Pelargonium: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 17, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit


Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Golongan

Ekstrak

Kemasan

Cair, tablet

Kandungan

Ekstrak tanaman

Mengenai Pelargonium

Genus Pelargonium terdiri dari sekitar 280 spesies yang diketahui, di mana 80% ditanam di pedalaman Afrika Selatan.1 Kedua spesies tanaman judul dibedakan berdasarkan warna bunga, bentuk daun, dan warna serbuk sari. 

P. sidoides adalah tanaman kecil seperti geranium yang tumbuh dalam bentuk roset dari akar bawah tanah yang tebal dan tumbuh hingga 15 cm. Batang bercabang jarang tumbuh dari pangkal dengan bunga merah dan spesies ini dibedakan oleh daun berbentuk hati atau berbentuk hati

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Dalam pengobatan herbal, Pelargonium telah digunakan untuk gangguan usus, luka dan penyakit pernapasan; dalam beberapa tahun terakhir, obat pernapasan / dingin yang mengandung minyak Pelargonium telah dijual di Eropa dan Amerika Serikat. 

Dalam beberapa penelitian, minyak Pelargonium membantu keseimbangan hormon, fungsi hati dan ginjal, untuk mengeluarkan racun dari hati yang mungkin memengaruhi kesejahteraan tubuh secara keseluruhan; untuk mendukung sistem pencernaan, saraf dan peredaran darah dan untuk memiliki kualitas antiseptik.

Pelargonium Sidoides

Geranium Afrika Selatan (Pelargonium sidoides), juga dikenal sebagai geranium hitam atau Cape pelargonium, adalah ramuan yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Afrika Selatan. 

Akar tanaman biasanya disuling menjadi ekstrak dan digunakan dalam obat batuk dan pilek untuk mengurangi gejala dan mengurangi durasi penyakit.

Manfaat Pelargonium

Sebagai antibakteri

Ekstrak dari kedua spesies Pelargonium memiliki aktivitas antibakteri langsung yang sederhana, dengan kumarin dan fenolat yang diisolasi memiliki nilai konsentrasi penghambatan minimum dari 200 hingga 1.000 mcg / mL dalam uji pengenceran agar dibandingkan dengan bakteri uji umum. 

Stimulasi imun inang adalah jalan potensial untuk aktivitas antimikobakteri. Stimulasi kekebalan oleh ekstrak P. sidoides, kumarin, dan fenolik telah didokumentasikan dalam berbagai uji fungsional termasuk peningkatan sintesis interferon-beta dan aktivasi aktivitas sel pembunuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Tanin dari tanaman yang diinduksi nitrat oksida sintase dan gen sitokin ekspresi dalam garis sel mirip makrofag.  Ekstrak akar butanol memiliki aktivitas antimikobakteri

Sebagai penyembuhan gangguan infeksi napas

Sebuah analisa dengan trial double blind serta plasebo membuktikan bahwa  alkohol P. sidoides berguna untuk menghilangkan gejala bronkitis akut pada orang dewasa dan anak-anak, dan mungkin juga sinusitis pada orang dewasa. 

Tidak ada bukti maksimal pada penggunaan pelargonium untuk menghilangkan gejala rinosinusitis akut dan pilek pada orang dewasa. Efek samping sedikit lebih tinggi dengan pengobatan versus plasebo seperti gangguan pencernaan, reaksi alergi kulit, dan urtikaria.

Bronkitis

Sebuah meta-analisis uji klinis secara acak membuktikan bahwa kandungan pelargonium dapat mengurangi gejala bronkitis. Mekanisme aksi dikaitkan dengan antagonisme dari adhesi bakteri untuk epitel utuh, yang mengarah ke perlindungan dari kolonisasi bakteri dan infeksi pada saluran pernapasan bagian atas.

Kemungkinan efek samping 

Keamanan obat pelargonium sebagian besar belum teruji. Efek samping yang sering ditimbulkan sesuai pengalaman pasien antara lain sakit perut, mual, mulas, atau gejala pernapasan yang memburuk. 

 Pelargonium mengandung zat yang dikenal sebagai kumarin yang bertindak sebagai antikoagulan (pengencer darah). Karena itu, Anda harus menghindari penggunaan pelargonium dengan antikoagulan resep seperti warfarin karena ini dapat menyebabkan perdarahan yang berlebihan. 

Untuk alasan yang sama, Anda harus berhenti minum pelargonium setidaknya dua minggu sebelum operasi atau prosedur gigi.

Pada Autoimun Pelargonium juga harus digunakan dengan hati-hati pada orang dengan penyakit autoimun seperti psoriasis, rheumatoid arthritis, lupus, dan hepatitis autoimun, menurut European Medicines. Melakukannya dapat mengaktifkan antibodi yang memicu gejala autoimun. 

 Konsultasikan diri Anda ke dokter apabila menggunakan suplemen herbal apa pun. Karena kurangnya penelitian keamanan, obat pelargonium tidak boleh digunakan oleh anak-anak, wanita hamil, atau ibu menyusui. Kerusakan hati

Beberapa kendala dan kekhawatiran selama penggunaan pelargonium bahwa penggunaan pelargonium jangka panjang atau berlebihan dapat menyebabkan cedera hati. Menurut sebuah studi 2016 dari Jerman.

P. sidoides adalah salah satu  di antara lima ramuan yang diduga menyebabkan keracunan hati ketika digunakan untuk tujuan pengobatan. Dalam salah satu kasus yang dilaporkan, kerusakan hati terjadi setelah menggunakan ekstrak pelargonium sebagai konsumsi herbal selama lima hari.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Jaggali, Saraswathi & Venkatesh, K. & Baburao, Nirmala & Hilal, Majid & Rani, Roja. (2011). Phytopharmacological importance of Pelargonium species. Journal of Medicinal Plants Research. 5. 2587-2598. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/282387522_Phytopharmacological_importance_of_Pelargonium_species)
Pelargonium Sidoides: Benefits, Side Effects, Interaction. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-pelargonium-89023)
Pelargonium Uses, Benefits & Dosage Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/pelargonium.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app