Pola Tidur Bayi 1 Hingga 3 Bulan - Semua yang Perlu Anda Ketahui

Dipublish tanggal: Sep 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Apakah Anda sedang mencoba cara untuk membantu tidur bayi Anda lebih baik? Apakah Anda baru saja membawa bayi Anda pulang dan kesulitan membantunya tidur? 

Apakah Anda khawatir bayi Anda yang baru lahir tidak tidur dengan benar dan membutuhkan lebih banyak tidur? 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Jika Anda seorang ibu baru,  artikel ini akan membahas mengenai pola tidur bayi berusia 1 hingga 3 bulan.

Pola tidur Bayi usia 1 sampai 3 bulan

Setiap bayi unik, dan diberkati dengan sistem fisik dan mental yang berbeda dari yang lain. Jika Anda seorang ibu baru, Anda akan membutuhkan setiap bantuan yang bisa Anda dapatkan ketika menangani jadwal tidur bayi Anda.

Pola tidur Bayi usia 1 bulan

Setelah bayi Anda lahir, bayi Anda sebagian besar akan tidur selama beberapa minggu pertama.

  • Untuk bulan pertama, Anda biasanya dapat mengharapkan bayi Anda tidur hampir sepanjang hari. Bayi Anda bisa tidur selama 18 jam dalam rentang 24 jam sehari.
  • Bahkan jika bayi Anda tidur hingga 18 jam, bayi tidak akan tidur dalam waktu 18 jam terus menerus. Bayi Anda yang baru lahir akan tidur dengan kecepatan tidur yang tidak lebih dari tiga hingga empat jam. Ini berarti bahwa bayi baru lahir Anda akan melanjutkan dengan cara yang sama sepanjang hari dan sepanjang malam, sehingga Anda juga tidak akan mendapatkan dosis tidur yang sangat Anda butuhkan.
  • Bayi yang baru lahir tidak dapat membedakan antara siang dan malam, dan itu berarti bayi Anda yang baru lahir tidak akan menyadari perbedaan dalam jadwal tidur setidaknya untuk bulan pertama.
  • Sementara bayi Anda yang berumur satu bulan, siklus tidurnya akan jauh lebih pendek dari Anda. Ini berarti dia akan menghabiskan banyak waktu dalam tidur gerak mata cepat (tidur REM) yang merupakan fase tidur di mana dia dapat dengan mudah terganggu. Fase tidur REM cukup penting bagi bayi baru lahir Anda, karena ini akan membantu otak bayi Anda berkembang sesuai dengan perubahan yang terjadi.

Pola tidur Bayi 2 bulan Anda

Begitu bayi Anda memasuki bulan kedua, ia akan memasuki pola tidur yang berbeda dari apa yang ia alami di bulan pertama.

  • Di antara minggu keenam dan minggu ke delapan bayi Anda, Anda akan melihat perubahan bertahap dalam waktu ia menghabiskan waktu tidur.
  • Dalam kurun waktu ini, bayi Anda akan mulai tidur lebih sedikit di siang hari dan lebih banyak pada malam hari. Ini berarti bayi Anda dapat tidur sekitar satu atau dua jam berturut-turut dalam satu hari. 

Jika bayi Anda kurang tidur pada malam hari, maka jangan kaget jika bayi akan meningkatkan jumlah waktu tidurnya secara bersamaan. 

Misalnya, ketika sebelumnya dia tidur selama dua atau tiga jam berturut-turut, dia mungkin akan tidur selama empat hingga lima jam berturut-turut.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku
  • Kesenjangan jarak antara satu putaran tidur dan yang berikutnya akan meningkat. Misalnya, jika sebelumnya bayi Anda tidur setelah dua jam terjaga, ia mungkin sekarang tidur setelah tiga jam terjaga.
  • Tidur bayi 2 bulan akan mulai lebih dalam dibandingkan dengan bulan pertama. Dia akan menghabiskan waktu lebih sedikit dalam mode tidur REM dan akan memiliki lebih sedikit tidur ringan.

Pola tidur Bayi usia 3 bulan Anda

Pada bulan ketiga, Anda akan mulai memahami pola tidur bayi Anda sampai batas tertentu, meskipun mungkin tidak teratur seperti yang Anda inginkan.

  • Pada saat bayi Anda berusia tiga bulan, ia akan membutuhkan sekitar 15 jam dalam sehari. Kemungkinannya bayi Anda akan tidur sekitar lima jam pada siang hari. Pada malam hari, ia akan tidur selama hampir sepuluh jam, dan mungkin bangun dua kali atau tiga kali untuk makan.
  • Beberapa bayi juga terbiasa tidur sepanjang malam setelah mereka berusia tiga minggu, jadi jangan khawatir jika bayi Anda tidak bangun di tengah malam untuk menyusui. Juga, jika bayi Anda tidak tidur sepanjang malam dan masih bangun beberapa kali, itu sangat normal.
  • Pada usia ini, sistem bayi Anda semakin matang dan berkembang. Perut bayi Anda akan belajar cara mencerna ASI dengan lebih baik, membuatnya lebih mudah bagi bayi Anda untuk menyusu lebih banyak dan tetap tertidur lebih lama.
  • Tidur di malam hari akan menjadi lebih teratur karena bayi Anda mencapai akhir bulan ketiga. 

Mengajari Bayi Anda perbedaan antara malam dan siang

Menidurkan bayi yang baru lahir dan mendapatkan tidur yang cukup merupakan tantangan terbesar yang Anda hadapi sebagai ibu baru. 

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu bayi Anda memahami perbedaan antara siang dan malam dan membuat transisi itu jauh lebih mudah:

  • Aturan pertama yang harus diingat adalah bersabar dengan bayi Anda yang baru lahir. Agar adil, beri bayi dan diri Anda waktu untuk menyesuaikan diri dengan rutinitas.
  • Setelah beberapa minggu pertama membawa bayi pulang, mulailah rutinitas yang dapat dikenali dan dibedakan oleh bayi Anda antara siang dan malam. 
  • Bermainlah dengan bayi Anda di siang hari dan kurangi waktu dan jumlah permainan pada malam hari.
  • Biarkan bayi Anda mendengarkan suara-suara sepanjang hari, tetapi jaga agar kebisingan dan volumenya tetap minimum saat malam hari.
  • Usahakan kamarnya terang dan lapang di siang hari, tetapi redupkan lampu di malam hari.

27 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
When Do Babies Sleep Through the Night?. Healthline. (https://www.healthline.com/health/when-do-babies-sleep-through-the-night)
Happy, Healthy Baby Sleep Schedule By Age: Newborn through 1 Year. Healthline. (https://www.healthline.com/health/parenting/baby-sleep-schedule)
Baby sleep patterns for the science. Parenting Science. (https://www.parentingscience.com/baby-sleep-patterns.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app