Segudang Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Segudang Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

Salah satu rempah-rempah yang memiliki segudang manfaat yaitu kayu manis. Selain dijadikan sebagai bumbu dapur, kayu manis juga dapat digunakan untuk kesehatan tubuh. Aromanya yang sangat khas, yaitu wangi, enak dan segar sangat ampuh digunakan untuk merawat tubuh agar terhindarkan dari berbagai serangan penyakit.

Untuk mengetahui apa saja manfaat kayu manis bagi kesehatan, Anda dapat mengetahui 8 manfaat berikut ini:

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Komponen anti infeksi natural yang dapat mencegah infeksi

Kayu manis memiliki komponen berupa anti infeksi natural yang dapat mencegah infeksi. Melalui komponen yang dimilikinya itulah yang menjadikan kayu manis dapat menghilangkan bakteri H. Pylor secara efektif. Jika tubuh terserang bakteri H. Pylor, maka akan menjadikan penderita mengalami mag dan terserang berbagai jenis penyakit lain.

Kayu manis dapat mengatasi penggumpalan darah

Penggumpalan darah yang disebabkan karena luka bisa diatasi dengan mudah melalui kayu manis. Hal ini dikarenakan kayu manis memiliki kandungan berupa bahan aktif seperti cinnamaldehyde. Kayu manis dapat memperlancar aliran darah, membantu pengangkutan nutrisi dan oksigen serta memperlancar peredaran darah trombosit.

Aroma harum kayu manis dapat meningkatkan fungsi otak

Aktivitas otak akan mengalami peningkatan jika Anda mencium aroma harum dari kayu manis. Selain meningkatkan fungsi otak, kayu manis juga dapat meningkatkan pada proses kognitif diri seseorang sehingga dapat membantu daya ingat, konsentrasi dan kecepatan dalam bekerja.

Polifenol dan kromium kayu manis dapat meningkatkan sensitivitas

Kayu manis memiliki kandungan berupa polifenol dan kromium yang dapat meningkatkan sensitivitas pada hormon insulin. Sensitivitas yang semakin meningkat terhadap insulin pada tubuh seseorang, maka jumlah insulin pun juga akan semakin sedikit. 

Risiko penyakit pada tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes tipe dua dapat meminimalisir berkat dari sensitivitas hormon insulin yang semakin meningkat.

Dapat digunakan sebagai terapi

Kayu manis dapat dijadikan sebagai terapi untuk penyakit neurodegenerative, yaitu kematian pada bagian sele saraf, misalnya seperti penyakit Alzheimer. Kayu manis memiliki kandungan senyawa berupa epicatechin dan cinnamaldehyde yang dapat melakukan pencegahan pada pengumpulan protein sehingga dapat menghindarkan dari penyakit Alzheimer.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Kandungan antioksidan dapat mengontrol gula darah

Kandungan antioksidan yang ada di dalam kayu manis dapat mengontrol gula dalam darah. Jika Anda mengkonsumsi 1-gram kayu manis, maka dapat menurunkan gula darah. Selain itu, kayu manis juga dapat membantu proses pencernaan.

Kayu manis dapat menghentikan pertumbuhan jamur dan bakteri

Kayu manis memiliki kandungan berupa candida mikroorganisme yang dapat menghentikan pertumbuhan jamur dan bakteri. Dengan demikian kayu manis dapat menghentikan penyebaran infeksi pada area mulut, vagina dan susu.

Aktivitas antioksidan yang dapat mencegah kerusakan oksidatif

Kerusakan oksidatif dapat terjadi karena adanya radikal bebas. Untuk mengatasi hal ini, maka mengkonsumsi kayu manis dapat digunakan untuk melakukan pencegahan. 

Selain itu, kayu manis juga dapat memberikan perlindungan kulit dari adanya radiasi sinar UV, mengurangi inflamasi, mengurangi tanda-tanda penuaan, melindungi tubuh dari demensia dan yang lainnya.

Salah satu hal yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu asupan bahan makanan yang konsumsinya. Terlebih lagi bagi Anda yang sering kali pergi keluar rumah dengan polusi udara, maka kayu manis dapat digunakan sebagai perawatan agar kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik. 

Dengan mengetahui ke 8 manfaat yang ada di atas, sudah bisa membuktikan bahwa kayu manis sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Cinnamon: Health benefits and nutrition. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/266069.php)
Diabetes treatment: Can cinnamon lower blood sugar?. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/diabetes/AN00939/rss=1)
Cinnamon: Health Benefits, Uses, Nutrition, Risks. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-cinnamon)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
4 Resep Kudapan Ketan Hitam yang Sehat
4 Resep Kudapan Ketan Hitam yang Sehat

Beberapa manfaat lain dari ketan hitam bagi kesehatan sangatlah banyak lho, salah satunya dapat membantu proses regenerasi se-sel darah merah.Nah sekarang saatnya Anda mencoba beberapa resep ketan hitam yang sehat.

Buka di app