5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 1 menit
5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Melakukan perawatan Rambut Rontok tak selalu harus ke salon dan berujung pada biaya yang mahal. Anda dapat melakukan perawatan dimulai dari rumah Anda dengan menekan biaya seminim mungkin.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Lima cara alami berikut dapat Anda lakukan guna mengatasi kerontokan rambut yang kerap kali mengganggu :

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

1. Perawatan dengan minyak alami

Gunakan aneka minyak alami seperti minyak kelapa, olive oil, atau canola oil. Hangatkan minyak dan usap ke kulit kepala Anda secara perlahan. Gunakan shower cap dan biarkan selama satu jam sebelum membersihkannya dengan shampo.
  

2. Jus alami

Anda dapat menggunakan jus bawang putih, jus bawang merah ataupun jus jahe guna mengatasi kerontokan. Usapkan pada kulit kepala pada malam hari. Biarkan semalaman dan bilaslah rambut Anda di pagi hari.
  

3. Lakukan pemijatan kepala

Pijatlah kulit kepala Anda selama beberapa menit setiap hari. Hal ini dapat membantu menstimulasi sirkulasi peredaran darah di kepala yang membuat folikel rambut tetap aktif. Pemijatan dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa tetesan lavender atau minyak esensial lainnya.
  

4. Antioksidan

Gunakan teh hijau hangat (dua kantung teh) pada kulit kepala Anda. Biarkan selama satu jam dan bersihkan dengan sampo. Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerontokan serta mempercepat pertumbuhan rambut.
  

5. Melakukan meditasi

Percaya atau tidak, kebanyakan orang mengalami kerontokan akibat stress dan tekanan. Meditasi dapat membantu mengurangi stress dan tekanan sekaligus menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

Jika hal sederhana di atas belum juga membantu problem Rambut Rontok Anda, maka dianjurkan untuk berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit. Kadang masalah rambut rontok juga bisa disebabkan oleh suatu penyakit tertentu.

Baca juga Artikel: Penyebab Rambut Rontok

35 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Williams V. (2017). Mayo Clinic minute: Treatment for hair loss in women. (https://newsnetwork.mayoclinic.org/discussion/mayo-clinic-minute-treatment-for-hair-loss-in-women/)
Wallace TC. (2018). Health effects of coconut oil: A narrative review of current evidence. DOI: (https://dx.doi.org/10.4103%2F0974-7753.188040)
Trueb RM. (2016). Serum biotin levels in women complaining of hair loss. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4989391/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app