Sudah Mau Bersin tapi Tidak Jadi, Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Sudah Mau Bersin tapi Tidak Jadi, Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Setidaknya kita semua pernah merasakan suatu kondisi dalam hidup kita, dimana Anda merasakan akan bersin tetapi tetapi tidak jadi. 

Walaupun hal ini adalah hal yang terbilang cukup sepele, namun sensasi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan mungkin dapat merusak hari Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Karena ketika Anda tidak jadi bersin, Anda berpotensi untuk tiba-tiba bersin dengan kuat, saat Anda berada di depan umum.

Apa penyebab tidak jadi bersin?

Biasanya tidak jadi bersin disebabkan secara sengaja dengan menutup lubang hidung untuk mencegah terjadinya bersin. 

Selain dihentikan secara sengaja, tidak jadi bersin ternyata menjadi gejala dari masalah THT (telinga, hidung, dan tenggorokan). Mulai dari flu, infeksi telinga, sinusitis, rhinitis alergi, dan sakit tenggorokan.

Semua kondisi tersebut bisa memicu hidung gatal yang bisa membuat Anda bersin atau hanya sekedar sensasi hidung gatal berair saja tanpa bersin.

Cara ampuh untuk membuat diri Anda bersin

Karena kondisi tidak jadi bersin sangat umum terjadi pada manusia, maka ketika Anda memeriksanya pada google, Anda akan menemukan banyak hasil pencarian mengenai bagaimana cara membuat Anda bersin secara spontan. 

Dari menggelitik hidung hingga mengendus bumbu atau memakan permen peppermint. Intinya ada banyak trik di luar sana yang akan membantu Anda mengeluarkan bersin yang menyebalkan dari tubuh Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Tapi ada satu trik yang kami gunakan yang tidak pernah gagal. Setidaknya bagi kita,yaitu: Melihat ke cahaya yang terang. 

Beberapa dari kita memiliki apa yang disebut photic sneeze reflex. Ketika Anda tiba-tiba melihat sumber cahaya yang terang, Anda akan memicu refleks dan bersin akan terjadi.

Untuk memeriksa apakah Anda memiliki refleks ini, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan :

  • Pertama, tutup mata Anda dan pastikan Anda berada dalam kegelapan total.
  • Kemudian, nyalakan lampu dan lihat sumber cahaya secara tiba-tiba. Jika Anda bersin, selamat, Anda berhasil membuat diri Anda bersin!
  • Ingat, triknya adalah berada dalam kegelapan total terlebih dahulu sebelum memaparkan diri Anda pada cahaya terang.

Saraf yang mengendalikan bersin disebut saraf trigeminal dan berjalan di samping saraf optik. Saat Anda memicu saraf optik (dengan secara tiba-tiba memaparkan diri Anda dengan sumber cahaya terang), kemungkinan Anda akan memicu saraf trigeminal dan menyebabkan bersin.

Jadi, ketika Anda berada di luar, tutup saja mata Anda dan gunakan tangan Anda untuk memastikan tidak ada cahaya yang masuk ke saraf optik selama satu atau dua menit. 

Buka mata Anda dan bersin. Pastikan Anda tidak melihat langsung ke matahari karena bisa merusak mata Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Mengapa Anda tidak boleh mencegah bersin?

Spesialis telinga, hidung dan tenggorokan di Rumah Sakit Universitas Leicester NHS Trust memperingatkan bahwa upaya untuk menahan bersin yang kuat dapat menyebabkan 'banyak komplikasi' dan bahkan aneurisma otak yang mematikan.

Menghentikan bersin dengan menghalangi lubang hidung dan mulut adalah manuver yang berbahaya, dan harus dihindari.

Dokter mengatakan bersin, atau sternutasi, dimaksudkan untuk melepaskan partikel asing, atau kuman yang berpotensi merusak dan mengiritasi. 

Menghentikan bersin tidak hanya berisiko merusak tenggorokan, tetapi dapat mendorong pertumbuhan bakteri atau memicu serangan asma.

Selain itu menghalangi bersin dapat menyebabkan banyak komplikasi, seperti pneumomediastinum (udara terperangkap di dada di antara kedua paru-paru), perforasi membran timpani (bocornya gendang telinga), dan bahkan pecahnya aneurisma otak (membengkaknya pembuluh darah di otak).

Pencegahan

Daripada menghentikan bersin yang sudah diujung tanduk, ada baiknya untuk mencegah terjadinya bersin-bersin. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyebab timbulnya bersin-bersin.

Pelajari pemicu terjadinya bersin-bersin

Identifikasi penyebab bersin Anda sehingga Anda dapat mengobatinya. 

Obati alergi Anda

Orang dengan alergi biasanya sering mengalami bersin bersin. Pelajari pola bersin Anda dan hindari alergen yang berpotensi menyebabkan kekambuhan pada alergi Anda.

Menggunakan semprot hidung homeopati

Membersihkan sinus yang tersumbat dapat membantu mencegah hidung dari iritasi dan mengurangi kemungkinan untuk bersin-bersin.

Minum banyak air putih

Minum banyak air putih dapat melembabkan kembali kondisi hidung yang kering karena infeksi. Dengan begitu, gejala hidung gatal yang membuat Anda gagal bersin akan mereda.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Woods C. (2015). What’s all the fuss about fizzy drinks? (http://www.pbs.org/newshour/updates/science-says-seltzer/)
What makes me sneeze? (2015). (http://kidshealth.org/en/kids/sneeze.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app