Tegaserod: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 20, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Tinjau pada Jun 25, 2019 Waktu baca: 3 menit

Irritable bowel syndrome dengan konstipasi (IBS-C) adalah suatu penyakit pada sistem pencernaan yang paling sering dijumpai pada masyarakat, khususnya orang tua.

IBS ditandai dengan nyeri / ketidaknyamanan pada perut yang berulang, kembung, dan sembelit, oleh karenanya, Irritable bowel syndrome merupakan beban sosio-ekonomi yang cukup signifikan. Perawatan tradisional umumnya hanya mengatasi salah satu dari beberapa gejala IBS.

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Salah satu golongan obat yang digunakan untuk mengatasi IBS-C adalah agen serotonin. Dalam hal ini Tegaserod, Tegaserod adalah obat golongan agonis reseptor 5-HT4 serotonin, yang telah diuji dalam beberapa penelitian dan menunjukan hasil yang menjanjikan. 

Data terbaru juga menunjukkan bahwa tegaserod dapat ditoleransi dengan baik selama penggunaan jangka pendek (4 minggu), penggunaan jangka panjang (12 bulan), dan perawatan berulang. Untuk lebih jelasnya mengenai penggunaan obat ini, mari disimak artikel yang satu ini.

Mengenai Tegaserod

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Tablet

Kandungan:

Obat agonis reseptor 5-HT4 serotonin

Apa saja indikasi penggunaan obat ini?

Tegaserod digunakan untuk menghilangkan rasa sakit, kembung, dan sembelit yang disebabkan oleh sindrom iritasi usus (IBS; suatu kondisi yang menyebabkan sakit perut, kembung, sembelit, dan diare) khususnya pada wanita dengan gejala utama sembelit. 

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Obat ini juga digunakan untuk meningkatkan frekuensi buang air besar dan meredakan kembung, tegang, dan sakit perut pada wanita dan pria dengan sembelit idiopatik kronis (sembelit yang bukan disebabkan oleh penyakit atau obat lain dan yang telah menjadi masalah selama lebih dari 6 bulan). 

Tegaserod termasuk ke dalam kelas obat yang disebut agonis serotonin. Obat ini bekerja dengan cara meningkatkan pergerakan otot dan meningkatkan produksi cairan di dalam usus.

Dosis dan cara penggunaan obat Tegaserod

Tegaserod tersedia dalam sediaan tablet untuk dikonsumsi. 

  • Dosis awal: 6 mg per oral dua kali sehari sebelum makan selama 4 hingga 6 minggu. 
  • Dosis pemeliharaan: Jika pasien memperlihatkan hasil yang baik selama terapi setelah 4 hingga 6 minggu, tambahan 4 hingga 6 minggu mungkin diresepkan.

Konsumsi tegaserod di waktu yang sama setiap hari. Ikuti petunjuk pada label resep Anda dengan hati-hati, dan minta dokter atau apoteker Anda untuk menjelaskan bagian yang tidak Anda mengerti. 

Konsumsi tegaserod persis seperti yang diarahkan oleh tenaga profesional medis. Jangan mengambil lebih atau kurang dari yang ditentukan oleh dokter Anda.

Jika Anda mengalami IBS dengan konstipasi, dokter Anda mungkin akan meminta Anda untuk mengonsumsi Tegaserod selama 4-6 minggu. Jika gejala Anda membaik, dokter mungkin akan memberi tahu Anda untuk mengambil tegaserod selama 4-6 minggu lagi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Jika Anda mengalami sembelit idiopatik kronis, Anda harus berkonsultasi dengan dokter secara teratur untuk melihat apakah Anda harus terus menggunakan tegaserod. Pastikan untuk memberi tahu dokter Anda bagaimana perasaan Anda, dan jangan minum tegaserod lebih lama dari yang ditentukan oleh dokter Anda.

Tegaserod mengendalikan gejala sindrom iritasi usus dan sembelit idiopatik kronis, tetapi tidak menyembuhkan kondisi ini. 

Lanjutkan penggunaan tegaserod bahkan jika Anda merasa sehat. Jangan berhenti mengonsumsi tegaserod tanpa berbicara dengan dokter Anda. Jika Anda berhenti mengonsumsi tegaserod, gejala Anda mungkin kembali dalam 1-2 minggu.

Efek samping apa yang dapat ditimbulkan dari penggunaan obat ini?

Tegaserod dapat menyebabkan berbagai efek samping. Beri tahu dokter Anda jika salah satu dari gejala ini bertambah parah atau tidak hilang, gejalanya meliputi:

  • sakit kepala
  • diare
  • mual
  • muntah
  • Perut kembung
  • sakit kaki atau punggung
  • nyeri sendi
  • kesulitan tertidur atau tetap tertidur
  • pilek, hidung tersumbat, atau gejala pilek lainnya
  • ruam
  • gatal-gatal
  • gatal
  • pembengkakan pada wajah, tenggorokan, lidah, bibir, atau mata
  • kesulitan bernapas dan menelan
  • suara serak

Beberapa efek samping yang ditimbulkan bisa merupakan efek samping yang serius. Jika Anda mengalami salah satu dari gejala berikut atau gejala yang disebutkan di bagian pencegahan khusus, segera hubungi dokter Anda:

Tegaserod dapat menyebabkan efek samping lainnya. Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki masalah yang tidak biasa saat mengambil obat ini. 

Interaksi Obat

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. 

Selalu beritahukan dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter. 

Perhatian

  • Anda harus tahu bahwa tegaserod jarang dapat menyebabkan kolitis iskemik. Beri tahu dokter Anda dan segera hentikan tegaserod jika Anda menderita sakit perut yang baru atau memburuk, diare berdarah, pendarahan dubur, atau darah di tinja Anda.
  • Pastikan Anda memberitahu dokter jika Anda mengalami gangguan medis lain, seperti usus buntu, diabetes, penyakit ginjal, penyakit hati, tekanan darah tinggi, riwayat penyakit batu empedu atau kantong kemih.



17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tegaserod Dosage & Drug Information. MIMS.com. (https://www.mims.com/philippines/drug/info/tegaserod?mtype=generic)
Zelmac Dosage & Drug Information. MIMS.com. (https://www.mims.com/indonesia/drug/info/zelmac)
Tegaserod (Zelnorm) for irritable bowel syndrome: reports of serious diarrhea and intestinal ischemia. CMAJ. (https://www.cmaj.ca/content/170/13/1908)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app