HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. SCIENTIA INUKIRANA
Ditinjau oleh
DR. SCIENTIA INUKIRANA

Bersin - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Apr 13, 2019 Update terakhir: Mar 6, 2020 Tinjau pada Sep 3, 2019 Waktu baca: 3 menit

Bersin adalah cara tubuh Anda menghilangkan iritasi dari hidung atau tenggorokan. Bersin adalah proses pengeluaran udara yang kuat dan tidak disengaja. Bersin sering terjadi secara tiba-tiba dan dapat terjadi tanpa peringatan. Nama lain untuk bersin adalah "sternutation."

Walaupun gejala ini bisa sangat menjengkelkan, bersin biasanya bukan merupakan masalah kesehatan yang serius.

Iklan dari HonestDocs
Beli DEXTAMINE Kaplet via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Dextamine tab 1

Apa yang Menyebabkan Anda Bersin?

Bagian dari tugas hidung Anda adalah membersihkan udara yang Anda hirup, memastikannya bebas dari kotoran dan bakteri. Dalam kebanyakan kasus, hidung Anda menangkap kotoran dan bakteri ini melalui lendir yang dihasilkan di hidung. Perut Anda kemudian mencerna lendir, sehingga menetralkan segala benda asing yang berpotensi menyebabkan bahaya.

Namun, kadang-kadang, kotoran dan serpihan dapat masuk ke hidung Anda dan mengiritasi selaput lendir yang sensitif di dalam hidung dan tenggorokan Anda. Ketika selaput ini menjadi teriritasi, maka hal ini menyebabkan Anda bersin.

Bersin bisa dipicu oleh berbagai hal, termasuk:

  • allergen, zat yang menyebabkan alergi
  • virus, seperti flu biasa
  • iritasi hidung
  • menghirup kortikosteroid melalui semprotan hidung
  • reaksi penarikan terhadap penggunaan obat

Alergi

Alergi adalah kondisi yang sangat umum terjadi yang disebabkan oleh respons tubuh Anda terhadap organisme asing. Dalam keadaan normal, sistem kekebalan tubuh Anda melindungi Anda dari patogen berbahaya seperti bakteri penyebab penyakit. 

Jika Anda memiliki alergi, sistem kekebalan tubuh Anda mengidentifikasi organisme yang biasanya tidak berbahaya sebagai ancaman. Alergi dapat menyebabkan Anda bersin karena tubuh Anda mencoba mengeluarkan organisme yang sebenarnya tidak berbahaya ini.

Infeksi

Infeksi yang disebabkan oleh virus seperti flu juga dapat membuat Anda bersin. Ada lebih dari 200 virus berbeda yang dapat menyebabkan flu. Namun, kebanyakan flu disebabkan oleh rhinovirus.

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Paratusin tablet 3

Penyebab yang kurang umum

Penyebab bersin yang kurang umum adalah:

  • trauma pada hidung
  • reaksi ketergantungan obat-obatan tertentu, seperti narkotika opioid
  • menghirup zat yang menyebabkan iritasi, termasuk debu dan lada
  • menghirup udara dingin

Semprotan hidung yang mengandung kortikosteroid di dalamnya mengurangi peradangan pada saluran hidung dan mengurangi frekuensi bersin. Penderita alergi sering menggunakan semprotan ini.

Cara Mengobati Bersin di Rumah

Salah satu cara terbaik untuk mencegah bersin adalah dengan menghindari hal-hal yang memicu Anda untuk bersin. Anda juga dapat membuat beberapa perubahan sederhana di rumah untuk mengurangi iritasi.

Mengubah sistem penyaringan udara di rumah Anda agar dapat berfungsi dengan baik. Jika Anda memiliki hewan peliharaan yang berbulu, Anda dapat mempertimbangkan memotong bulu mereka atau mengeluarkan mereka dari rumah jika bulu mereka terlalu mengganggu Anda. 

Anda dapat membasmi tungau debu pada kain dan seprai dengan mencucinya menggunakan air panas, atau air dengan suhu di atas 54,4 ° C. Anda juga mungkin dapat membeli mesin penyaringan udara untuk membersihkan udara di rumah Anda.

Dalam kasus yang ekstrem, Anda mungkin perlu memeriksa apakah ada spora jamur yang tumbuh di rumah Anda, yang mungkin menyebabkan Anda bersin. Jika jamur penyebabnya, Anda mungkin harus pindah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Mengobati Penyebab Bersin yang Mendasarinya

Jika Anda bersin akibat alergi atau infeksi, Anda dan dokter Anda dapat bekerja sama untuk mengobati penyebabnya dan mengatasi gejala bersin pada diri Anda.

Jika alergi adalah penyebab bersin yang Anda derita, langkah pertama yang dapat Anda ambil adalah menghindari alergen yang diketahui. Dokter Anda akan mengajari Anda cara mengenali alergen ini, sehingga Anda mengetahui hal apa saja yang perlu Anda hindari.

Obat bebas dan obat yang diresepkan dokter yang disebut antihistamin juga tersedia untuk meringankan gejala Anda. Beberapa obat anti alergi yang paling umum adalah loratadine ( Claritin ) dan cetirizine ( Zyrtec ).

Jika Anda memiliki reaksi alergi yang parah, dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk mengambil suntikan alergi. Suntikan alergi mengandung kortikosteroid dan antihistamin untuk meredakan reaksi radang.

Jika Anda menderita infeksi, seperti flu, pilihan perawatan Anda lebih terbatas. Saat ini, tidak ada antibiotik yang efektif dalam mengobati virus yang menyebabkan pilek dan flu. 

Anda dapat menggunakan semprotan hidung untuk meredakan hidung tersumbat atau berair, atau Anda dapat menggunakan obat antivirus untuk mempercepat waktu pemulihan Anda jika Anda terserang flu. Anda harus banyak istirahat dan minum banyak cairan untuk membantu tubuh Anda pulih lebih cepat.


6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app