Perokok Sebaiknya Minum Berapa Banyak Air Putih?

Dipublish tanggal: Mei 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Perokok Sebaiknya Minum Berapa Banyak Air Putih?

Bagi masyarakat biasa tanpa kondisi tertentu pada tubuhnya, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas perhari. Hanya saja mungkin tidak semua orang dari kita tahu bahwa kebutuhan air putih bagi perokok sebenarnya berbeda.

Perokok aktif membutuhkan jauh lebih baik asupan air putih harian bagi tubuhnya. Hal ini dikarenakan kebiasaan merokok dapat memicu kondisi dehidrasi sehingga menyebabkan seseorang perlu banyak minum. Lantas berapa banyak yang dibutuhkan?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Manfaat mengkonsumsi air putih untuk Kesehatan

Patut dipahami bahwa hampir dua pertiga dari bagian tubuh kita terdiri dari air. Air di dalam tubuh berfungsi untuk menjaga suhu normal tubuh. Membuang zat yang tidak terpakai dalam bentuk urin dan keringat serta air juga bermanfaat untuk melumasi sendi.

Sehingga keberadaan air putih dalam tubuh sangat penting untuk menjaga berbagai aktivitas tubuh agar tetap dapat bekerja dengan normal. Air di dalam tubuh diperlukan untuk berbagai aktivitas mulai dari proses pencernaan makanan, proses produksi energi dari hasil penyerapan makanan, memproduksi cairan air ludah hingga untuk proses sirkulasi darah.

Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya 8 gelas air putih setiap harinya. Jumlah ini dibutuhkan tubuh agar tetap dapat terhidrasi. Kondisi kekurangan asupan air atau dehidrasi dapat menyebabkan beragam masalah tubuh serius, seperti demam, sakit kepala dan migrain

Kram otot juga dapat terjadi karena tubuh akan memaksa mencari cadangan air yang tersedia dalam tubuh agar tetap dapat bekerja. Salah satu tempat yang memiliki cadangan air yang akan diambil adalah otot. 

Hal inilah yang menyebabkan terjadinya kram otot dan otot lemas. Suhu tubuh juga dapat meningkat yang akhirnya menyebabkan tidak fokus bahkan kehilangan kesadaran.

Tidak hanya aktivitas otot dan pencernaan, namun otak juga membutuhkan air untuk dapat memasok oksigen ke dalam otak dengan baik. Dengan meminum air putih yang cukup, dapat membuat otak memperoleh asupan oksigen yang mencukupi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Hal ini dikarenakan air putih merupakan salah satu sumber oksigen terbesar untuk otak.

Minum air putih juga bermanfaat untuk mendukung kinerja ginjal dan hati yang berfungsi untuk mendetoksifikasi racun dari dalam tubuh, serta memproses garam dalam tubuh. Sehingga air putih memiliki fungsi terbesar sebagai katalis bagi pembaruan fungsi dalam tubuh. 

Air putih juga berfungsi untuk menetralkan kadar pH dalam darah dan mencegah penyakit batu ginjal.

Berapa jumlah air putih yang dibutuhkan perokok per harinya?

Zat nikotin yang ada dalam rokok apabila terus terhirup dan terakumulasi di dalam tubuh dapat menjadi sangat berbahaya. Zat nikotin dalam tubuh dapat menyebabkan darah menjadi lebih kental. 

Akibat dari pengentalan darah adalah oksigen, mineral dan nutrisi yang seharusnya diedarkan darah ke seluruh tubuh tidak dapat terserap optimal oleh tubuh. Dampak dari kondisi ini adalah terjadinya peradangan pada bagian organ dalam maupun organ luar tubuh sehingga akan lebih lama disembuhkan.

Zat beracun dalam rokok meliputi karbon monoksida, nikotin, dan berbagai zat lainnya dapat terakumulasi dalam darah sehingga menyebabkan kondisi kesehatan Anda memburuk. Minum air putih dapat berfungsi untuk membersihkan racun dan zat kimia yang menumpuk dari dalam tubuh.

Hanya saja, belum ada penelitian yang dengan pasti menunjukkan berapa jumlah air putih yang harus dikonsumsi per harinya untuk perokok aktif. Usahakan agar Anda dapat mengkonsumsi air putih sebanyak 6 sampai 12 gelas per harinya. Air putih sebanyak ini berfungsi untuk mengeluarkan zat nikotin di dalam tubuh.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Cigarette smoking and drinking water source: correlation with clinical features and pathology of superficial bladder carcinoma. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19440021)
How much water should you drink?. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-much-water-should-you-drink)
How much water should I drink each day?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/306638)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app