Mengenal Lebih Jauh Basofil, Bagian Sel Darah Putih yang Atasi Alergi

Dipublish tanggal: Nov 6, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 3 menit
Mengenal Lebih Jauh Basofil, Bagian Sel Darah Putih yang Atasi Alergi

Darah merupakan cairan yang menyediakan oksigen dan nutrisi bagi tubuh. Fungsi lain dari darah ialah membuang limbah dan metabolisme yang beredar di dalam tubuh. Setengah dari volume darah terdiri dari sel darah, yakni sel darah merah (eritrosit) dan sel darah putih (leukosit).

Sel darah putih adalah bagian sel darah yang bertugas untuk menopang sistem kekebalan tubuh manusia. Selain itu, leukosit juga berfungsi untuk melawan berbagai molekul asing seperti virus, parasit, dan jamur yang dapat memicu  penyakit dan infeksi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Sel darah putih terdiri dari berbagai jenis, di antaranya adalah neutrofil, eosinofil, limfosit, monosit, dan basofil. Setiap jenis sel darah putih tersebut memiliki tugas dan fungsi masing-masing yang penting bagi tubuh. 

Baca Selengkapnya: Fungsi Sel Darah Putih (Leukosit), Limfosit, Neutrofil, dll

Mengenal tentang basofil

Basofil adalah jenis sel darah putih yang berbentuk butiran kasar hitam dan kebiruan, terletak di dalam sitoplasma. Jumlah basofil di dalam tubuh hanya sebanyak 1 persen. 

Selain di darah, basofil juga ada dalam bagian dan jaringan tubuh lainnya jika sewaktu-waktu akan dilepaskan. Sel darah putih basofil berfungsi untuk melawan benda-benda asing yang menyerang tubuh. 

Manfaat sel darah putih basofil bagi tubuh

Secara umum, fungsi sel darah putih bertindak sebagai sistem pertahanan tubuh. Oleh karena itulah, Anda harus berhati-hati jika sel darah putih berkurang jumlahnya, sebab Anda akan lebih mudah terserang penyakit.

Begitu juga sebaliknya, kadar sel darah putih yang meningkat secara drastis juga tak kalah berbahaya. Ini karena terlalu banyak sel darah putih dalam tubuh dapat meningkatkan risiko kanker darah

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Lebih khusus, manfaat sel darah putih basofil adalah sebagai berikut:

1. Mencegah pembekuan darah 

Basofil mengandung heparin yang dapat membantu mengencerkan darah secara alami. Ini sangat baik untuk mencegah pembekuan darah.

2. Mengatasi reaksi alergi 

Basofil berperan untuk memproduksi sejenis antibodi bernama immunoglobulin E. Antobodi ini bertugas untuk mengikat basofil dengan sel mast, lalu melepaskan zat histamin dan serotonin.

Dengan keberadaan sel-sel ini, respon inflamasi akan langsung muncul saat ada alergen atau benda asing yang masuk dalam tubuh. Alhasil, tubuh dapat melawan benda-benda asing dengan baik.

Penyebab kadar basofil berubah

Kadar basofil yang normal dalam tubuh adalah berkisar 0.5-1%. Namun, pada beberapa hal yang membuat jumlah basofil bisa lebih rendah ataupun lebih tinggi.

Baca Selengkapnya: Nilai Normal Leukosit Pada Dewasa dan Anak

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Berikut adalah berbagai penyebab kadar basofil menjadi lebih tinggi, antara lain:

1. Peradangan autoimun 

Peradangan autoimun dapat membuat kadar basofil melonjak. Hal ini merupakan suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh justru menyerang tubuh sendiri. 

Gejala peradangan autoimun meliputi demam, nyeri, sendi meradang, rambut rontok, hingga nyeri otot.

2. Hipotiroidisme

Perubahan kadar basofil yang lebih tinggi dari biasanya bisa disebabkan karena hipotiroidisme. Hipotiroidisme terjadi ketika hormon tiroid dalam tubuh cenderung rendah, sehingga fungsi metabolisme tubuh jadi melambat.

Gejala hipotiroidisme umumnya berupa suara serak, berat badan naik, wajah membengkak, dan tidak nyaman dengan suhu dingin.

3. Gangguan mieloproliferatif

Ganggaun mieloproliferatif adalah kondisi yang menyebabkan produksi sel darah putih, sel darah merah, maupun platelet terlalu banyak di sumsum tulang. Meskipun kondisi ini jarang terjadi, namun apabila tetap berkembang dapat memicu leukimia

Baca Juga: Penyebab Kekurangan Sel Darah Putih dan Cara Mengobatinya

Selain meningkat, kadar basofil dalam tubuh juga bisa berubah menjadi terlalu rendah. Penyebabnya meliputi:

4. Infeksi

Ketika bakteri dan zat berbahaya memasuki bagian tubuh yang terluka, maka hal ini akan menyebabkan infeksi. Infeksi tersebut bisa mengakibatkan kadar basofil dalam tubuh jadi menurun.

5. Reaksi hipersensitivitas akut

Jika tubuh Anda memiliki sensitivitas yang berlebih terhadap zat-zat tentu, maka hal ini dapat menurunkan jumlah basofil dalam tubuh. Dalam kondisi yang ekstrem, hal ini bahkan bisa mengancam jiwa.

Untuk mencegah perubahan kadar basofil yang menurun atau meningkat drastis, sebaiknya lakukan cek darah secara rutin. Hal ini bertujuan untuk memantau sel darah putih tetap normal dalam tubuh. Segera konsultasikan ke dokter jika hasil lab menunjukkan adanya ketidaknormalan sel darah putih, terutama basofil, guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Basophil (close-up) Image. MedlinePlus. (https://medlineplus.gov/ency/imagepages/1442.htm)
Yasinska IM, Calzolai L, Raap U, Hussain R, Siligardi G, Sumbayev VV and Gibbs BF (2019) Targeting of Basophil and Mast Cell Pro-Allergic Reactivity Using Functionalised Gold Nanoparticles. Front. Pharmacol. 10:333. doi: 10.3389/fphar.2019.00333. Frontiers. (https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fphar.2019.00333/full)
Basophil. American Society of Hematology. (https://imagebank.hematology.org/image/60504/basophil?type=atlas)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app