Pelajari 10 Gerakan yang Ampuh Mengusir Lemak Perut

Dipublish tanggal: Jul 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Pelajari 10 Gerakan yang Ampuh Mengusir Lemak Perut

Memiliki tubuh yang proporsional menjadi dambaan setiap orang. Namun untuk mencapai hal tersebut, banyak usaha yang harus Anda lakukan salah satunya adalah dengan berolahraga. Bagi Anda yang memiliki lemak di perut dan ingin menghilangkannya, ada beberapa gerakan sederhana yang bisa dipraktikkan. 

Jika dilakukan secara teratur, timbunan lemak di perut akan hilang dengan perlahan. Untuk mengetahui gerakan apa saja yang bisa meluruhkan lemak di perut, simak ulasan singkatnya di bawah ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Gerakan untuk mengusir lemak di perut secara efektif

Lemak di perut memang menjadi perkara yang sulit dihilangkan. Tidak hanya pada wanita, pria pun kerap mengalami masalah ini bahkan anak-anak juga mengalami hal yang serupa. 

Untuk melunturkannya, menerapkan pola makan yang sehat wajib Anda terapkan. Selain itu, jangan lupa seimbangkan juga dengan olahraga teratur agar tubuh tetap fit dan sehat.

Beberapa gerakan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengusir lemak di perut adalah: 

1. Sit up

Berbaringlah di atas matras, lalu tekuk lutut dan biarkan kaki menapak di tanah. Letakkan tangan di samping kepala kemudian ambil napas dalam-dalam dan angkat tubuh bagian atas. Hembuskan napas saat Anda mengangkat tubuh, lalu tarik napas kembali saat tubuh kembali turun ke matras.

Baca Selengkapnya: Selain Sit Up, Ini Dia 6 Latihan untuk Membentuk Otot Perut

2. Rolling plank

Ambil posisi di mana siku dan lutut menyentuh lantai. Arahkan pandangan Anda ke depan hingga leher sejajar dengan tulang belakang. Angkat lutut dan hanya bagian jari-jari serta siku saja yang masih menempel di lantai. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Lepaskan salah satu tangan dan kaki sambil membalikkan badan. Jagalah keseimbangan dan lakukan hal yang sama untuk arah yang sebaliknya.

3. Lunge twist

Posisikan kaki kiri di depan, kemudian tekuk kaki kiri sementara kaki kanan dibiarkan tetap lurus. Setelah itu, angkat tangan lurus ke depan dan pastikan posisi tubuh bagian atas sejajar dengan tulang belakang. 

Gerakkan bahu ke kiri dan kanan. Lakukan gerakan yang sama dengan mengganti posisi kaki yang satunya.

4. Navasana

Ambil posisi duduk di lantai sambil menekuk lutut. Letakkan tangan di bawah tekukan kaki, kemudian angkat dada dan dorong bahu ke belakang. 

Tahan perut dan angkat kaki secara perlahan sesuai dengan kemampuan Anda. Lepaskan tangan dari genggaman dan regangkan ke depan. Tahan posisi ini selama 5-15 menit, lalu lepaskan dan ulangi lagi.

5. Swan dive

Ambil posisi menelungkup lurus di lantai kemudian regangkan lengan di atas kepala. Angkat kaki dan bahu ke atas sekitar 10 sentimeter (cm) dari tanah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Tahan napas selama 8 kali hitungan, kemudian buang napas dan pindahkan tangan ke belakang. Pegang ujung kaki Anda menggunakan telapak tangan dengan arah menghadap ke dalam. Tahan selama 8 kali hitungan dan ulangi lagi dari gerakan awal.

6. Jumping jack

Ambil posisi berdiri tegak lurus. Dalam satu gerakan lompat, arahkan kaki ke kanan dan ke kiri hingga terbuka lebar dan angkat tangan ke atas kepala seperti bertepuk tangan. Kembalilah ke posisi semula dan ulangi gerakan tersebut.

7. Supine twist

Berbaringlah sambil kaki terlentang lurus. Tarik lutut sebelah kanan ke dada sembari menarik napas. Tekan lutut tersebut menggunakan tangan kiri secara perlahan, lalu tarik ke sisi kiri sambil membuang napas. 

Regangkan lengan kanan ke samping hingga tubuh bagian pinggang ke bawah menghadap ke kiri dan tubuh bagian pinggang ke atas menghadap kanan.

8. Squat

Ambil posisi tegak dengan kaki selebar pinggul, kemudian turunkan tubuh sejauh yang Anda bisa. Angkat tangan lurus ke depan untuk menjaga keseimbangan. 

Bagian bawah tubuh harus sejajar dengan lantai serta dada harus dibusungkan. Angkat badan ke atas sebentar, lalu turunkan lagi seperti posisi awal.

Baca Selengkapnya: Begini Gerakan Squat yang Benar Agar Terhindar dari Sakit Punggung Bawah

9. Abdominal crunch

Ambil posisi terlentang dengan menekuk lutut dan kaki lurus membentuk sudut 90 derajat. Letakkan tangan Anda di kepala kemudian dorong punggung ke lantai. Angkat bahu sekitar 10 cm dari lantai, lalu tahan sejenak dan perlahan-lahan turunkan kembali.

10. Kettlebell swing

Buka kaki selebar bahu dan pegang kettlebell dengan dua tangan. Ayunkan kettlebell ke belakang melalui sela-sela kaki lalu ayunkan lagi ke depan dada. Jaga posisi tangan agar selalu lurus dan ulangi gerakan tersebut.

Berbagai gerakan sederhana di atas bisa membantu mengurangi timbunan lemak pada perut apabila Anda lakukan secara teratur. Jangan lupa imbangi juga dengan pola makan yang sehat agar badan bisa tetap bugar dan fit selalu.

Baca Juga: Ingin Memiliki Perut Rata? Lakukan 7 Gerakan Plank Ini

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Roy M, et al. (2018). High-intensity interval training in the real world: Outcomes from a 12-month intervention in overweight adults. DOI: (https://journals.lww.com/acsm-msse/fulltext/2018/09000/High_Intensity_Interval_Training_in_the_Real.12.aspx)
Pallister T, et al. (2017). Untangling the relationship between diet and visceral fat mass through blood metabolomics and gut microbiome profiling. DOI: (https://dx.doi.org/10.1038/ijo.2017.70)
Mayo Clinic Staff. (2018). Counting calories: Getting back to weight-loss basics. (https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/calories/art-20048065)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app