Syrian Rue: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Jun 24, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Tinjau pada Okt 1, 2019 Waktu baca: 3 menit

Syrian Rue (Peganum harmala) termasuk dalam keluarga Zygophyllaceae yang berasal dari Asia Tengah, Amerika Serikat, Afrika, dan Eropa. Biasanya digunakan dalam pengobatan Ayurveda sebagai afrodisiak (perangsang seksual), antipiretik (penurun demam), dan mengobati kanker.

Namun, tanaman ini terkenal di Iran dan telah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bagian tanaman yang dijadikan obat yaitu biji, kulit, dan akarnya, tetapi bagian utamanya adalah biji.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Hipertensi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 34

Kandungan Syrian Rue

Kandungan kimia yang terdapat mulai dari daun, batang, dan bijinya yaitu:

  • Haramaline
  • Harmine
  • Harmanol
  • Harman
  • Tetrahidroharmil
  • Harmol
  • Peganol
  • Pegamin
  • Isopeganin
  • Vasicinone

Masih banyak kandungan kimia lainnya yang membantu memberikan efek farmakologis, terutama beta carboline dan alkaloid quinazoline yang merupakan senyawa penting dalam tanaman ini dan tentu saja bersifat menguntungkan untuk kesehatan.

Manfaat penggunaan Syrian Rue

Syrian rue  memiliki berbagai macam manfaat, yaitu:

Mengobati hipertensi dan penyakit jantung

Ekstrak tanaman syrian rue terkenal di dunia sebagai obat yang dapat mengatasi hipertensi dan penyakit jantung melalui berbagai macam studi yang telah dilakukan.

Kandungan alkaloid aktifnya seperti harmine, harmaline, Harman, dan harmanol mempunyai efek kardiovaskular yang dapat mengatasi penurunan tekanan darah pada arteri, peningkatan tekanan nadi, dan efek penghambatan angiogenik (pembentukan pembuluh darah baru dari pembuluh darah yang telah ada)

Mengobati gangguan sistem saraf

Syrian rue telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi beberapa gangguan sistem saraf seperti penyakit Parkinson, kondisi kejiwaan, dan juga menghilangkan rasa sakit yang hebat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Senyawa alkaloid tanaman ini seperti harmine dan harmaline termasuk senyawa endogen yang ada dalam tubuh dan ditemukan dalam konsentrasi plasma yang paling tinggi dalam alkoholik, sehingga Syrian rue juga dapat mengatasi  masalah gangguan sistem saraf pada pecandu narkoba dan perokok.

Menurunkan depresi

Syrian rue memiliki kandungan beta carbolin yang berperan penting dalam hormon serotonin dan norepinefrin yang merupakan pemberi rasa nyaman dan senang. Kandungan harmin pada dosis tinggi juga memberikan peningkatan protein faktor neurotropic yang dapat menurunkan depresi.

Sebuah studi lain yang dilakukan pada hewan, menunjukan bahwa tikus yang diberikan Syrian rue dengan dosis tertentu memiliki efek anti depresan  dan dapat digunakan untuk mengobati gangguan mood dan memberikan efek anti depresan.

Anti mikroba

Berbagai penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa Syrian rue memiliki efek anti parasit, anti jamur, dan insektisida. Bagian tanaman yang digunakan adalah bijinya. Salah satu negara yang telah menggunakannya sebagai antimikroba yaitu Arab Saudi, digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh jamur.

Salah satu penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak Syrian rue dapat memberikan efek penghambatan yang beraneka ragam terhadap pertumbuhan bakteri Aspergillus flavus , Aspergillus fumigatus , Aspergillus niger dan Candida albicans.

Bahkan, ekstrak biji Syrian rue dalam bentuk bubuknya telah digunakan untuk obat melawan infeksi cacing pita pada manusia dan hewan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Mengobati kanker dan tumor

Ekstrak biji syrian rue memiliki efek antineoplasma, antiproliferatif dan antioksidan yang digunakan untuk mengobati kanker dan tumor yang telah dilakukan di berbagai negara. Negara Maroko telah menggunakannya untuk mengobati kulit dan tumor subkutan.

Syrian rue juga memiliki kemampuan selektivitas yang lebih tinggi terhadap sel-sel ganas daripada obat antikanker umumnya seperti doxorubicin.

Efek Samping penggunaan Syrian Rue

Syrian rue tidak diperbolehkan dikonsumsi secara langsung karena mengandung racun. Anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli sebelum menggunakannya.  

Beberapa efek samping ringan yang dapat ditimbulkan yaitu pusing, ruam, iritasi perut, perubahan suasana hati, peningkatan sensitivitas terhadap paparan matahari, dan spasme.

Hindari penggunaan Syrian rue bagi penderita masalah ginjal karena dapat menyebabkan kerusakan kronis pada hati dan ginjal. Selain itu, orang yang mempunyai masalah lambung dan usus karena dapat memperburuk kondisi kesehatan.

Ibu hamil harus menghindari penggunaan Syrian rue karena dapat menyebabkan keguguran. Penggunaan Syrian rue untuk aborsi dapat menyebabkan efek samping serius bahkan dapat menyebabkan kematian.


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Khawar, Khalid Mahmood & Ozel, Cigdem & Balci, Semiha & Ozcan, Sebahattin & Arslan, Orhan. (1560). Efficient shoot regeneration in Syrian rue (Peganum harmala L.) under in vitro conditions. INTERNATIONAL JOURNAL OF AGRICULTURE & BIOLOGY. 8530. 7-5.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/228501908_Efficient_shoot_regeneration_in_Syrian_rue_Peganum_harmala_L_under_in_vitro_conditions)
Syrian Rue Uses, Benefits & Dosage. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/syrian-rue.html)
Syrian rue tea: a recipe for disaster. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18803088)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app