Perbedaan Jerawat Biasa dan Jerawatan Akibat Purging

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Agu 4, 2019 Waktu baca: 2 menit

Apakah itu purging ?

Purging sebenarnya berasal dari kata purge yang memiliki arti yaitu pembersihan.

Purging merupakan sebuah istilah dalam dunia kecantikan ketika Anda sedang berada di fase awal menggunakan produk perawatan kulit ataupun fase dimana Anda mengganti produk perawatan kulit Anda dari yang biasanya ke produk lain yang baru, maka kulit wajah Anda kemungkinan akan mengalami proses yang disebut dengan purging.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Dalam dunia medis, purging dijelaskan sebagai sebuah kondisi yang muncul karena penggunaan kosmetik atau bahan kimia yang terbuat dari bahan seperti AHA, BHA  atau produk yang berjenis scrub, peeling, maupun retinoid.

Produk tersebut tadi mampu masuk ke dalam kulit wajah Anda guna membersihkan serta memperbaiki lapisan bawah kulit.

Kandungan beberapa bahan yang disebutkan di atas tadi diyakini dapat mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit wajah Anda. Maka kulit nantinya akan menjadi terlihat seperti bersisik dan tampak seperti adanya benjolan-benjolan kecil.

Benjolan kecil tadi pada umumnya akan lenyap dengan sendirinya tanpa mengalami perubahan menjadi kemerahan, radang maupung bengkak di kulit wajah Anda.

Sebenarnya purging memiliki sebuah tujuan, yaitu untuk membersihkan pori-pori kulit wajah yang tersumbat karena keberadaan sebum atau minyak yang berlebihan, adanya tumpukan atau lapisan sel-sel kulit mati serta adanya komedo.

Maka dari itu, purging ini memicu timbulnya jerawat di kulit wajah Anda yang tampak lebih parah dan semakin banyak jumlahnya.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Berapa lama terjadinya purging bisa berbeda-beda tiap orang tergantung dengan siklus pertumbuhan kulit setiap orang. Pada umumnya, lamanya sekitar tiga hingga empat minggu saja.

Akan tetapi, apabila purging masih terjadi pada kulit wajah Anda selama lebih dari empat minggu, Anda harus waspada dan jangan sepelekan hal tersebut. Sebaiknya, segeralah menghentikan penggunaan produk perawatan kulit tersebut atau bahan kimia yang biasa Anda pakai.

Lalu, apakah itu jerawat breakout ?

Apakah Anda mengetahui apa arti breakout dalam dunia kecantikan ? Jika belum, simak dengan baik penjelasannya.

Breakout merupakan istilah dalam dunia kecantikan kulit wajah dimana terjadi sebuah kondisi kulit yang mengalami ketidakcocokan pada suatu jenis bahan produk perawatan kulit atau skin care atau bahan kimia dalam produk kosmetik tertentu.

Ketika seseorang sedang mengalami kondisi breakout ini biasanya akan muncul bintik-bintik kecil yang tampak seperti jerawat ataupun bisul, bintik kecil tersebut juga disertai warna kemerahan serta terkadang juga timbul rasa nyeri, peradangan bahkan hingga pembengkakan.

Selain itu, pada umumnya seseorang yang sedang mengalami kondisi breakout juga akan timbul beberapa jerawat besar di permukaan kulit wajah, serta kulit menjadi kering dan mengelupas.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Inilah tadi perbedaan antara purging dengan jerawat breakout, yaitu alasan penyebabnya. Jerawat breakout bisa muncul mungkin akibat kandungan bahan di dalam produk perawatan kulit yang dipakai tidaklah cocok, gangguan pencernaan, hormon, stres serta karena faktor lingkungan.

Lantas, bagaimanakah cara mengatasi purging sesuai menggunakan produk baru?

Jika tiba-tiba Anda mengalami kulit wajah berjerawat setelah mencoba menggunakan produk skin care baru yang berbeda dari sebelumnya, jangan panik terlebih dahulu. Tenanglah, karena mungkin hal tersebut adalah fase awal dari terjadinya purging.

Cara mengatasinya, salah satunya adalah dengan Anda mengurangi kadar bahan kimia yang biasanya dipakai dalam ritual perawatan kulit wajah Anda.

Akan tetapi, jika hal tadi terjadi dalam waktu cukup lama yaitu lebih dari empat minggu, disarankan bagi Anda untuk segera berkonsultasi dan memeriksakannya ke dokter kulit.

Sekarang, Anda sudah mengetahui apa perbedaan antara purging dan jerawat breakout. Jadi, jika Anda mengalaminya tidaj perlu bingung lagi. Karena keduanya merupakan respon kulit wajah Anda secara normal akibat penggunaan produk baru di kulit wajah.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Is Skin Purging Causing Your Acne?. Health.com. (https://www.health.com/condition/acne/skin-purging-acne)
How to Tell If Your Skin Is Purging or Breaking Out. Healthline. (https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-purging)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Ingin Mengurangi Garis Halus dan Keriput di Wajah ? Coba 5 Cara Alami Ini
Ingin Mengurangi Garis Halus dan Keriput di Wajah ? Coba 5 Cara Alami Ini

Ini dia berbagai cara alami yang ampuh mengurangi garis-garis halus dan keriput di kulit wajah Anda

Buka di app