Seputar Pil Kontrasepsi Darurat untuk Menunda Hamil

Dipublish tanggal: Jun 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Seputar Pil Kontrasepsi Darurat untuk Menunda Hamil

Pil kontrasepsi darurat ditujukan bagi pasangan menikah yang memerlukan alat kontrasepsi mendesak ketika telah terlanjur berhubungan badan tanpa kondom maupun tidak mengkonsumsi pil KB regular. 

Pil ini dapat dikonsumsi wanita tepat setelah berhubungan badan. Agar pil ini tetap dapat berfungsi baik, maka wanita dianjurkan untuk meminumnya paling lama 3 hari setelah melakukan hubungan badan terakhir.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Cara Kerja Morning After Pill

Morning after pill atau pil darurat ini bekerja dengan menunda terjadinya pelepasan sel telur pada wanita (ovulasi). Hal ini dikarenakan pil KB darurat ini mengandung hormone progestin dalam dosis yang banyak sehingga dapat membantu mencegah terjadinya ovulasi. 

Selain mencegah terjadinya ovulasi dari sel telur, pil ini juga akan mengganggu proses pembuahan dengan mengubah kondisi dinding Rahim sehingga tidak dapat ditempeli oleh sel telur yang sudah dibuahi.

Meski begitu, harus dipahami bahwa cara kerja obat ini tidak sama dengan pil untuk aborsi. Kandungan levonorgestrel (hormon progestin) di dalamnya justru dapat memperkuat kehamilan jika kehamilan sudah terjadi. 

Jika dikonsumsi secepat mungkin setelah berhubungan badan, efektivitas pil ini bahkan dapat mencapai 99%. Hal ini diungkapkan oleh dr.Tirsa Verani Sp.OG. Namun, keefektifan pil ini tetap di bawah pil KB regular. Sehingga tidak disarankan sering mengkonsumsinya.

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Morning After Pill yang Tepat

Konsumsi pil KB darurat yang tepat memang dapat mencegah kehamilan hingga keberhasilan 99%. Meski begitu harus dipahami bahwa kesalahan dalam penggunaan justru membuat pil ini tidak efektif. Pil KB darurat sendiri terdiri dari 2 buah pil yang harus diminum secara bersamaan.

Pil ini sendiri tidak dapat difungsikan untuk menggantikan kegunaan pil KB regular, kondom maupun KB suntik. Pil ini sesuai namanya digunakan jika dalam kondisi darurat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Misalnya ketika Anda lupa mengkonsumsi pil KB regular selama dua hari berturut-turut maupun ketika berhubungan badan terjadi kebocoran pada kondom. Maka Anda sebaiknya segera meminum pil KB darurat ini.

Adakah Efek Samping Mengkonsumsi Pil KB Darurat?

Ada beberapa efek samping yang harus diketahui oleh wanita ketika mengkonsumsi pil KB darurat. Beberapa kondisi yang dapat terjadi pada wanita adalah nyeri pada payudara, kepala berputar, pusing maupun cepat lelah. 

Kondisi lain yang muncul seperti muntah dan juga mual. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena efek samping ini umumnya hanya muncul selama 1 hingga 2 hari pasca konsumsi. Selain itu, Anda juga mungkin mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur setelah mengkonsumsi pil KB darurat.

Orang-orang yang boleh mengkonsumsi pil KB darurat

Pil KB darurat tidak disarankan sebagai pengganti pil KB rutin. Anda juga sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsinya setiap berhubungan seksual. Pil ini hanya digunakan ketika kondisi darurat. 

 Pil ini digunakan pada wanita sehat dan tidak dalam kondisi hamil. Pil kontrasepsi darurat juga tersedia bagi wanita korban pemerkosaan untuk mencegah kehamilan pada dirinya.

Apakah Pil Kontrasepsi Darurat Bisa Mencegah Penularan Penyakit Menular Seksual (PMS)?

Pil KB darurat tidaklah bekerja untuk mencegah terjadinya penularan penyakit menular seksual (PMS) kepada pasangan Anda. Untuk menghindarkan diri dari penularan penyakit menular seksual (PMS) adalah dengan cara menerapkan pola hidup sehat dengan setia kepada pasangan Anda yang sah. 

Anda juga dianjurkan menggunakan kondom setiap berhubungan seksual. Anda juga sebaiknya sering memeriksakan diri ke dokter secara rutin agar terhindar dari penyakit menular seksual (PMS).

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Ella (prescribing information). Parsippany, N.J.: Watson Pharma Inc.; 2014. http://pi.watson.com/data_stream.asp?product_group=1699&p=pi&language=E.
Emergency contraception. The National Women's Health Information Center. https://www.womenshealth.gov/a-z-topics/emergency-contraception.
Frequently asked questions. Contraception FAQ114. American College of Obstetricians and Gynecologists. https://www.acog.org/Patients/FAQs/Emergency-Contraception.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app