5 Tips Mengobati Pecandu Narkoba Agar Terhindar dari Sakau Menyiksa

Meski demikian ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengobati masalah kecanduan narkoba. Tentu pengobatan bagi pecandu narkoba agar terhindar dari sakau sangatlah beragam. Teknik pengobatan narkoba ini juga tergantung dari tingkat keparahan dan kecanduannya.
Dipublish tanggal: Jul 5, 2019 Update terakhir: Des 23, 2021 Tinjau pada Okt 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
5 Tips Mengobati Pecandu Narkoba Agar Terhindar dari Sakau Menyiksa

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Alihkan perhatian pecandu narkoba pada kegiatan positif atau hal-hal favoritnya, seperti menonton film, olahraga, pergi jalan-jalan, dan sebagainya;
  • Saat melakukan detoksifikasi, para pengguna narkoba akan merasakan mual dan sakit pada seluruh anggota badan hingga tekanan psikologis;
  • Supaya upaya mengobati pecandu narkoba jadi lebih intensif dan tepat, periksakan diri ke dokter atau ahli terapis;
  • Pemulihan jangka panjang dapat dilakukan dengan stabilisasi, yakni menggunakan obat resep dengan jangka waktu tertentu;
  • Terapi akupuntur dapat membantu meredam rasa tidak nyaman atau sesasi sakau akibat tidak mengonsumsi narkoba;
  • Dapatkan tes narkoba dengan promo menarik dan dokter berpengalaman melalui HDmall;
  • Gunakan fitur chat untuk berbicara dengan apoteker kami secara gratis seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Jeratan narkoba memang sangat sulit untuk dihindarkan. Hal ini karena obat-obat haram tersebut memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Meskipun narkoba dapat menimbulkan efek kecanduan dan sakau, bukan berarti tidak ada cara untuk menghindarinya. Memang, bagaimana cara mengobati pecandu narkoba? Baca terus ulasan berikut ini.

Cara mengobati pecandu narkoba

Hal tersulit bagi pecandu berhenti menggunakan narkotika adalah dampak sakau yang sangat menyakitkan. Inilah yang menjadikan pecandu narkoba terus-menerus ingin mengonsumsi narkoba lagi dan lagi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Baca juga: 10 Dampak Buruk Narkoba Bagi Kesehatan Tubuh

Meski demikian, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengobati masalah kecanduan narkoba. Tentu pengobatan bagi pecandu narkoba agar terhindar dari sakau sangatlah beragam. Teknik pengobatan narkoba ini juga tergantung dari tingkat keparahan dan kecanduannya. 

Nah, cobalah lakukan cara mengobati pecandu narkoba berikut ini:

1. Kelola aktivitas harian dengan sebaik mungkin

Pecandu narkoba biasanya akan sulit melepaskan fokusnya pada barang haram tersebut. Untuk mengatasinya, cobalah alihkan perhatiannya pada kegiatan positif lainnya. 

Ikuti hal-hal yang menjadi kesukaan pecandu. Bisa dengan menonton film, olahraga, pergi jalan-jalan, dan sebagainya.

Cara ini memang tidak langsung membuat pecandu narkoba bisa bebas dari konsumsi barang haram tersebut. Dengan adanya kesibukan, dirinya akan sulit untuk berdiam diri dan setidaknya sedikit terlepas dari jeratan narkoba.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

2. Melakukan detoksifikasi

Detoksifikasi menjadi langkah yang tidak mudah ketika mengobati pecandu narkoba. Hal ini karena para pengguna narkoba harus benar-benar terbebas dari konsumsi obat-obatan terlarang. 

Saat melakukan proses ini, para pengguna narkoba nantinya akan merasakan mual dan sakit pada seluruh anggota badan. Selain itu, mereka juga akan mengalami tekanan secara psikologis karena tidak adanya asupan narkoba yang dulu biasa digunakan sebagai obat penenang. 

Dalam kondisi ini, dokter biasanya akan meresepkan obat tertentu untuk meringankan efek samping detoksifikasi. Pengguna juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi dan minum banyak air putih. 

Lama proses detoksifikasi narkoba tergantung tingkat kecanduan pemakaian. Hal ini juga tergantung dari niat dan tekad pecandu untuk bisa segera sembuh dari kecanduan narkoba. 

Baca selengkapnya: Kecanduan Narkoba: Tanda, Cara Mengatasi, dan Tahapan Rehabilitasi

3. Periksa ke dokter atau ahli terapis

Supaya penanganannya lebih intensif dan tepat, periksakan diri ke dokter atau ahli terapis. Pada tahap ini, dokter dapat mengetahui tingkat kecanduan pada pengguna narkoba. Selain itu, dokter juga bakal menganalisis efek samping yang dirasakan oleh pecandu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Terapis akan melakukan konseling jika pecandu mengalami halusinasi, depresi, maupun gangguan perilaku yang lainnya. Setelah itu, barulah dilakukan rehabilitasi untuk menghilangkan sensasi candu narkotika.

4. Melakukan stabilisasi untuk pemulihan jangka panjang

Pemulihan jangka panjang sangat perlu dilakukan bagi pecandu narkoba. Salah satunya dengan stabilisasi menggunakan obat resep dengan jangka waktu tertentu. 

Supaya mental pecandu bisa terjaga dan tidak kembali menggunakan obat terlarang lagi, dokter juga akan mencoba menyadarkan kembali pecandu ini. Biasanya, dokter akan mengajak pecandu untuk membahas mengenai masa depannya nanti setelah terbebas dari obat-obatan terlarang.

5. Terapi akupuntur secara rutin

Terapi akupuntur dianggap sebagai salah satu cara yang efektif untuk membantu pecandu agar sembuh dari jeratan narkoba. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menusukkan beberapa jarum berukuran kecil pada beberapa titik tekan di tubuh.

Jenis terapi ini dapat membantu meredam rasa tidak nyaman atau sesasi sakau akibat tidak mengonsumsi narkoba. Namun, akupuntur sebaiknya dijadikan pengobatan alternatif. Anda perlu berkonsultasi kepada dokter lebih dahulu sebelum memulai terapi ini.

Selain kelima langkah pengobatan di atas, mengobati pecandu narkoba juga dapat ditempuh dengan olahraga secara teratur. Ada banyak olahraga yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan pecandu dari jeratan narkoba, seperti yoga untuk merilekskan pikiran.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Addiction: Definition, symptoms, withdrawal, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323465.php)
Living with an Addict: What to Know and How to Cope. Healthline. (https://www.healthline.com/health/living-with-an-addict)
Drug Abuse & Addiction: Effects on Brain, Risk Factors, Signs. WebMD. (https://www.webmd.com/mental-health/addiction/drug-abuse-addiction)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Terapkan Cara Terbaik Menjauhkan Anak dari Rokok dan Narkoba
Terapkan Cara Terbaik Menjauhkan Anak dari Rokok dan Narkoba

Kemudahan akses dan perkembangan teknologi yang sangat pesat menjadi pemicu yang tidak bisa diremehkan dampaknya. Oleh karena itu sebagai orangtua Anda perlu melakukan tindakan pencegahan di bawah ini sebagai langkah utama.

Buka di app