Sering Nyeri Perut Saat Haid? Ini Penyebabnya

Dipublish tanggal: Mei 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Sering Nyeri Perut Saat Haid? Ini Penyebabnya

Rasa nyeri ketika sedang haid sepertinya menjadi hal yang biasa dan wajar terjadi pada wanita. Sayangnya, banyak wanita yang tidak mengetahui penyebab rasa nyeri yang dirasakannya tersebut. 

Padahal, dengan mengetahui apa penyebab dari rasa nyeri yang muncul ketika Anda sedang menstruasi, maka Anda akan lebih mudah dalam mengatasi rasa nyeri tersebut. Rasa nyeri yang ditimbulkan itulah yang sering kali membuat Anda merasa kurang nyaman dalam melakukan aktivitas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Gejala nyeri ketika menstruasi dapat menimbulkan rasa ngilu pada bagian alat kelamin. Bahkan tidak jarang diantara para wanita yang mengeluhkan rasa gatal yang dirasakan pada bagian vagina nya, terutama ketika sedang masa haid

Akan tetapi gejala yang ditimbulkan setiap wanita tidaklah sama, hal ini mungkin dikarenakan ada 2 macam vulvodynia yang bisa menyerang wanita mana pun. Berikut ini beberapa penyebab yang dapat Anda ketahui terhadap rasa nyeri yang ditimbulkan saat menstruasi, diantaranya yaitu:

  • Adanya gangguan maupun cedera pada bagian saraf.
  • Mengalami kejang otot.
  • Terjadinya iritasi atau alergi terhadap bahan kimia dari produk yang digunakan.
  • Adanya perubahan hormon.
  • Memiliki riwayat kekerasan seksual.
  •  Area vagina mengalami peradangan
  • Rasa nyeri juga disebabkan karena pernah mengalami operasi pada peremajaan vagina.
  • Memiliki penyakit kelamin yang menular.
  • Terlalu sering melakukan olahraga bersepeda atau naik kuda.
  • Terlalu sering mengkonsumsi obat antibiotik.
  • Mengenakan celana atau pakaian yang ketat selama haid.

Pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa nyeri dapat dilakukan dengan cara yang sangatlah beragam, karena memang setiap wanita memiliki gejala yang tidak sama antara wanita yang satu dengan wanita yang lainnya. 

Untuk mengobati rasa nyeri ketika sedang haid, Anda bisa melakukannya dengan cara berikut ini:

1. Konsultasikan pada dokter

konsultasikan kondisi Anda kepada dokter. Melalui cara inilah Anda bisa mendapatkan resep obat dari dokter yang dapat mengatasi rasa nyeri perut ketika sedang haid.

2. Lakukan perawatan ketika sedang menstruasi

Selain mengkonsultasikan kepada dokter, Anda pun bisa mengatasi rasa nyeri dengan melakukan perawatan di rumah. Perawatan yang dapat Anda lakukan yaitu dengan tidak menggunakan produk organ intim seperti sabun pembersih vagina yang belum teruji klinis. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Selain itu, Anda juga harus menghindari jenis pembalut yang mengandung bahan kimia keras maupun parfum. Menggunakan pembalut yang salah dapat menimbulkan iritasi pada vagina.

3. Hindari melakukan hubungan seksual

Ketika Anda sedang haid, Anda tidak dianjurkan untuk melakukan hubungan seksual. Selain membuat Anda kurang nyaman ketika sedang melakukan hubungan seksual, maka hal ini pun juga akan menimbulkan rasa sakit pada bagian vagina.

4.    Lakukan senam Kegel

Melalui senam Kegel, maka akan menjadikan saraf dan otot-otot yang ada di organ intim terhindarkan dari rasa kaku dan tegang. Anda bisa secara teratur melakukan senam Kegel ketika Anda sedang melakukan haid untuk menghindari rasa nyeri.

5.    Kompres menggunakan gel

Anda bisa menghindari rasa nyeri perut ketika haid dengan mengompres perut menggunakan gel. Cara inilah yang dapat membantu Anda untuk meredakan nyeri. Selain itu Anda bisa membasuh vagina menggunakan air hangat.

Rasa nyeri yang berkepanjangan sering kali meninggalkan rasa yang tidak nyaman ketika melakukan aktivitas apa pun. Untuk hal itu, maka Anda bisa mengikuti beberapa teknik yang ada di atas untuk mengatasi rasa nyeri ketika sedang mengalami haid.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Period bloating: Causes and remedies. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319579.php)
Gas Before Period: Common Causes and Treatment Options. Healthline. (https://www.healthline.com/health/gas-before-period)
What Are Common Period Problems?. WebMD. (https://www.webmd.com/women/common-period-problems)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app