Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Patah Tulang Intertrochanteric - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: OCT 16, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 870.791 orang

Patah tulang (fraktur) intertrochanteric adalah salah satu tipe spesifik dari fraktur panggul. "Intertrochanteric" berarti "antara trochanters," yang merupakan tonjolan tulang pada tulang paha (femur). Trochanter adalah titik di mana otot paha dan pinggul menempel.

Ada dua trochanter pada tulang paha: trokanter yang lebih besar dan yang lebih kecil. Fraktur intertrochanteric terjadi di antara trochanter yang lebih besar dan lebih kecil.

Fraktur intertrochanteric sering terjadi. Sekitar 50% dari semua patah tulang pinggul yang disebabkan oleh masalah seperti jatuh adalah fraktur intertrochanteric.

Apa penyebab terjadinya Fraktur Intertrochanteric?

Penyebab paling umum dari fraktur intertrochanteric adalah jatuh atau trauma. Masalah-masalah ini lebih sering terjadi pada orang tua, yang berisiko lebih tinggi untuk jatuh. 

Dalam beberapa kasus, orang yang memiliki tulang yang lemah bisa mengalami patah tulang hanya dengan berjalan atau berdiri. Kecelakaan lalu lintas juga dapat menyebabkan patah tulang pinggul.

Faktor-faktor risiko untuk fraktur intertrochanteric meliputi:

  • perempuan
  • berusia lebih tua dari 60 tahun
  • memiliki riwayat jatuh
  • mengalami osteoporosis
  • memiliki riwayat patah tulang lainnya
  • memiliki kepadatan tulang yang rendah dan massa otot yang rendah
  • mengalami masalah dengan berjalan atau keseimbangan

Gejala Fraktur Intertrochanteric

Gejala paling umum dari fraktur intertrochanteric adalah:

  • nyeri parah di pinggul
  • tidak bisa bergerak atau berdiri setelah jatuh
  • memar dan bengkak di sekitar pinggul
  • kekakuan dan rasa sakit di sisi kaki yang terluka
  • tidak bisa berdiri pada kaki yang mengalami cedera
  • memiliki kaki dalam posisi yang tidak wajar atau mengarah ke sisi yang cedera

Bagaimana cara mencegah terjadinya Fraktur intertrochanteric?

Mencegah terjatuh

Sebagian besar patah tulang pinggul terjadi sebagai akibat dari jatuh, dan sebagian besar jatuh terjadi di rumah. Terjatuh dapat dicegah dengan peningkatan keamanan rumah sederhana, seperti  menyediakan pencahayaan yang cukup, dan memasang pegangan di kamar mandi.

Olahraga

Olahraga ringan dapat memperlambat pengeroposan tulang dan mempertahankan kekuatan otot. Olahraga juga dapat meningkatkan keseimbangan dan koordinasi. Pilihan olahraga yang baik adalah jalan santai, bersepeda dan berenang.

Pertahankan kesehatan tulang Anda seiring bertambahnya usia

Seiring bertambahnya usia, kesehatan tulang kita juga akan menurun. Kita tidak dapat mengubah gen kita, tetapi kita dapat mengontrol tingkat nutrisi dan aktivitas kita, dan jika perlu, minum obat untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

Bagaimana penanganan Fraktur Intertrochanteric yang tepat?

Dokter Anda akan bertanya mengenai riwayat kesehatan Anda dan melakukan pemeriksaan fisik. Kemudian, dokter akan menyarankan Anda untuk menjalani pemeriksaan X-ray atau tes pencitraan lain untuk mendiagnosis fraktur intertrochanteric. Tes yang paling umum untuk mendiagnosis fraktur intertrochanteric meliputi:

  • pemeriksaan fisik dan riwayat medis
  • X-ray
  • MRI
  • scan tulang

Biasanya, rontgen memberikan informasi yang cukup bagi dokter Anda untuk mendiagnosis patah tulang pinggul. Namun, beberapa jenis patah tulang yang sangat halus dan sangat kecil mungkin tidak dapat dievaluasi melalui foto rontgen, sehingga tes pencitraan lain mungkin diperlukan. Dokter Anda akan menentukan tes pencitraan yang tepat untuk kondisi Anda.

Pengobatan Fraktur Intertrochanteric

Fraktur intertrochanteric biasanya menyerang orang tua yang memiliki riwayat osteoporosis atau masalah tulang lainnya. Jenis patah tulang pinggul ini jarang terjadi pada anak-anak atau orang dewasa yang relatif masih muda.

Dokter Anda akan menentukan pilihan perawatan terbaik untuk Anda. Pembedahan adalah perawatan yang paling umum dilakukan untuk mengatasi fraktur intertrochanteric. 

Dalam kebanyakan kasus, pembedahan dianjurkan karena fraktur ini dapat memakan waktu lama untuk sembuh sendiri. Salah satu perawatan bedah yang paling umum untuk fraktur panggul jenis ini adalah Open Reduction Internal Fixation (ORIF). 

ORIF adalah jenis operasi yang menempatkan tulang yang patah pada tempatnya dan memperbaikinya dengan sekrup, plat atau pin.

Namun, pembedahan mungkin tidak menjadi pilihan jika Anda memiliki masalah perdarahan atau tidak dapat mentolerir efek obat bius.

Anda mungkin juga harus minum obat seperti pengencer darah setelah operasi dan saat Anda pulih. Pastikan Anda mengikuti semua instruksi dokter Anda dan minum obat yang diperlukan untuk mempercepat waktu pemulihan Anda.

Waktu pemulihan dapat bervariasi berdasarkan usia Anda dan masalah medis lainnya. Diperlukan waktu tiga bulan atau lebih untuk pulih dari patah tulang pinggul.

Setelah operasi, Anda perlu pergi ke pusat rehabilitasi atau fasilitas perawatan untuk menjalani perawatan lebih lanjut dengan ahli terapi fisik. Dengan menjalani terapi fisik, maka Anda dapat meningkatkan mobilitas dan kekuatan Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit