GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Saffron: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 7, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Saffron termasuk suplemen makanan yang mengandung crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol.
  • Saffron dikenal karena rasa, warna, dan wanginya yang kuat. Banyak ditemukan di daerah Mediterania dan memiliki warna kuning kemerahan.
  • Manfaat Saffron dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, meningkatkan mood, mengurangi gejala PMS, hingga membantu menurunkan berat badan.
  • Saffron juga sering digunakan sebagai obat antidepresan dan mengatasi gejala Alzheimer.
  • Dosis saffron tergantung dari tujuannya masing-masing. Dosis untuk mengatasi depresi dan gejala PMS adalah 2 x sehari 15 mg, sedangkan untuk mengatasi gejala Alzheimer diperlukan dosis 30 mg per hari.
  • Klik untuk mendapatkan vitamin & suplemen terbaik lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Saffron dikenal sebagai salah satu rempah termahal di dunia karena proses yang kompleks dan kualitasnya yang tinggi. Untuk menghasilkan 1 gram benang saffron pun dibutuhkan 150 bunga Crocus sativus yang bersifat halus dan tipis.

Saffron sering disamakan juga dengan kunyit, padahal keduanya berbeda. Saffron merupakan rempah-rempahan berwarna kuning atau kemerahan yang banyak ditemukan di daerah Mediterania, sementara kunyit mudah tumbuh di area tropis. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Saffron sendiri tidak banyak terdapat di Indonesia karena harganya yang cukup mahal, sehingga banyak orang yang menggantinya dengan kunyit yang dianggap memiliki manfaat serupa dengan saffron.

Saffron yang disebut kuma-kuma dipercaya dapat meningkatkan mood, libido, dan daya ingat, serta bertindak sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas penyebab penyakit kronis seperti penyakit kanker. 

Selain itu, saffron juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit, sumsum tulang, mengatasi kanker prostat, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker serviks, ataupun sel kanker lainnya.

Mengenai Saffron

Golongan

Suplemen makanan

Kemasan

Serbuk kering

Kandungan

Crocin, crocetin, safranal, kaempferol

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Manfaat Saffron

1. Saffron memiliki sifat antioksidan

Saffron dapat melindungi tubuh dari radikal bebas karena mengandung antioksidan, termasuk crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol. Crocin dan crocetin juga memiliki sifat antidepresan yang mampu melindungi sel otak terhadap kerusakan progresif. Sementara safranal dapat membantu meningkatkan suasana hati, serta kaempferol mampu mengurangi peradangan dan bertindak sebagai antikanker serta antidepresan.

2. Saffron dapat meningkatkan mood dan mengobati gejala depresi

Saffron dapat membantu mengobati gejala depresi ringan hingga sedang dan sama efektifnya dengan obat depresi seperti Fluoxetine, Imipramine, dan Citalopram. Namun penggunaannya masih perlu penelitian lebih lanjut.

3. Saffron memiliki sifat antikanker

Saffron kaya akan antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker kulit, kanker sumsum tulang, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker leher rahim, atau beragam jenis kanker lainnya.

4. Saffron membantu mengurangi gejala PMS

Saffron dianggap mampu mengobati gejala PMS (Premenstrual syndrome) yang baru muncul ketika akan memasuki siklus haid dengan gejala seperti iritabilitas, sakit kepala, dan nyeri, serta mengurangi kecemasan dan menurunkan kadar hormon stress (kortisol).

5. Saffron membantu meningkatkan libido

Saffrom dapat bertindak sebagai afrodisiak terutama pada mereka yang menggunakan antidepresan, sehingga dapat membantu meningkatkan libido dan fungsi ereksi pada pria. Sementara pada wanita, saffron dapat digunakan untuk meningkatkan hasrat seksual saat berhubungan seksual serta mengurangi rasa sakit saat melakukan hubungan seks.

6. Saffron membantu menurunkan berat badan

Saffron dapat digunakan untuk mencegah dan mengurangi nafsu makan berlebih sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, saffron juga dapat membantu mengecilkan lingkar perut dan massa lemak keseluruhan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Manfaat lain saffron di antaranya, mengurangi faktor risiko penyakit jantung, menurunkan kadar gula darah, meningkatkan penglihatan, dan meningkatkan daya ingat bagi penderita Alzheimer.

Efek samping Saffron

Hingga saat ini, penggunaan saffron sepertinya cukup aman bagi kebanyakan orang. Akan etapi, ada beberapa kemungkinan efek samping ringan yang dapat timbul, antara lain:

  • Mulut kering
  • Mudah gelisah
  • Pusing
  • Mengantuk
  • Mual
  • Perubahan nafsu makan
  • Sakit kepala
  • Reaksi alergi

Sementara efek samping yang cukup berat mungkin saja terjadi jika Anda mengonsumsi dalam jumlah besar, seperti:

  • Timbulnya warna kuning pada kulit, mata, dan selaput lendir
  • Pusing
  • Diare
  • Muntah
  • Pendarahan pada hidung, ibir ataupun kelopak mata, serta efek samping berbahaya lainnya

Penggunaan dosis saffron yang berlebihan sebanyak 12-20 gram dapat menyebabkan kematian.

Dosis Saffron

Dosis penggunaan saffron dibagi sesuai tujuan penggunaannya, yaitu: 

Tetapi dosis penggunaan saffron yang tepat dapat bergantung pada faktor usia, riwayat kesehatan, dan kondisi lainnya. Selain itu, penggunaan saffron tetap harus didiskusikan dahulu dengan dokter.

Interaksi Saffron

-

Perhatian

  • Bagi ibu hamil dan menyusui, penggunaan saffron tidak diperbolehkan karena dapat membuat rahim berkontraksi dan dapat menyebabkan keguguran.
  • Tidak diperkenankan mengonsumsi saffron bagi penderita gangguan bipolar, karena kemungkinan saffron dapat memicu rangsangan dan perilaku impulsif (mania) pada gangguan bipolar.
  • Jika Anda memiliki alergi terhadap zaitun, lolium, dan salsola juga kemungkinan dapat menyebabkan alergi terhadap saffron, sehingga sebaiknya menghindari penggunaan saffron.
  • Tidak boleh mengonsumsi saffron dalam jumlah besar karena dapat memperburuk kondisi jantung, terutama bagi penderita jantung karena dapat mempengaruhi detak jantung.
  • Penderita tekanan darah rendah tidak boleh mengonsumsi saffron karena dapat menurunkan tekanan darah menjadi terlalu rendah.

Artikel terkait:


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Healthline. 11 Impressive Health Benefits of Saffron. (https://www.healthline.com/nutrition/saffron). 7 Januari 2019
Medicalnewstoday. What are the health benefits of saffron? (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327017). 15 November 2019

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app