Spider Nevus - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 30, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 162.148 orang

Spider nevus adalah suatu kondisi yang menyebabkan kumpulan pembuluh darah kecil yang menyerupai sarang laba-laba terlihat pada permukaan kulit.

Spider nevi (jamak) dapat disebabkan oleh cedera, paparan sinar matahari, perubahan hormon, atau gangguan pada hati. Seringkali penyebab spider nevi tidak diketahui. Bagi kebanyakan orang, spider nevi itu sendiri bukan merupakan suatu masalah medis, melainkan hanya sebagai pertanda dari suatu penyakit yang mendasarinya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Apa yang Menyebabkan Munculnya Spider Nevus?

Penyebab utama spider nevus terjadi tidak sepenuhnya dipahami. Para peneliti percaya bahwa berbagai faktor dapat menyebabkan munculnya spider nevi. Faktor-faktor ini termasuk:

  • cedera
  • penyakit yang mendasarinya, seperti penyakit hati
  • Usia: Semakin tua usia Anda, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan laba-laba nevi. Penuaan dapat menyebabkan katup di pembuluh darah Anda melemah.
  • Perubahan hormon: Melalui masa pubertas, kehamilan, dan menopause, serta menggunakan kontrasepsi hormonal, dapat menyebabkan munculnya spider nevi.
  • Paparan sinar matahari: Berada di bawah sinar matahari, terutama jika Anda berkulit putih, dapat menyebabkan laba-laba nevi terbentuk di wajah Anda.
  • Riwayat keluarga: Katup pembuluh darah adalah suatu kondisi kesehatan yang dapat diturunkan dalam keluarga.
  • Obesitas: Berat badan berlebih bisa memberi tekanan pada pembuluh darah sehingga menyebabkan munculnya spider nevi.
  • Duduk atau berdiri dalam waktu lama: Tidak bergerak dalam waktu yang lama dapat menghambat sirkulasi darah normal.

Jika ada lebih dari satu spider nevi pada kulit, maka itu adalah tanda dari penyakit hati. Orang dengan penyakit hati seringkali mengalami gangguan sirkulasi darah, sehingga menyebabkan timbulnya spider nevi.

Spider nevus umumnya terjadi ketika terjadi peningkatan hormon estrogen dalam tubuh, seperti halnya dengan penyakit hati kronis atau selama kehamilan. Spider nevus lebih umum terjadi pada orang dengan sirosis hati terkait alkohol (penyakit hati) dibandingkan dengan sirosis yang tidak terkait dengan alkohol.

Gejala Spider Nevus

Bagi kebanyakan orang satu-satunya gejala yang paling muncul pada spider nevi adalah munculnya pembuluh darah pada permukaan kulit. Pembuluh darah tersebut membentuk pola yang khas seperti jaring laba-laba berwarna merah, biru, atau ungu. 

Jika pembuluh darah diberi tekanan, pembuluh darah yang menyerupai jaring laba-laba tersebut akan menghilang dan kemudian muncul kembali karena darah mengalir kembali ke pembuluh.

Spider nevi dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja, tetapi spider nevi paling sering muncul pada wajah, leher, dan kaki (area yang terpapar sinar matahari). Beberapa orang mungkin mengalami nyeri atau sensasi terbakar pada area munculnya spider nevi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Nyeri ini paling sering muncul pada spider nevi yang muncul di kaki setelah lama berdiri. Spider nevi bukan merupakan tanda masalah medis yang serius. Terutama jika Anda tidak memiliki gejala atau kondisi kesehatan lainnya.

Bagaimana Cara Mencegah Munculnya Spider Nevus?

Anda mungkin tidak dapat mencegah munculnya spider nevus. Terutama jika Anda mengalami kondisi ini karena riwayat keluarga dan genetika. Meskipun tidak ada langkah pencegahan spesifik yang diketahui, Anda dapat mengurangi risiko munculnya spider nevi dengan cara:

  • menghindari terapi hormon
  • mengenakan tabir surya di daerah-daerah yang paling sering terkena paparan sinar matahari, termasuk wajah, leher, dan kaki
  • mengurangi konsumsi alkohol
  • mengobati penyakit hati jika ada

Bagaimana Cara Mengobati Spider Nevus?

Kemungkinan besar, dokter dapat mendiagnosa spider nevi hanya dengan melihat penampilan kulit yang bersangkutan. Pada beberapa kasus, pemeriksaan biopsi kulit mungkin perlu dilakukan untuk memastikan diagnosis.

Spider nevi mungkin merupakan tanda penyakit hati. Jika seseorang dicurigai menderita gangguan hati, dokter mungkin akan mengambil sampel darah untuk mengevaluasi fungsi hati atau mungkin melakukan pemeriksaan lanjutan seperti CT scan abdomen untuk melihat gambaran hati secara lebih terperinci.

Pengobatan

Dalam kebanyakan kasus, spider nevi tidak memerlukan perawatan khusus, terutama jika tidak ada keluhan mengenai gejala yang muncul. Jika spider nevi tidak menyebabkan rasa tidak nyaman terbakar atau gatal dan tidak terkait dengan penyakit hati, maka kondisi ini tidak berbahaya. 

Namun jika spider nevi menyebabkan nyeri atau ketidaknyamanan, maka pengobatan spider nevi dapat dipertimbangkan.

Perawatan laser

Laser untuk pengobatan spider nevus dapat menyebabkannya spider nevus memudar dan menghilang. Laser dan panas yang dipancarkan dapat menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan, tetapi efeknya akan hilang segera setelah laser dilepaskan. 

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, perawatan menggunakan laser harus digunakan dalam tiga hingga lima sesi.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit