Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Mengatasi Masalah Rambut Rontok Yang Mengganggu

Update terakhir: NOV 18, 2019 Tinjau pada NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.813.115 orang

Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang. Pastinya penting untuk merawat keindahan dan menjaga kesehatan rambut. Rambut yang rusak dan tidak sehat dapat menyebabkan berbagai masalah dan dapat mengurangi rasa kepercayaan diri seseorang. Salah satu masalah rambut yang sering terjadi pada setiap manusia yaitu masalah rambut rontok.

Rambut rontok yang terjadi di luar batas normal akan membuat seseorang menjadi resah karena dapat mengakibatkan kebotakan. Untuk itu pada artikel ini akan membahas lebih mendetail mengenai rambut rontok. Dari pada penasaran, yuk simak penjelasan artikel dibawah ini. Selamat membaca.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Apa sih rambut rontok itu?

Rambut rontok adalah kehilangan rambut terminal dalam bentuk apapun dan dimanapun asal mula terjadinya yang berkisar lebih dari 100 helai per hari. Permasalahan pada rambut yang sering terjadi pada siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Pada umumnya mempunyai rambut rontok adalah hal yang wajar terjadi, namun jika seseorang mengalami kerontokan rambut yang banyak dan terjadi terus menerus, hal tersebut perlu untuk diketahui lebih lanjut penyebabnya. Karena kerontokan rambut secara berlebihan dapat menyebabkan kebotakan.

Apa sih yang dapat menyebabkan terjadinya rambut rontok?

Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan rambut rontok, diantaranya karena penyakit akut, penyakit kronis, kelainan endokrin, dan obat-obatan. Selain itu, rambut rontok juga disebabkan karena aktivitas penataan rambut yang berlebihan, termasuk aktivitas pelurusan rambut. Pelurusan rambut akan mengakibatkan folikel rambut menjadi lemah, dan akan menyebabkan kerusakan pada struktur rambut, sehingga akan meningkatkan resiko kerontokan rambut.

Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya rambut rontok?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya mengenai penyebab rambut rontok. Berikut faktor-faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya rambut rontok yaitu:

  • Gaya Rambut. sering mengubah-ubah gaya rambut merupakan faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok. Untuk itu pastikan terlebih dahuku kesehatan rambut Anda sebelum mengubah gaya rambut. Selain itu hal tersebut juga dapat membuat rambut lebih cepat rapuh dan mudah patah.
  • Bahan Kimia. Penggunaan bahan kimia untuk mewarnai, meluruskan dan membuat rambut menjadi gelombang secara permanen dapat menyebabkan rambut menjadi rusak jika digunakan secara berlebihan dan tidak tepat dalam menggunakannya.
  • Hormon. Hormon yang tidak seimbang dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Sehingga terkadang ibu yang sedang hamil atau mengandung biasanya akan mengalami ketidakseimbangan hormon yang dapat menyebabkan rambut menjadi rontok.
  • Stres. Stres adalah salah satu penyebab rambut rontok. Biasanya rambut menjadi lebih mudah rontok ketika sedang mengalami hal yang dapat menyebabkan stres. Pada saat mengalami stres rambut menjadi lebih cepat rontok dibandingkan pada saat-saat biasa.
  • Infeksi pada kulit kepala. Infeksi jamur, bakteri, dan virus seperti dermatitis seborrhea dan psoriasis di kulit kepala dapat melemahkan akar dan merusak folikel rambut, sehingga menyebabkan penipisan, kerusakan, dan kerontokan rambut.
  • Cuci rambut anda tiga kali seminggu. Cuci rambut Anda setidaknya tiga hari sekali dengan pembersih rambut atau shampo yang lembut untuk menghilangkan semua akumulasi debu, kotoran, minyak, dan bakteri yang ada. Jaga kebersihan rambut setiap saat untuk menghindari kerontokan rambut akibat folikel yang tersumbat. 
  • Hair Tonic. Jika mempunyai uang lebih mungkin Anda bisa membeli hair tonic. Sekarang hair tonic sudah disediakan dalam berbagai merk. Tinggal Anda pilih mana hair tonic yang paling bagus dan tentunya terbuat dari bahan alami.
  • Pilih produk perawatan rambut anda dengan bijak. Cobalah untuk beralih ke shampo yang bebas dari kandungan sulfat, silikon, dan paraben untuk menghindari penimbunan bahan kimia yang keras pada kulit kepala dan rambut Anda yang bisa menyebabkan kerusakan, membuat rambut Anda rapuh dan lebih rentan terhadap kerusakan.
  • Perawatan rambut di rumah. Merawat rambut rontok dengan menggunakan bahah-bahan alami yang mudah Anda dapatkan seperti teh hijau, bawang putih, jahe, yoghurt, jeruk nipis, lidah buaya, minyak kemiri dan lain-lain dapat membantu Anda mengurangi masalah rambut rontok.

Bagaimana cara mengatasi rambut rontok?

Mengatasi masalah pada rambut rontok umumnya bukan merupakan persoalan yang sulit karena dapat dilakukan dengan mudah dan menggunakan bahan-bahan alami yang sangat mudah ditemui. Berikut cara mengatasi masalah rambut rontok secara alami:

-Rawat dan jaga kesehatan rambut Anda dengan baik agar terhindar dari terjadinya rambut rontok yang berlebihan. Hindari faktor-faktor yang dapat memicu terjadinya rambut tontok, khususnya hindari stress dengan cara memulai pola hidup sehat dan rutin berolahraga.

-Jika rambut rontok Anda tak kunjung membaik setelah menggunakan beberapa cara seperti yang telah dijelaskan di atas, maka konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang baik dan tepat. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit