Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Ingin Tubuh Langsing? Stop Fokus Pada Angka

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 1 menit
Telah dibaca 687.915 orang

Ingin Tubuh Langsing? Stop Fokus Pada Angka

Perubahan kecil, asal dilaksanakan dengan konsisten akan memberi hasil yang besar dan permanen. Jika Anda ingin langsing dan mempertahankan berat ideal selamanya, stop fokus pada angka. Lebih baik, konsentrasikan diri Anda pada perubahan pola hidup sehat yaitu gaya hidup aktif dan pola makan sehat seimbang, kurangi kadar stres agar tidak ada dorongan untuk makan berlebih. Praktikkan perubahan kecil, sedikit demi sedikit perubahan kecil dalam keseharian Anda, misalnya:

# Tambahkan waktu sebanyak dua kali perminggu ke dalam waktu olahraga Anda. Entah Anda berolahraga selama 10 atau 30 menit setiap hari, menambahkan waktu selama dua menit perminggu tidak akan menyakitkan. Ini adalah cara realistis untuk menambah waktu olahraga menjadi 30-60 menit perhari. 

# Pangkas tiga makanan tidak sehat dari pola makan harian Anda; gula, soda, dan lemak trans. Ketiganya dapat menyumbat pembuluh darah, meningkatkan risiko penyakit diabetes dan kardiovaskular selain tentu saja menambah berat badan Anda. Ganti dengan teh, air putih, air putih campur buah segar atau infused water, atau yogurt dan jus buah segar tanpa gula. 
Caritahu hal apa yang membuat Anda ingin makan berlebihan atau makan/minum yang manis-manis. Setelah tahu pemicunya, hindari sedapat mungkin. 


# Temukan hal apa saja yang bisa membuat Anda bahagia. Apakah menghabiskan akhir minggu dengan keluarga, mengobrol bersama teman, berpetualang dengan kekasih, mencapai prestasi di tempat kerja, atau mungkin membaca buku sendiri di tempat yang sunyi. Selalu luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang membahagiakan agar hidup Anda tidak melulu stres. Pasalnya stres dapat mendorong keinginan untuk makan berlebihan. 


# Hentikan kebiasaan minum minuman dalam kemasan terutama yang sarat pemanis. Mengurangi satu kaleng minuman bersoda dan menggantinya dengan air putih, berarti mengurangi sekurangnya 250 kalori dalam satu hari. (LT)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit