Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Sesamoiditis - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: NOV 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.512.319 orang

Sesamoid adalah tulang yang terhubung ke otot oleh tendon. Sesamoiditis berbeda dari kebanyakan tulang dalam tubuh, yang terhubung satu sama lain pada persendian. Sesamoiditis terjadi ketika tendon yang menempel pada sesamoid menjadi meradang.

Tempurung lutut atau patella adalah sesamoid terbesar di tubuh Anda. Ada dua lagi, sesamoids lebih kecil terdapat di bagian bawah kaki Anda di dekat jempol kaki. Sesamoiditis biasanya merujuk pada peradangan pada tendon di kaki, bukan pada lutut. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Peradangan dua tendon yang melekat pada patella, tendon patella dan tendon paha depan  biasanya dikategorikan sebagai tendinitis.

Sesamoiditis sangat umum di antara beberapa jenis atlet dan penari. Kondisi ini biasanya berawal dari peregangan atau kerja berlebihan tendon. Sesamoiditis biasanya dapat diobati dengan istirahat dan obat antiinflamasi. Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut.

Apa yang menyebabkan Sesamoiditis?

Sesamoiditis biasanya terjadi akibat terlalu seringnya penggunaan tendon pada tulang-tulang kecil di depan kaki. Tendon juga bisa meradang jika mereka mengalami trauma berulang, seperti mengenakan sepatu hak tinggi.

Jika Anda terlibat dalam olahraga dan kegiatan yang membutuhkan banyak tekanan ditempatkan pada telapak kaki, Anda juga berisiko lebih tinggi mengalami sesamoiditis. Berlari, bermain basket, dan balet hanyalah beberapa kegiatan yang berhubungan dengan sesamoiditis.

Tanda dan gejala Sesamoiditis

Gejala utama sesamoiditis adalah rasa nyeri yang berkembang di bawah telapak kaki. Rasa nyeri cenderung terjadi secara bertahap, dan Anda mungkin akan melihat beberapa daerah yang bengkak atau memar.

Sesamoiditis dapat membuat seseorang sulit untuk meluruskan atau menekuk ibu jari kaki Anda. Bahkan mungkin akan terasa sakit untuk menggerakkan jari.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Bagaimana cara mencegah Sesamoditis?

Menghindari berjalan tanpa alas kaki dapat mengurangi terjadinya sesamoiditis. Dengan menggunakan alas kaki yang empuk dan suportif, seseorang dapat mencegah peradangan pada bola kaki. 

Juga, dengan menggunakan alat orthotic khusus, yang khusus dapat ditambahkan ke alas kaki seseorang yang dapat mencegah sesamoiditis.

Peregangan juga bisa bermanfaat dalam mencegah kondisi peradangan di kaki depan. Ada berbagai teknik yang dapat dilakukan setiap hari, seperti menggulingkan kaki di atas bola tenis sambil duduk atau berdiri. Terapi pijat juga dapat membantu mencegah peradangan, terutama setelah berolahraga.

Bagaimana cara mengobati Sesamoiditis?

Diagnosa Sesamoiditis

Diagnosis sesamoiditis dimulai dengan pemeriksaan fisik kaki. Dokter Anda akan memeriksa nyeri tekan di sekitar telapak kaki dan menggerakkan jari kaki Anda ke arah yang berbeda. Batas kelenturan jari kaki dan tingkat rasa nyeri Anda akan membantu dokter mendiagnosis kondisi Anda.

Jika dicurigai sesamoiditis atau patah kaki, dokter Anda akan merekomendasikan Anda untuk melakukan rontgen kaki Anda. Sesamoid biasanya memiliki tepi yang halus, sehingga tepi yang bergerigi mungkin merupakan tanda fraktur.

Dalam beberapa kasus, scan tulang mungkin diperlukan untuk membuat diagnosis. Scan tulang adalah tes pencitraan khusus yang menggunakan sedikit pewarna radioaktif untuk membantu mendiagnosis masalah yang mendasarinya. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Pemeriksaan tersebut dapat memberikan detail yang tidak selalu muncul pada X-ray. Dokter Anda mungkin juga menggunakan USG atau MRI untuk membantu mendiagnosis cedera pada tendon dan jaringan lunak.

Pengobatan Sesamoiditis

Sesamoiditis biasanya tidak memerlukan pembedahan atau intervensi lain. Sebagian besar rencana pengobatan akan fokus pada perubahan gaya hidup dan menghilangkan rasa sakit.

Perubahan gaya hidup

Langkah pertama adalah menghentikan aktivitas apa pun yang mungkin menyebabkan sesamoiditis. Penting juga untuk menghindari aktivitas lain yang memberi tekanan ekstra pada telapak kaki Anda. Gunakanlah alas kaki yang nyaman dan hindari penggunaan sepatu hak tinggi.

Obat-obatan dan ortotik

Jika sakit nyeri mengganggu Anda, cobalah konsumsi obat ibuprofen (Advil) atau aspirin (Bayer). Orthotics, seperti sol berlapis untuk sepatu Anda, mungkin juga bermanfaat. Sol orthotic yang dibuat dengan baik harus bertahan sekitar satu tahun atau lebih.

Operasi

Jika metode lain tidak berhasil, operasi pengangkatan satu tulang sesamoid mungkin diperlukan. Selama operasi, Anda akan ditempatkan di bawah anestesi umum. 

Dokter bedah Anda akan membuat sayatan di bagian bawah kaki Anda dan kemudian memisahkan jaringan lunak di sekitar tulang yang terkena. Dokter akan berhati-hati untuk tidak merusak saraf yang membentang di sepanjang tulang. 

Setelah tulang diangkat, jaringan lunak dimasukkan kembali ke tempatnya, dan sayatan ditutup. Lokasi sayatan akan tergantung pada mana letak sesamoid tersebut.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini