Sweet Potato: Manfaat, Kegunaan, dan Efek Samping

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 951.602 orang

Sweet potato (Ipomoea Batatas) merupakan umbi jalar yang berasal dari benua Amerika. Namun, tanaman ini masuk ke Indonesia pada abad ke-16 melalui bangsa Spanyol dan saat ini banyak tersebar di pulau Jawa dan Papua. Tetapi, sweet potato bukan kentang, melainkan dikenal sebagai sayuran dengan sebutan “ubi jalar”.

Sweet potato merupakan salah satu tumbuhan atau jenis sayuran tertua yang pernah dikenal umat manusia. Christopher Columbus membawa sayuran ini pertama kali ke Eropa dan menyebar ke Cina, Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Umumnya, tumbuh di daerah tropis dengan pH tanah sekitar 5,8 -6,2 dan sensitif dengan cuaca yang dingin.  

Sweet potato memiliki berbagai macam ukuran dan warna seperti orange, ungu, dan putih. Memiliki kandungan yang kaya dengan vitamin, mineral, antioksidan, dan juga serat.

Kandungan sweet potato

Dalam setiap 100 gram sweet potato, mengandung:

  • Energi
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Mineral
  • Protein
  • Vitamin A
  • Vitamin B1 dan B2
  • Vitamin C
  • Betakaroten
  • Potassium

Selain kandungan diatas, sweet potato banyak mengandung antioksidan untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang bisa memicu peradangan dan merusak DNA dalam tubuh.

Manfaat Sweet potato

Anda dapat menemukan banyak ragam manfaat dalam sweet potato, yaitu:

  1. Menurunkan berat badan, kandungan serat sweet potato membantu Anda merasa cepat kenyang dan dapat digunakan sebagai makanan untuk digunakan dalam menu program diet.
  2. Mencegah diabetes, sweet potato merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk penderita diabetes tanpa khawatir dengan kenaikan kadar gula dalam darah.
  3. Mengurangi resiko penyakit jantung, kandungan potasium yang tinggi dapat membantu mengurangi serangan jantung, stroke, dan kelebihan sodium yang menyebabkan hipertensi.
  4. Anti inflamasi, kandungan kolin dari  sweet potato dapat membantu mengatasi berbagai masalah inflamasi.
  5. Mengatasi sembelit dan diare, sweet potato dapat membantu sistem pencernaan karena mengandung serat yang baik untuk mengatasi konstipasi, sembelit, dan diare.
  6. Menjaga kesehatan tulang dan gigi, kandungan mineral sweet potato memiliki fungsi utama untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu juga kandungan vitamin C nya dapat mencegah pendarahan gusi dan meningkatkan kesehatan gigi dan gusi.
  7. Mengatasi stress, kandungan vitamin B kompleks pada sweet potato dapat membantu pembentukan zat asam pantotenat yang bekerja untuk mengurangi produksi hormon penyebab stress.
  8. Menjaga kesehatan usus, serat dan antioksidan sweet potato dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang baik, seperti Bifidobacterium dan Lactobacillus.
  9. Melawan kanker, kandungan anthocyanin sweet potato dapat memperlambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker menurut beberapa studi dan penelitian tabung, seperti kanker usus besar, payudara, dan kandung kemih.
  10. Menjaga kesehatan mata, kandungan beta karoten, anthocyanin, dan vitamin A sweet potato dapat membantu mencegah kebutaan dan melindungi sel-sel mata dari kerusakan yang memberikan hasil signifikan bagi kesehatan mata secara menyeluruh.
  11. Meningkatkan fungsi otak, sebuah penelitian yang telah dilakukan pada hewan menggunakan sweet potato, menyatakan dapat meningkatkan kesehatan otak dengan mengurangi peradangan dan mencegah penurunan mental.
  12. Membantu sistem kekebalan tubuh, sweet potato merupakan sumber beta karoten yang baik untuk membantu sistem kekebalan tubuh dan kesehatan usus.
  13. Meningkatkan kesuburan, vitamin dan zat besi pada sweet potato baik untuk kesehatan reproduksi dan mendukung kesuburan.

Efek samping penggunaan Sweet potato

Sweet potato tentu saja aman untuk Anda konsumsi. Namun, konsumsi berlebihan dapat membuat kulit dan kuku Anda tampak sedikit berwarna orange.

Penderita penyakit jantung dan alergi kandungan beta karoten harus menghindari penggunaan atau konsumsi sweet potato karena dapat meningkatkan kadar kalium yang menyebabkan komplikasi.

Hindari juga untuk penderita penyakit ginjal, karena sweet potato dapat memberikan kadar kalium berlebih dalam darah.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp