HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Ketahui Cara dan Manfaat Headstand Bagi Kesehatan

Headstand atau melakukan posisi tubuh terbalik memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan. Anda hanya memerlukan rasa berani dan kekuatan lengan untuk melakukannya.
Dipublish tanggal: Jul 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ketahui Cara dan Manfaat Headstand Bagi Kesehatan

Headstand sebagai salah satu pose dalam yoga, posisi ini dilakukan dengan cara tubuh terbalik yakni kepala berada di bagian bawah dan kaki berada di bagian atas berdiri tegak lurus. 

Pose ini terlihat mustahil untuk dilakukan, meskipun demikian para praktisi yoga berpendapat bahwa setiap orang bisa melakukannya dengan cara dan latihan yang rutin.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Perasaan takut jatuh ataupun cedera pada bagian kepala menjadi salah satu kendala yang sering Anda rasakan, sehingga terasa sulit untuk mencapai pose ini dengan lebih cepat dan maksimal.

Perhatikan sebelum latihan

Bagi Anda yang berniat untuk berlatih Headstand sangat disarankan untuk berkonsultasi pada dokter perihal riwayat Hipertensi

Pose ini tidak diperuntukkan bagi Anda yang memiliki riwayat hipertensi atau darah tinggi, sebab aliran darah akan mengalir deras menuju bagian kepala dan sangat berbahaya bagi penderita.

Selain itu Anda dianjurkan tidak melakukan posisi ini seorang diri, pastikan terdapat seorang instruktur yoga bersertifikasi yang akan memantau setiap pergerakan untuk menghindari cedera.

Cara berlatih headstand

Pose Headstand ini tidak dapat sekaligus dilakukan dengan sempurna. Terdapat beberapa tahap latihan supaya bagian-bagian tubuh menjadi terbiasa dan seimbang. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Dolphin pose

Pose ini sangat baik dilakukan untuk menguatkan lengan dan otot perut, kedua bagian ini berfungsi menopang tubuh ketika pose Headstand terjadi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Anda harus terbiasa dengan posisi kepala terbalik dengan tumpuan kedua lengan, kemudian tubuh ditopang oleh kedua kaki yang berada sejajar dengan kepala. Jika dilihat dari samping maka Anda membentuk huruf V terbalik.

2. Tembok sebagai penyangga

Langkah selanjutnya adalah proses membiasakan kaki berada di bagian atas, namun dibantu dengan tembok atau dinding. Posisi yang Anda lakukan persis ketika Dolphine Pose namun memunggungi dinding. 

Selanjutnya angkat kaki ke tembok membentuk sudut 90 derajat, lakukan posisi tersebut berulang-ulang sehingga tubuh menjadi terbiasa.

3. Lakukan headstand

Latihan yang rutin akan membuat Anda mampu melakukan Headstand tanpa bantuan penyangga. Hilangkan rasa gugup dan takut dengan cara menarik nafas dalam-dalam dan lakukan dengan segera. 

Kemudian segera lakukan posisi Childpose sebagai momen istirahat dari Headstand, hal itu perlu dilakukan supaya terhindar dari rasa pusing.

Bagi sebagian instruktur yoga menganggap jika posisi ini menjadi bagian yang paling digemari dalam setiap sesi latihan, baik secara mandiri atau bersama peserta yoga.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Manfaat headstand

Headstand atau melakukan posisi tubuh terbalik memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan. Anda hanya memerlukan rasa berani dan kekuatan lengan untuk melakukannya.

Memberikan Keseimbangan Tubuh

Pose Headstand dianggap sebagai latihan keseimbangan tubuh. Melakukan posisi kaki tegak lurus dan lengan sebagai tumpuan menjadi tantangan tersendiri. Namun suasana akan semakin berbeda apabila sudah berhasil dilakukan dengan sempurna tanpa bantuan penyangga.

Tubuh lebih fleksibel

Manfaat selanjutnya dari pose Headstand adalah menambah kekuatan pada setiap anggota tubuh terutama di bagian tulang belakang. Posisi ini akan menuntut tubuh menjadi lebih fleksibel dan seimbang.

Sirkulasi darah lancar

Pose ini sangat baik dalam memperbaiki stres karena berusaha mengembalikan keseimbangan sistem saraf dengan baik. Hal itu bisa terjadi akibat sirkulasi darah tidak terhambat sehingga bermanfaat bagi perkembangan otak, kelenjar Pituitari dan tulang belakang.

Demikian penjelasan mengenai cara melakukan pose Headstand yang baik dan segudang manfaat bagi kesehatan. Rutin latihan dan dilakukan dengan cara yang aman akan membuat Anda mendapatkan segudang manfaat maksimal untuk jiwa dan raga. 

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Benefits of Headstands. Livestrong.com. (https://www.livestrong.com/article/526688-benefits-of-headstands/)
10 Reasons to Do a Headstand Every Day. Mindbodygreen. (https://www.mindbodygreen.com/0-5501/10-Reasons-to-Do-a-Headstand-Every-Day.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Cara Mengatasi Pegal Akibat Terlalu Lama Duduk
Cara Mengatasi Pegal Akibat Terlalu Lama Duduk

Terlalu lama melakukan aktivitas yang sama seperti duduk di kursi selama beberapa jam dapat mempengaruhi postur tubuh anda yang ideal. Apa treatment yang bisa anda lakukan? Simak penjelasannya berikut ini.

Buka di app