Pilih Cara Mengatasi Rambut Rontok

Dipublish tanggal: Sep 10, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 3 menit
Pilih Cara Mengatasi Rambut Rontok

Umumnya kerontokan rambut yang parah akan dialami oleh pria dan wanita yang memasuki usia 30-40 tahun. 

Terdapat berbagai faktor yang memicu kerontokan rambut, seperti kurang asupan protein karena melakukan diet ketat, terjadi perubahan hormon, adanya trauma emosional, hingga kondisi medis yang dialami oleh seseorang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Bila saat ini Anda mengalami kerontokan rambut sekitar 50-100 helai per hari, kondisi ini masih tergolong dalam batas normal. Pasalnya, hal tersebut tidak akan menyebabkan penipisan rambut, karena rambut baru akan secara alami tumbuh kembali. 

Namun, bila Anda merasa rambut rontok lebih dari jumlah tersebut setiap harinya, muncul tanda-tanda kebotakan pada rambut atau penipisan rambut terjadi secara signifikan, Anda sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan cara penanganan rambut rontok yang tepat.

Pengobatan Rambut Rontok 

Apabila rambut rontok yang dialami seseorang disebabkan oleh penyakit lain, maka Anda memerlukan pengobatan untuk penyakit tersebut. Dalam hal ini, mungkin obat yang mengurangi peradangan dan menekan sistem kekebalan tubuh seperti Prednison dapat digunakan, namun sebaiknya Anda konsultasikan dulu dengan dokter.

Obat-obatan yang tergolong efektif untuk mengatasi rambut rontok antara lain:

Minoksidil

Minoksidil merupakan salah satu golongan obat yang dijual bebas di pasaran. Cara pemakaiannya adalah dengan mengoleskan obat ke bagian kulit kepala. Cara kerja dari obat ini adalah mencegah semakin banyaknya kerontokan yang Anda alami sekaligus menstimulasi pertumbuhan rambut. Di samping itu, minoksidil bisa digunakan untuk pria maupun wanita.

Finasteride

Secara umum obat ini diperuntukkan bagi pria yang ingin mengatasi masalah rambut rontok. Cara kerja dari finasteride adalah dengan menghentikan produksi salah satu hormon yang dihasilkan oleh pria bernama hormon dihydrotestosterone (DHT) sehingga rambut di bagian kepala dapat tumbuh kembali.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Kortikosteroid

Obat kortikosteroid umumnya digunakan seseorang yang mengalami kerontokan rambut akibat adanya peradangan pada tubuh. Dokter kulit yang menangani Anda biasanya akan menyuntikan obat tersebut langsung ke bagian kulit kepala untuk menghentikan peradangan yang terjadi.

Perawatan Alternatif Rambut Rontok

Selain menggunakan obat-obatan, Anda juga dapat mengatasi permasalahan rambut rontok dengan berbagai perawatan alternatif berikut ini:

Bubuk Serat Rambut

Dijual bebas dengan pilihan berbagai warna. Bubuk jenis ini bisa menempel pada bagian serat rambut sehingga dapat Anda manfaatkan untuk menutupi kebotakan. Terlebih penggunaan dari bubuk serat rambut terbilang aman dengan tingkat resiko yang minim serta sering kali dimanfaatkan sebagai tambahan untuk pengobatan secara medis.

Rambut Tambahan Atau Rambut Palsu

Cara pemakaian rambut palsu adalah dengan menyambungkan rambut palsu ke rambut Anda atau menempelkannya ke kulit kepala. Setelah itu, Anda bisa membentuknya sesuai dengan keinginan Anda. Kualitas serta harga dari rambut palsu bervariasi, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Terapi Laser

Dengan menggunakan sisir, sisir sikat atau alat lain yang dapat mengeluarkan sengatan laser, diharapkan dapat menstimulasi pertumbuhan rambut yang mengalami kerontokan. Walaupun dapat membuat kondisi rambut membaik, namun keamanan penggunaan alat ini dalam jangka waktu yang panjang masih menjadi tanda tanya.

Transplantasi Rambut

Prosedur transplantasi bisa dilakukan oleh dokter bedah plastik. Terdapat sejumlah metode transplantasi rambut, salah satunya adalah mengambil rambut dari satu bagian kemudian memindahkannya ke bagian yang mengalami kerontokan rambut parah. 

Selain itu, ada pula metode micrograft, di mana akan dilakukan penanaman folikel rambut. Secara umum, tindakan transplantasi dengan metode ini membutuhkan setidaknya 500 helai rambut atau bahkan lebih. Oleh karena itu, tak heran bila transplantasi rambut yang satu ini membutuhkan biaya yang cukup tinggi.

Tips Mencegah Rambut Rontok

  • Anda sebaiknya menghindari beberapa tatanan yang akan membuat rambut diikat dengan kencang. Misalnya saja dikuncir atau pun dikepang.
  • Hentikan bila Anda memiliki kebiasaan seperti menarik atau memelintir rambut.
  • Sisirlah rambut dengan gerakan yang lembut. Jangan lupa gunakan sisir rambut dengan gigi yang jarang.
  • Ketika tengah mencuci rambut, pastikan Anda tidak melakukan gerakan menarik rambut terlalu keras. 
  • Hindari pemakaian hawa panas atau peralatan elektronik yang terlalu berlebihan pada bagian rambut Anda. Misalnya perawatan menggunakan minyak panas, mengeriting, atau meluruskan rambut.
  • Terapkan gaya hidup yang sehat dan pola makan yang bergizi seimbang.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 ways of treating female hair loss. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327194)
Treating female pattern hair loss. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/treating-female-pattern-hair-loss)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app