuan medis. 

Teh labrador dapat menyebabkan efek samping seperti muntah, radang selaput lambung dan usus (gastroenteritis), diare, delirium, sesak, dan gangguan motorik.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mcgill, Colin & Tomco, Patrick & Ondrasik, Regina & Belknap, Kaitlyn & Dwyer, Gaelen & Quinlan, Daniel & Kircher, Thomas & Andam, Cheryl & Brown, Timothy & Claxton, David & Barth, Brian. (2018). Therapeutic effect of Northern Labrador tea extracts for acute myeloid leukemia: Anti-AML Efficacy of Northern Labrador Tea Extracts. Phytotherapy Research. 32. 10.1002/ptr.6091. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/324802308_Therapeutic_effect_of_Northern_Labrador_tea_extracts_for_acute_myeloid_leukemia_Anti-AML_Efficacy_of_Northern_Labrador_Tea_Extracts)
Labrador Tea Uses, Benefits & Dosage Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/labrador-tea.html)
Labrador Tea: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-539/labrador-tea)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app