HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Ventricular Septal Defect (Lubang Pada Sekat Bilik Jantung) 2

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Ventricular Septal Defect (Lubang Pada Sekat Bilik Jantung) 2

Mengetahui keberadaan lubang pada sekat bilik jantung ini juga bukan hal mudah, karena, tak semua bayi yang memiliki kelainan jantung mengalami biru di area kuku, mulut dan lidahnya. Ada yang bahkan tak mengalami gejala gagal jantung apa pun, sehingga baru diketahui ada gangguan jantung setelah beranjak dewasa.                                                                                                                                                          

VSD baru bisa terdeteksi jika dilakukan pemeriksaan menyeluruh yang mendetail. Jika bayi Anda mengalami kecenderungan sulit menyusu di usia 2-3 bulan, hingga mengakibatkan kekurangan berat badan, sebaiknya periksakan segera ke dokter.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Tindak penambalan lubang VSD perlu dilakukan jika ukurannya besar, sehingga menggangu peredaran darah pada jantung. Banyaknya aliran darah dari bilik jantung kiri mengalir ke bilik kanan melalui lubang VSD, membuat aliran darah bersih yang sebenarnya sudah siap diedarkan dari bilik kiri ke sirkulasi tubuh melalui pembuluh aorta, kembali lagi ke bilik kanan jantung dan masuk ke sirkulasi paru-paru. Hal inilah yang kerap membuat bayi Anda akhirnya sering terserang infeksi paru, sesak nafas dan cepat lelah saat mengisap susu atau melakukan aktivitas fisik karena paru-paru dibanjiri darah, dan akhirnya gagal tumbuh kembang.

Terdapat dua proses penutupan lubang pada sekat bilik jantung ini. Salah satunya, adalah dengan proses pembedahan untuk kemudian secara manual dilakukan penambalan lubang sekat bilik. Dengan majunya teknologi kedokteran saat ini penutupan juga dapat dilakukan tanpa pembedahan yaitu dengan pemasangan alat penutup (device) melalui kateter.  

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Ventricular Septal Defects: Causes, Risk Factors & Treatments. Healthline. (https://www.healthline.com/health/ventricular-septal-defect)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app