Penyebab Mulut Terasa Pahit

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Penyebab Mulut Terasa Pahit

Organ mulut merupakan salah satu organ penting bagi tubuh. Organ yang satu ini juga tidak jarang rentan terhadap berbagai gangguan atau masalah kesehatan, seperti bau mulut, infeksi dan lain-lain. 

Termasuk juga rasa pahit yang seringkali muncul apalagi jika Anda sedang sakit. Rasa pahit di mulut menyebabkan nafsu makan bisa menurun.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Namun, pernahkah Anda mengalami mulut yang terasa pahit padahal Anda sehat-sehat saja, tidak sedang sakit ? 

Hal ini bisa terjadi mungkin karena Anda termasuk dalam salah satu dari sebagian orang di dunia yang sensitivitas pada rasa pahitnya cukup tinggi dibandingkan dengan orang lainnya. 

Ini disebabkan karena mulut seseorang tersebut dapat merasakan senyawa pahit atau yang biasa disebut dengan nama phenylthiocarbamide atau PTC. 

Maka dari itulah, mereka menjadi begitu sensitif terhadap adanya rasa pahit di dalam mulutnya. Akan tetapi, hal ini cukup langka karena seseorang yang terlahir dengan sensitivitas tersebut perbandingannya hanya sekitar satu berbanding sepuluh ribu. Nah, apakah Anda salah satu dari mereka ?

Agar Anda bisa mengetahuinya dengan lebih pasti dan yakin, sebaiknya mari pahami terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan timbulnya rasa pahit di dalam mulut Anda. 

Untuk kemudian, apabila Anda sudah mengetahui penyebabnya, maka Anda dapat segera menemukan bagaimana solusi untuk mengatasinya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Berikut di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya rasa pahit di dalam mulut, yaitu diantaranya :

1. Kondisi gigi

Kondisi gigi juga menjadi salah satu penyebab mulut terasa pahit, terutama jika Anda adalah orang yang kurang menjaga kebersihan gigi dengan baik. 

Ketika Anda tidak rajin menyikat gigi, hal ini berarti Anda sudah menumpuk bakteri serta kuman di dalam mulut Anda. 

Dimana perlu untuk Anda ketahui bahwa rongga mulut adalah salah satu bentuk inkubator yang steril, hangat, dan juga lembab, serta di dalamnya mengandung berbagai substansi nutrisi yang akan berguna dalam pertumbuhan mikroba.

Sayangnya, bukan hanya untuk mikroba yang sifatnya baik akan tetapi juga untuk mikroorganisme yang bersifat jahat atau bisa menyebabkan timbulnya bau mulut.m atau bau nafas. 

Bayangkan saja apabila gigi Anda jarang sekali dibersihkan, berapa banyak bakteri dan kuman yang akan berkumpul di mulut.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Hal inilah yang kemudian memicu kondisi mulut Anda menjadi terasa pahit. Ditambah lagi, apabila Anda memiliki gigi yang berlubang.

2. Asam lambung

Apabila Anda merasa mual-mual dan muntah-muntah atau refluks, dimana kondisi seperti ini umumnya terjadi akibat dipicu naiknya asam lambung atau juga disebut sebagai gastro eshophageal refluks disease (GERD). 

Yang menjadi faktor penyebab utama kondisi refluks asam lambung ini yaitu seperti makan makanan yang berlebih, pedas, serta makan disaat yang tidak tepat dan juga karena stres yang dialami. 

Biasanya, kondisi refluks asam lambung juga akan disertai dengan bau mulut yang tidak sedap.

3. Hormon

Kondisi ini biasanya terjadi pada para wanita, khususnya mereka yang sedang dalam keadaan tengah mengandung atau hamil. 

Perubahan kadar hormon estrogen, baik meningkat atau menurun, yang tidak seimbang akan menjadi salah satu penyebab rasa dalam mulut berubah menjadi lebih pahit. Selain hamil, ini juga bisa terjadi ketika wanita sedang haid.

Untuk wanita yang tengah hamil, kemungkinan besar morning sickness merupakan penyebabnya. Morning sickness adalah kondisi di mana tubuh wanita yang sedang hamil masih berusaha beradaptasi dengan terjadinya perubahan dalam tubuhnya. 

Gejala morning sicknes yang paling sering terjadi adalah mual dan muntah. Sisa muntah ini yang nantinya berkumpul di dalam mulut, kemudian mengumpulkan berbagai bakteri yang dapat mengakibatkan mulut pahit

Hal ini bisa menjadi semakin parah jika ibu hamil mengalami dehidrasi.

4. Kekurangan vitamin

Vitamin merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh Anda, guna menjaga kondisi kesehatan, serta untuk melancarkan kinerja fungsi semua organ dan struktur di dalam tubuh Anda. 

Apabila seseorang kekurangan vitamin B-12 dan Zinc, bisa mengakibatkan mulut berbau tidak sedap dan bisa berubah menjadi terasa pahit.

5. Obat-obatan

Faktor penyebab mulut terasa pahit lainnya adalah jika Anda tengah mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu. 

Beberapa obat-obatan, ketika dikonsumsi awalnya mungkin dapat mengakibatkan mulut kering dan ini akan mempengaruhi rasa di dalam mulut. Munculnya rasa pahit akan menjadi lebih dominan akibat efek dari konsumsi obat-obatan tersebut.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Smith, Anna. (2019). How to Cure Bitter Mouth Taste After Fever?. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/338005834_How_to_Cure_Bitter_Mouth_Taste_After_Fever)
What are taste buds [Fact sheet]. (2013). (https://kidshealth.org/en/kids/taste-buds.html)
Villa A, et. al. (2015). Diagnosis and management of xerostomia and hyposalivation. DOI: (https://doi.org/10.2147/TCRM.S76282)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app