Penanganan Balita Berdahak

Dipublish tanggal: Feb 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit
Penanganan Balita Berdahak

Lendir atau dahak  biasanya ditemukan pada hidung dan tenggorokan. Jika lendir atau dahak yang terdapat di dalam nasal atau hidung, umumnya dapat dikeluarkan dengan mudah, Namun, lebih sulit menyingkirkan lendir yang tersangkut di tenggorokan karena dapat menyebabkan iritasi.

Lendir atau dahak dengan jumlah yang banyak dapat membuat anak merasa teganggu bahkan menderita. Penumpukan dahak dan kemampetan yang mungkin dialami bayi Anda bisa menyulitkan bayi untuk tidur atau makan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Dalam beberapa kasus, sejumlah besar lendir dapat menyebabkan bayi tersedak. Penyebab utama perkembangan lendir di tenggorokan adalah beragam jenis infeksi yang mungkin termasuk flu dan influenza

Jika dahak cenderung menyebabkan kesan buruk pada pernafasan anak, berkonsultasilah dengan spesialis anak untuk mencegah kerusakan jangka panjang.

Berikut beberapa informasi dan tindakan yang dapat dilakukan jika bayi Anda Berdahak .

Apa itu Bedahak ?

Lendir yang menghalangi tenggorokan banyak disebut sebagai dahak dan merupakan rasa mengganjal yang Anda rasakan saat Anda menelan atau menelan air liur. 

Lendir juga bisa masuk ke nasal atau hidung dan menyebabkan pilek. Umumnya hidung dan tenggorokan hanya memiliki sekitar satu liter atau dua liter lendir setiap hari.

Lendir umumnya mempunyai fungsi tertentu dan dengan jumlah yang tepat membantu melindungi kita dari infeksi dengan menjaga agar saluran udara tetap lembab dan segar.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Apa yang menyebabkan terjadinya berdahak pada bayi ?

Selama beberapa bulan pertama, bayi biasanya bernafas melalui hidungnya. Akibatnya, terkadang dia mengalami kemacetan atau mampet . Hal ini tidak berbahaya bagi bayi kecuali jika sampai di tahap dimana bayi mengalami kesulitan bernafas. 

Meski begitu, bisa mengganggu pola tidur bayi dan menimbulkan kesulitan bernafas di malam hari.

Sama seperti orang dewasa, bayi juga memiliki sel yang terdapat di dalam di nasal; Meskipun demikian, bayi memiliki saluran napas yang kecil di hidung sehingga mereka tidak dapat mengatasi sejumlah besar lendir. 

Melalui bersin, lendir dibersihkan dari tenggorokan dan dikeluarkan dari hidung. Untuk membantu bayi bernapas dengan baik, penting untuk menyingkirkan lendir yang berlebih yang menempel pada tenggorokan.

Infeksi tenggorokan dan influenza biasa terjadi pada anak yang baru lahir. Begitu infeksi hilang, biasanya lendir tetap berada di dalam tenggorokan selama beberapa minggu. Inilah sebabnya mengapa mengi atau biasa yang kita sebut “bengek” adalah umum terjadi pada anak yang batuk

Biasanya anak-anak rentan terhadap infeksi flu dan tenggorokan yang menyebabkan dahak berlebih dan batuk. Beberapa penyebab lain untuk dahak bayi di tenggorokan adalah reaksi alergi musiman, yang juga dapat menyebabkan lendir terbentuk di faring.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk dan Flu via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 9

Bagaimana mengatasi Berdahak di Tenggorokan pada Bayi ?

Obat-obatan OTC (Obat bebas yaitu obat yang boleh digunakan tanpa resep dokter.)

Obat OTC (over-the-counter) tidak dianjurkan untuk bayi karena bisa berbahaya bagi kesehatan mereka dan bahkan bisa membuat mereka lebih tidak sehat. Karena itu, hindari memberi obat batuk dan ekspektoran kepada anak di bawah usia 4 tahun.

Cairan Saline (airgaram yang dijual di apotik)

Penggunaan teknik semprotan air garam atau saline secara signifikan dapat membantu membersihkan bagian hidung bayi dan memudahkannya bernafas dengan benar. 

Semprotan cairan saline digunakan untuk mengurangi lendir di bagian hidung dan masuk ke pharynx. Posisikan anak dengan posisi yang nyaman dan semprotkan satu atau dua semprotan ke kedua lubang hidung, dan biarkan sampai lendirnya menipis. 

Tunggu beberapa detik dan kemudian masukkan semprit ke lubang hidung,lalu keluarkan lendir dari hidung.

Lakukan ini sesering mungkin untuk membantu bayi bernafas dengan mudah. Setelah menggunakan semprit , sterilkan dengan cara mencucinya dengan air sabun hangat dan biarkan kering sebelum digunakan. Jika infeksi parah maka gunakan alkohol untuk membersihkan.

Jika Anda tidak yakin dengan prosedur mengisap lendir dari lubang hidung bayi, maka mintalah dokter untuk membantu Anda melakukannya.

Meningkatkan Kelembaban

Penggunaan humidifier adalah cara terbaik untuk melembabkan saluran hidung bayi dan menipiskan lendir di tenggorokan dan hidung untuk membantu memulihkan pernapasan dengan baik . 

Pelembab akan membantu membuat kelembaban di hidung dan membiarkan bayi batuk mengeluarkan lendir. Jika bayi menderita batuk basah, teknik terbaik adalah menggunakan uap dingin dari humidifier sedangkan uap hangat paling baik untuk batuk kering

Jika Anda tidak memiliki humidifier di sekitar rumah, maka beri obat di rumah untuk dicoba. Buat uap di kamar mandi dengan menggunakan shower air panas dan bawa bayi ke sana beberapa saat dan biarkan dia menyerap uap air di udara. 

Cara lain untuk menciptakan kelembaban di dalam ruangan adalah dengan merebus air selama beberapa jam.

Minyak esensial

Menggunakan minyak esensial untuk membantu membersihkan dahak bayi di tenggorokan, Anda harus terlebih dahulu memeriksakan diri ke dokter anak karena beberapa dari mereka dapat menimbulkan bahaya, terutama jika digunakan dalam jumlah yang tidak tepat. 

Penggunaan minyak herbal bisa membantu bayi bernafas lebih baik. Beberapa teknik yang umum digunakan meliputi penggunaan kayu putih, mentol, atau minyak pinus di humidifier. 

Hal ini bisa menyejukkan dan membantu membersihkan penyumbatan atau rasa mampet dan memperbaiki pernapasan. Menempatkan tetes kecil dalam air mendidih atau air panas saat mandi dapat memiliki efek yang sama.

Penyembuhan lainnya, tenggorokan berdahak pada bayi 

  • Ketika bayi tidak sehat dengan batuk dan flu, Tawarkan banyak cairan kepada bayi Anda melalui pemberian susu formula atau ASI secara teratur. penting untuk memberi ASI kepada bayi karena ini akan memberinya nutrisi dan antibiotik yang dibutuhkannya sambil menjaga agar tetap terhidrasi.
  • Berikan bayi yang berusia lebih dari 6 bulan minuman hangat, seperti kaldu atau teh hangat, dalam cangkir . untuk memberinya rasa nyaman pada tenggorokan si bayi.
  • Letakkan handuk yang digulung atau bantal di bawah kasur bayi Anda untuk mengangkat atau meninggikan kepalanya. Metode  Ini menempatkan posisi kepala bayi Anda di atas, dan biarkan lendir mengalir keluar.

Peringatan

Jangan hisap lubang hidung bayi Anda lebih dari tiga kali dalam sehari atau Anda bisa mengiritasi lapisan hidung bayi Anda . Hubungi dokter Anda jika jumlah lendir pada bayi Anda berlangsung selama lebih dari 2 minggu. 

Hubungi dokter Anda segera jika bayi Anda menolak memberi makan, batuk darah atau batuk cukup keras dan muntah. Hubungi petugas medis segera jika bayi Anda mengalami kesulitan bernafas.

24 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Worrall G. (2011). Acute cough in children. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3056681/)
Polverino M, et al. (2012). Anatomy and neuro-pathophysiology of the cough reflex arc. DOI: (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3415124/)
Niimi A. (2011). Cough and asthma [Abstract]. DOI: (https://www.eurekaselect.com/87290/article/cough-and-asthma)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app