Ingin Mengurangi Garis Halus dan Keriput di Wajah ? Coba 5 Cara Alami Ini

Ini dia berbagai cara alami yang ampuh mengurangi garis-garis halus dan keriput di kulit wajah Anda
Dipublish tanggal: Agu 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ingin Mengurangi Garis Halus dan Keriput di Wajah ? Coba 5 Cara Alami Ini

Iklan dari HonestDocs
Dermal Fillers Treatment di Reface Clinic

Dermal Filler merupakan perawatan wajah yang berfungsi untuk memperbaiki area tertentu yang memang diperlukan. Misalnya, untuk membantu mengatasi kerutan, garis halus atau cekungan yang disebabkan penuaan, meratakan tekstur dan menghaluskan kulit, hingga menghilangkan bekas luka. Perawatan wajah ini dilakukan dengan menyuntikan cairan seperti asam hialuronat atau kolagen, maupun zat sintesis kebagian wajah yang bermasalah, Contohnya pipi,hidung,bibir,rahang,dagu,area sekitar muka, dan lainnya. Perawatan dermal filler akan menjadikan wajah menjadi lebih berisi sehingga keriput atau garis-garis halus jadi tersamarkan.

Dermal fillers treatment di reface clinic

Tanda-tanda penuaan di kulit akan terjadi pada setiap orang. Proses penuaan kulit yang terjadi pun bisa lebih cepat (penuaan dini), normal atau lebih lambat. 

Hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, misalnya dari kebiasaan dan cara perawatan kulit apakah sudah tepat dan terawat dengan baik atau tidak. 

Tanda penuaan yang biasanya muncul juga ada beberapa, mulai dari flek hitan, garis halus, hingga keriput di kulit, baik di tubuh maupun kulit wajah seseorang.

Garis-garis halus serta keriput di kulit wajah seseorang akan muncul dengan seiring bertambahya usia seseorang tersebut, dan hal itu pun tidak bisa dihindari karena merupakan proses alami. 

Akan tetapi, Anda juga tak perlu terlalu mengkhawatirkannya karena terdapat beberapa macam cara yang ternyata efektif dalam membantu Anda untuk mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan juga keriput di wajah. 

Beberapa cara pun bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah. Apa sajakah kira-kira caranya ? Untuk mengetahui jawabannya dengan lebih lengkap dan jelas, mari simak ulasannya di bawah ini.

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

Ini dia berbagai cara alami yang ampuh mengurangi garis-garis halus dan keriput di kulit wajah Anda

1. Menggunakan pembersih wajah yang terbuat dari bahan susu segar dan juga madu

Madu merupakan salah satu jenis bahan alami yang bisa bermanfaat sebagai pelembap dan dapat menyerap serta mengunci kelembapan kulit wajah Anda. 

Sehingga, dengan adanya hal tersebut elastisitas kulit wajah Anda akan meningkat lebih baik dan keriput di kulit wajah juga akan berkurang. 

Sedangkan, kandungan asam laktat yang terdapat di dalam bahan susu segar ternyata memiliki kemampuan untuk membersihkan debu yang menempel di pori-pori kulit. 

Maka, kulit wajah Anda nantinya akan bisa menghasilkan kadar kolagen lebih banyak secara alami.

2. Mencegah terjadinya penumpukan sel-sel kulit mati menggunakan toner berbahan dasar air lemon serta gula

Asam glikolat yang terkandung di dalam gula mampu membantu proses regenerasi kulit yang mengalami kerusakan. 

Kemudian, kandungan Asam sitrat dalam buah lemon yang efeknya seperti “amplas” mampu mengangkat sel-sel kulit mati, supaya kulit wajah Anda terlihat semakin halus. 

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

Kandungan Vitamin C nya juga berperan dalam proses produksi kolagen di kulit.

3. Menggunakan masker wajah berbahan dasar putih telur

Bahan putih telur yang dipakai untuk masker memiliki kandungan astringent yang dipercaya mampu membuat kulit wajah Anda menjadi lebih kencang. Selain itu, efek dari bahan ini juga cepat, akan tetapi hanya bersifat sementara.

4. Kontrollah selalu pola makan Anda

Makanan memiliki kandungan berbagai macam zat dan nutrisi yang dapat membantu prises perbaikan kondisi kulit wajah Anda. Setidaknya, Anda harus mengkonsumsi :

  • Sumber makanan yang kaya akan kandungan antioksidan yang bisa menangkal bahaya radikal bebas penyebab berbagai masalah kulit, termasuk munculnya kerutan dan garis halus. Contohnya : blueberry;
  • Vitamin yang bahkan bisa mrngandung 2 kali lipat kandungan antioksidan. Seperti, Vitamin B kompleks yang ada pada daging, telur, dan gandum utuh; Vitamin A, C, dan E dalam buah-buahan segar, sayuran berdaun, dan almond.
  • Cokelat seperti Dark chocolate dengan kandungan setidaknya 72 perseb kokoa yang bersifat antioksidan, mengandung epikatekin dan katekin, yang berfungsi melindungi kulit dari bahaya sinar UV; dan
  • Makanan berasam lemak Omega-3, misalnya salmon atau pun ikan air laut lainnya untuk membantu memasok air di kulit.

5. Memijat kulit wajah guna menghilangkan garis-garis halus dan keriputnya

Ternyata, memijat wajah dengan cepat hanya selama beberapa menit bisa menjadikan kulit Anda lebih kencang, dengan cara memfokuskan pijatan di area kelenjar getah bening

Hal ini untuk mengangkat kelebihan air dari kulit wajah. Untuk hasil yang optimal, Anda harus mengulanginya dengan teratur.

Langkah-langkahnya yaitu :

  • Pakailah jari telunjuk dan jari tengah Anda untuk memijat kulit wajah, gerakannya melingkar;
  • Pijatan dimulai dari bawah telinga, kemudian leher lalu tulang selangka;
  • Selanjutnya, dari area di bawah dagu, di bawah rahang menuju telinga;
  • Pijatlah dari bagian ujung dalam ke ujung terluar telinga Anda; dan
  • Bergerak menuju ke pelipis, lalu turun ke bagian sisi wajah Anda.

Nah, itulah beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi garis-garis halus dan keriput di kulit wajah. Dengan pola hidup sehat, perawatan kulit yang baik dan kebiasaan baik akan memberikan kulit yang sehat.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Do retinoids really reduce wrinkles?. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/do-retinoids-really-reduce-wrinkles)
Wrinkles: Causes, treatment, and prevention. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/174852)
Mayo Clinic Staff. (2016). Wrinkle creams: Your guide to younger looking skin. (https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wrinkles/in-depth/wrinkle-creams/art-20047463)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app