Perawatan Wajah

Apa Perbedaan Toner, Serum, dan Essence?

Dipublish tanggal: Nov 27, 2019 Update terakhir: Agu 5, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apa Perbedaan Toner, Serum, dan Essence?

Memiliki kulit wajah sehat, mulus, dan glowing mungkin menjadi dambaan bagi setiap wanita. Ada beberapa cara yang dapat membuat kulit wajah menjadi lebih mulus dan glowing. Salah satunya adalah dengan menggunakan produk skincare pada wajah. 

Saat ini produk skincare wajah sangat beragam. Tidak hanya produk pembersih dan pelembab wajah saja, tetapi ada pula berbagai produk skincare wajah lainnya seperti toner, serum, dan essence yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Dengan bertambah jenis produk skincare wajah tersebut, mungkin akan membuat Anda bingung terutama dari segi fungsi, perbedaan, cara penggunaan, hingga urutan penggunaannya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Baca juga: Cara Menyimpan Produk Skincare dengan Benar

Manfaat Toner, Serum, dan Essence

Dengan menggunakan rangkaian skincare secara rutin dan dengan penggunaan yang tepat, kulit akan menjadi lebih sehat, lembab, dan glowing. Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan produk skincare toner, serum, dan essence untuk kulit wajah.

Toner, serum, dan essence sebenarnya memiliki kesamaan, yaitu digunakan setelah cuci muka dan sebelum menggunakan pelembab. Setelah mencuci wajah atau setelah proses eksfoliasi sel kulit mati, biasanya kulit wajah akan kehilangan kelembabannya karena minyak alami di wajah ikut terbilas saat dibersihkan. Maka itu, dibutuhkan serangkaian produk skincare seperti toner, serum, dan essence.

Toner untuk Mengembalikan pH Kulit

Fungsi produk toner sendiri adalah untuk menghidrasi dan menenangkan kulit wajah. Selain itu, toner juga dapat mengembalikan keseimbangan pH kulit sehingga wajah akan kembali lembab. Toner juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas serta membuat kulit wajah kembali menjadi segar, lembut, dan tetap terhidrasi.

Essence untuk Melembabkan Kulit

Essence merupakan salah satu produk perawatan wajah lainnya setelah toner. Essence berfungsi untuk membantu mengatasi kerutan, warna kulit tidak merata, dan kulit kusam pada wajah. Selain itu, pada dasarnya essence bermanfaat untuk mempersiapkan kulit atau membentuk lapisan dasar dari pelembab. Dengan begitu kulit dapat menyerap skincare secara lebih mudah untuk diaplikasikan setelahnya.

Serum dengan Berbagai Manfaat untuk Kulit

Serum terdiri dari banyak molekul-molekul kecil sehingga molekul serum tersebut dapat masuk ke lapisan dalam kulit. Berbeda dengan moisturizer atau produk pelembap yang bertekstur krim dan gel memiliki kandungan molekul yang tergolong besar. Molekul yang terlalu besar menyebabkannya kandungan skincare tidak terlalu mudah untuk masuk ke lapisan dalam kulit. Maka dari itu, penggunaan serum sangat penting bagi kesehatan kulit. Zat-zat aktif dalam molekul kecil pada serum dapat menembus bagian dalam kulit sehingga bisa langsung membantu mengatasi permasalahan kulit. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Serum biasanya berbentuk cair cenderung transparan dengan tekstur agak kental. Apabila berusia lebih dari 30 tahun, Anda wajib menggunakan serum di kulit wajah. Sebenarnya fungsi essence dan serum hampir sama. Perbedaannya terletak pada teksturnya saja. Jika essence memiliki tekstur yang lebih cair dan ringan daripada serum, sedangkan serum memiliki tekstur lebih kenyal dengan kandungan senyawa aktif yang lebih banyak. 

Baca juga: Jenis Produk Perawatan Wajah Pencegah Penuaan Dini

Urutan Pemakaian Produk Skincare Wajah

Setelah mengetahui fungsi dari masing-masing produk skincare wajah seperti toner, serum, dan essence, Anda juga perlu mengetahui urutan penggunaan rangkaian skincare secara tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal. Pada umumnya, urutan penggunaan skincare diurutkan dari yang teksturnya paling cair ke tekstur yang paling kental. Maka dari itu, urutan penggunaan skincare yang tepat adalah toner, essence, kemudian serum. 

Penggunan produk skincare tersebut dapat dilakukan setelah mencuci muka dengan pembersih wajah atau melakukan double cleansing. Aplikasikan toner dengan kapas ke seluruh bagian wajah, setelah itu, Anda bisa menepukkan essence secara perlahan pada wajah. Kemudian aplikasikan serum dengan cara menaruhnya pada bagian wajah kemudian pijat lembut kulit wajah Anda hingga merata. 

Setelah mengaplikasikan toner, essence, dan serum, Anda bisa melanjutkan rangkaian skincare lainnya dengan mengaplikasikan krim wajah atau moisturizer yang biasa digunakan untuk menjaga kesehatan dan kesegaran kulit wajah. 

Baca juga: Double Cleansing Membuat Wajah Lebih Bersih dan Sehat

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What Is a Skin Essence, and Do You Really Need One?. Byrdie. (Accessed via: https://www.byrdie.com/what-is-skin-essence)
What’s the Actual Deal With Skin Toners and Essences?. SELF. (Accessed via: https://www.self.com/story/what-skin-toners-and-essences-do)
Essence vs Serum for Skin Care: What’s the Difference?. Prevention. (Accessed via: https://www.prevention.com/beauty/skin-care/a25694358/essence-vs-serum/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Ketahui Cara Memakai Serum Wajah yang Benar
Ketahui Cara Memakai Serum Wajah yang Benar

Anda harus menggunakan dengan cara yang benar supaya manfaat dari serum yang diharapkan dapat dirasakan. Berikut ini adalah panduan mengenai bagaimana cara menggunakan serum wajah yang benar.

Rekomendasi Penggunaan Kombinasi Dua Serum Pada Wajah
Rekomendasi Penggunaan Kombinasi Dua Serum Pada Wajah

Beberapa produk serum bisa digunakan dengan cara dikombinasikan, tetapi tidak semua jenis serum bisa digunakan. Faktanya, beberapa bahan seperti vitamin C dan retinol sangat tidak stabil dan tidak bisa digunakan dengan bahan lain, Oleh karena itu, hindari mencampur serum apa pun dengan serum vitamin C.

Buka di app