Rekomendasi Penggunaan Kombinasi Dua Serum Pada Wajah

Beberapa produk serum bisa digunakan dengan cara dikombinasikan, tetapi tidak semua jenis serum bisa digunakan. Faktanya, beberapa bahan seperti vitamin C dan retinol sangat tidak stabil dan tidak bisa digunakan dengan bahan lain, Oleh karena itu, hindari mencampur serum apa pun dengan serum vitamin C.
Dipublish tanggal: Agu 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
Rekomendasi Penggunaan Kombinasi Dua Serum Pada Wajah

Masing-masing orang memerlukan perawatan kulit yang berbeda. Namun perawatan menggunakan serum wajah dipercaya dapat cocok diberikan pada semua orang. 

Perawatan menggunakan serum menawarkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan perawatan lainnya, tapi, apa sebenarnya serum itu?

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Serum adalah produk perawatan kulit yang dapat Anda terapkan pada kulit Anda setelah dibersihkan dengan tujuan memberikan bahan-bahan aktif yang dapat langsung bekerja pada kulit. 

Serum sangat cocok untuk digunakan sebagai perawatan wajah, karena terdiri dari molekul yang lebih kecil yang dapat menembus jauh ke dalam kulit dan memberikan konsentrasi bahan aktif yang sangat tinggi. 

Serum merupakan salah satu jenis perawatan kulit yang ampuh untuk mengatasi masalah tertentu, seperti kerutan.

Manfaat serum

Secara umum, serum mengandung antioksidan topikal termasuk vitamin A, C dan E. Zat-zat antioksidan ini mengandung retinol topikal dan bahan-bahan yang dapat meratakan warna kulit. 

Ketika dilapisi pelembab di bawahnya, serum bertindak sebagai pengobatan yang ditargetkan untuk keriput, pigmentasi, memanjakan kulit serta menjaga kulit agar tetap terehidrasi.

Rekomendasi kombinasi penggunaan serum untuk kulit wajah

Beberapa produk serum bisa digunakan dengan cara dikombinasikan, tetapi tidak semua jenis serum bisa digunakan. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Faktanya, beberapa bahan seperti vitamin C dan retinol sangat tidak stabil dan tidak bisa digunakan dengan bahan lain, Oleh karena itu, hindari mencampur serum apa pun dengan serum vitamin C.

Walaupun beberapa jenis serum tidak bisa digunakan secara bersamaan, tetapi ini tidak berarti Anda harus menghindari kombinasi penggunaan serum sama sekali. 

Pencerah kulit (selain vitamin C), bahan-bahan pelembut kulit, dan pelembab dapat digunakan dengan dikombinasikan satu dengan yang lain.

 Jadi, walaupun Anda mungkin kecewa karena Anda tidak dapat membuat kombinasi serum yang lebih kuat seperti vitamin C, AHA / BHA atau retinol, Anda dapat mencampur dan mencocokkan serum yang lain untuk mengatasi masalah kulit Anda.

Berikut adalah beberapa rekomendasi kombinasi serum yang sudah teruji dan terbukti:

1. Untuk kulit Kering

Pada beberapa orang, mereka memiliki kondisi kulit yang sangat kering. Terkadang seseorang yang memiliki kulit yang sangat kering, tidak dapat menggunakan perawatan kulit biasa untuk mengatasinya. 

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan serum anti-penuaan saya dikombinasikan dengan serum pelembab sehingga dapat menambahkan lapisan kelembaban tambahan tanpa kehilangan efek dari zat aktif serum anti-penuaan. 

Beberapa kombinasi serum yang dapat digunakan adalah Enature Birch Juice Hydro Serum dan Goodal Keratina Anti-Aging Serum

Serum jus birch dikemas dengan bahan-bahan bergizi seperti jus birch 69% bersama dengan ekstrak biji chamomile dan pisang raja untuk melembutkan tekstur kulit. 

Serum ini memberikan beberapa manfaat ekstra untuk serum Goodal, yang diformulasikan untuk meningkatkan proses pergantian sel dan membersihkannya dari penumpukan sel kulit mati berlebih, sehingga menjadikan kulit lebih lembut dan kencang. 

Kombinasi serum ini berfungsi untuk mengatasi kondisi kulit kering dan pada saat yang sama dapat mencegah tanda-tanda penuaan.

2. Untuk kondisi Kulit berminyak dan rawan berjerawat

Beberapa produk terbaik untuk kulit berjerawat biasanya mengandung zat aktif seperti vitamin C, AHA / BHA atau retinol, yang merupakan produk yang perlu dihindari dipakai secara bersamaan. Bila digunakan secara bersamaan, maka dapat memicu terjadinya iritasi pada kulit serta kulit kering.

Cari serum yang diformulasikan untuk kulit berjerawat karena mereka akan membantu mengatur produksi minyak dan juga merawat dan mencegah timbulnya jerawat.

3. Untuk kulit sensitif

Kulit sensitif cenderung sangat reaktif, membuat serum yang menenangkan menjadi pilihan utama karena membantu menenangkan kulit dan mengatasi kemerahan. 

Mengingat betapa reaktifnya kulit yang sensitif, terkadang sulit untuk menemukan serum yang cocok untuk mengatasi kulit yang sensitif.  Tetapi hal ini tidak berarti bahwa Anda tidak dapat menggunakan kombinasi serum.

 Asam hialuronat melembabkan dan melindungi kulit, memastikan lapisan pelindung kulit tetap sehat bahkan jika Anda menggunakan bahan-bahan yang berpotensi mengiritasi seperti retinol atau vitamin C.

Kesimpulan

Menggunakan kombinasi serum untuk perawatan kulit wajah adalah cara yang mudah dan menyenangkan untuk mengurangi rutinitas Anda serta menyesuaikannya untuk mengatasi masalah kulit yang sedang Anda hadapi. 

Pastikan untuk menghindari mencampur bahan yang lebih mudah menguap seperti vitamin C, AHA / BHA, dan retinol.

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Vitamin C Benefits for the Skin — Dermatologist Advice. Allure. (Accessed via: https://www.allure.com/story/vitamin-c-benefits-for-skin)
The Benefits Of Using A Vitamin C Serum. Refinery29. (Accessed via: https://www.refinery29.com/en-us/vitamin-c-serum-benefits)
Vitamin C for Skin: The Complete Guide. Byrdie. (Accessed via: https://www.byrdie.com/vitamin-c-benefits)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Kenali Lebih dalam Produk Kecantikan Serum Wajah
Kenali Lebih dalam Produk Kecantikan Serum Wajah

Walaupun serum wajah biasanya dijual dengan ukuran yang kecil dan harga jual yang cukup mahal, namun manfaat yang ditawarkan dari serum wajah ini cukup komplit lho. Lalu apa saja manfaat serum wajah? Bagaimana cara penggunaannya? Baca uraian di bawah ini untuk informasi selengkapnya.

Ketahui Cara Memakai Serum Wajah yang Benar
Ketahui Cara Memakai Serum Wajah yang Benar

Anda harus menggunakan dengan cara yang benar supaya manfaat dari serum yang diharapkan dapat dirasakan. Berikut ini adalah panduan mengenai bagaimana cara menggunakan serum wajah yang benar.

Buka di app