Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Olahraga dan Kebugaran

Pentingnya Olahraga Pada Orang dengan Penyakit Jantung

Update terakhir: NOV 13, 2019 Tinjau pada NOV 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.209.152 orang

Pentingnya Olahraga Pada Orang dengan Penyakit Jantung

Olahraga memberikan dampak yang baik untuk semua orang baik orang yang sehat maupun orang yang sedang sakit . Karena itu, hanya karena Anda pernah mengalami serangan jantung, jantung lemah (penyakit jantung koroner) atau penyakit jantung lainnya, tidak berarti Anda harus duduk dan tidak melakukan apa-apa. 

Sebenarnya, dengan olahraga teratur (lebih dari 150 menit seminggu), Anda mungkin bisa memperbaiki fungsi jantung dan bahkan mengurangi penggunaan beberapa obat yang rutin Anda pakai. Manfaat olahraga pada orang dengan penyakit jantung meliputi:

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

  • Memperkuat fungsi jantung Anda
  • Meningkatkan sirkulasi dan membantu tubuh Anda meregulasi oksigen dengan lebih baik
  • Memperbaiki gejala gagal jantung
  • Menurunkan tekanan darah
  • Menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Tidak ada kata terlambat untuk meningkatkan aktivitas fisik Anda atau memulai program latihan. Tapi perlu diingat, saat Anda memiliki riwayat penyakit jantung dan ingin memulai olahraga sebagai rutinitas harian Anda, Anda harus mendapatkan petunjuk yang dari dokter Anda sebelum Anda memulai.

Tips Berolahraga untuk Orang dengan Gagal Jantung

  • Hindari terlalu banyak latihan isometrik seperti pushups dan situps. Latihan isometrik melibatkan peregangan otot yang intens, tidak cocok untuk orang dengan gangguan jantung.
  • Jangan berolahraga di luar rumah jika terlalu dingin, panas atau lembab tanpa memeriksakan diri terlebih dulu ke dokter. Kelembaban tinggi dapat menyebabkan Anda cepat lelah. Suhu yang panas bisa mengganggu sirkulasi, membuat sulit bernafas dan menyebabkan nyeri dada. Pilihan yang lebih baik adalah kegiatan indoor seperti treadmill atau sepeda statis.
  • Pastikan Anda tetap terhidrasi. Penting untuk minum air bahkan sebelum Anda merasa haus, terutama pada hari-hari panas. Tapi, hati-hati jangan terlalu banyak minum air putih, karena dapat menyebabkan kelebihan volume dan menyebabkan jantung bekerja lebih berat.
  • Jika dengan alasan apapun program latihan Anda terhenti dalam jangka panjang (misalnya karena sakit, liburan atau cuaca buruk), Dan saat Anda ingin memulai kembali, mulailah dengan tingkat intensitas yang rendah, dan tingkatkan sedikit sampai Anda kembali ke performa Anda sebelumnya.

Jenis Latihan Yang Dapat Anda Lakukan

Dokter Anda akan memberi tahu Anda latihan apa yang terbaik untuk Anda. Konsultasikan dengan dokter Anda, sebelum memulai program latihan baru. Juga tanyakan apakah Anda bisa melakukan aktivitas dengan intensitas yang berat. 

1. Senam Aerobik

Senam aerobik menggunakan jantung dan paru-paru Anda untuk waktu yang lama. Sehingga membantu jantung Anda menggunakan oksigen lebih baik dan memperbaiki aliran darah. Anda bisa melatih jantung Anda untuk melakukan Aktivitas lebih berat secara perlahan. Lakukan ini minimal 3 sampai 4 kali seminggu.

Selalu lakukan 5 menit peregangan atau bergerak untuk menghangatkan otot dan jantung Anda sebelum berolahraga. Selalu tahu kemampuan Anda dan kapan Anda harus berhenti, mulai dengan aktivitas yang tidak terlalu berat. 

2. Berjalan Kaki

Berjalan kaki sangat baik dilakukan oleh penderita penyakit jantung koroner,. Dengan berjalan kaki kurang lebih 60 menit dalam sehari akan membantu Anda memperlancar sirkulasi Anda. Tentu saja Anda tidak harus melakukan hal ini sekaligus dalam 60 menit, Anda cukup melakukannya sedikit demi sedikit dalam menjalani aktivitas sehari-hari Anda.

3. Yoga

Manfaat yoga untuk jantung sangat banyak dan baik dilakukan oleh penderita penyakit jantung koroner. Pasalnya yoga dapat memberikan efek tenang dan memperlancar kerja jantung dalam memompa darah. Yoga tidak kalah dengan olahraga lainnya, selain dapat membentuk tubuh, yoga juga dapat membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit lain atau komplikasi yang ditimbulkan oleh penyakit jantung koroner.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

4. Jogging

Kegiatan ini hampir memiliki manfaat yang sama dengan berjalan kaki. Namun perbedaan yang cukup signifikan adalah Anda harus meluangkan waktu khusus untuk menjalani kegiatan yang satu ini. Faktanya melakukan jogging selama kurang lebih 30 menit, manfaatnya sama dengan Anda berjalan kaki selama 1 jam. 

Namun Anda tidak boleh terlalu memaksakan diri dalam melakukan kegiatan yang satu ini, karena melakukan kegiatan jogging dapat menguras banyak tenaga dan hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan jantung Anda. 

Anda tidak perlu khawatir jika Anda menyadari batasan pada tubuh Anda, karena hal ini akan memberikan dampak yang signifikan pada kesehatan jantung Anda.

5. Bersepeda

Dari jenis-jenis olahraga, bersepeda merupakan olahraga yang paling memberikan manfaat bagi kesehatan jantung manusia, khususnya bagi penderita penyakit jantung koroner. 

Bersepeda merupakan kegiatan olahraga yang dapat memompa jantung secara signifikan dan secara tepat. Bersepeda selain dapat memperlancar aliran darah manusia, juga dapat membuat dinding jantung menjadi lebih tebal sehingga dapat membuat jantung Anda lebih sehat. 

Melakukan kegiatan ini secara rutin dapat membuat Anda menjadi lebih sehat dari sebelumnya, hal ini sangat baik dilakukan oleh penderita penyakit jantung koroner.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Berhenti Berolahraga dan Beristirahat jika Anda Memiliki Gejala Berikut:

Menjadi sehat dengan berolahraga memang merupakan hal yang sangat baik dilakukan. Olahraga tidak dapat dipungkiri lagi, memang dapat memberikan berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh manusia

Namun Anda harus memperhatikan beberapa hal agar tidak salah kaprah dalam melakukannya, sehingga hasilnya sesuai dengan yang Anda harapkan.

Diantaranya Anda harus memperhatikan kondisi kesanggupan tubuh Anda. Memperhatikan hal ini sangat dianjurkan, pasalnya apabila Anda tidak mengetahui batasan dan kesanggupan tubuh Anda, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan jantung yang Anda miliki. 

Lakukan olahraga secara teratur, namun tidak berlebihan agar tidak menjadi beban bagi tubuh Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit