4 Makanan Penyebab Jerawat Ini Harus Dihindari Demi Kulit Cantik

Dipublish tanggal: Nov 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
4 Makanan Penyebab Jerawat Ini Harus Dihindari Demi Kulit Cantik

Munculnya jerawat di wajah bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena hormon, salah pilih kosmetik, hingga jarang cuci muka. Selain itu, wajah Anda juga bisa berjerawat karena salah makan, lho! Coba ingat-ingat lagi, apakah Anda sering mengonsumsi makanan penyebab jerawat berikut ini?

Pantangan makanan penyebab jerawat

Salah satu masalah wajah yang sering terjadi ialah jerawat. Jerawat adalah kondisi dimana pori-pori kulit mengalami penyumbatan dan menyebabkan timbulnya kantong nanah hingga meradang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Jerawat memang paling sering muncul di bagian wajah, namun bukan berarti di bagian tubuh lain jerawat tidak bisa muncul. Bagian tubuh lain yang bisa timbul jerawat ialah leher, punggung, dan dada.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab jerawat. Mulai dari faktor hormonal, kulit yang tidak dijaga kebersihannya, hingga makanan yang dikonsumsi sehari hari.  

Supaya kulit tetap mulus dan terbebas dari jerawat, ada baiknya hindari berbagai makanan penyebab jerawat berikut ini:

1. Keripik kentang 

Keripik kentang menjadi camilan favorit saat menonton atau berkumpul bersama teman-teman. Namun, dibalik rasanya yang lezat, makanan ini ternyata memiliki dampak buruk bagi kulit, salah satunya ialah memicu timbulnya jerawat.

Hal ini dikarenakan keripik kentang mempunyai indeks glikemik yang cukup tinggi. Makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan kadar insulin dan glukosa dalam tubuh. 

Kadar insulin yang meningkat akan merangsang produksi minyak berlebih. Alhasil, kulit jadi lebih rentan terhadap jerawat dan susah hilang.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

2. Kue dan minuman bersoda

Kue dan minuman bersoda adalah perpaduan makanan dan minuman yang lezat, tapi sayangnya tidak sehat. Pasalnya, kombinasi menu yang seperti ini mengandung glukosa cukup tinggi sehingga dapat menimbulkan jerawat yang lebih banyak. 

3. Makanan olahan susu 

Susu, keju, dan makanan olahannya mengandung kalsium tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Namun sayangnya, manfaat tadi justru bisa berubah menjadi petaka bagi kulit, karena susu dan olahannya termasuk makanan penyebab jerawat bila dikonsumsi berlebihan.

Produk susu dapat membuat kelenjar minyak berkembang lebih cepat. Nah, mengonsumsi produk susu secara berlebihan dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat di wajah. 

Baca Selengkapnya: Apakah Benar Makan Coklat Kebanyakan Bisa Bikin Jerawatan?

4. Makanan berminyak 

Sudah bukan rahasia umum lagi jika makanan berminyak adalah makanan penyebab jerawat yang paling utama. Terlebih apabila minyak yang digunakan untuk menggoreng bukanlah minyak yang bersih alias minyak goreng bekas yang sudah dipakai berkali-kali.

Bila ingin terbebas dari jerawat, perhatikan makanan yang Anda konsumsi, apakah minyak untuk menggoreng makanan tersebut bersih atau tidak. Mengonsumsi gorengan terlalu sering dapat membuat produksi minyak berlebih dan memicu timbulnya jerawat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Ada juga yang bilang bahwa makanan pedas juga termasuk makanan penyebab jerawat. Namun, nyatanya makanan pedas tidak menyebabkan maupun berpengaruh terhadap munculnya jerawat. Makanan dengan kandungan lemak dan garam yang tinggi lah yang lebih berpengaruh terhadap munculnya jerawat. 

Tidak hanya makanan, ada banyak faktor lain yang menjadi penyebab jerawat. Di antaranya ialah mengonsumsi obat-obatan tertentu, mengalami stres, hingga hormon tubuh. Kondisi wajah yang tidak dibersihkan secara rutin juga dapat menimbulkan jerawat di kulit wajah. 

Baca Juga: 7 Penyebab Jerawat di Dahi dan Cara Mengatasinya

Tips mencegah jerawat muncul di wajah

Memiliki jerawat di wajah memang menjadi salah satu hal yang dapat menurunkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, Anda harus menjauhi hal-hal yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Berikut ialah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah jerawat di wajah, antara lain:

1. Menjaga asupan makanan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak makanan penyebab jerawat yang baiknya dihindari. Perhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Daripada makan gorengan yang tak sehat, sebaiknya pilihlah makanan yang baik untuk mengurangi jerawat seperti ikan dan kacang-kacangan.

2. Menjalankan gaya hidup sehat 

Selain memperhatikan asupan makanan, perhatikan pula gaya hidup Anda sehari-hari. Pasalnya, gaya hidup yang sehat dapat mepengaruhi kesehatan organ tubuh kita.

Rajin olahraga dan menghindari kebiasaan begadang dapat membantu mencegah jerawat. Tak hanya itu, Anda juga dianjurkan untuk menghindari stres supaya wajah tak mudah berjerawat.

3. Rutin membersihkan kulit

Tumpukan kotoran, keringat, dan sisa makeup di wajah dapat menumpuk di dalam pori-pori dan memicu jerawat. Apalagi kalau Anda tidak rajin mencuci muka dan membersihkan kulit, maka tak heran jika jerawat terus bermunculan silih berganti.

Baca Juga: Sering Pakai Makeup Bisa Bikin Jerawatan?

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mencuci muka dan membersihkan kulit setiap hari. Terutama setelah Anda beraktivitas di luar rumah dan memakai makeup. Bersihkan wajah Anda hingga benar-benar bersih supaya jerawat tak mudah muncul.

Selain menghindari makanan penyebab jerawat, perbanyaklah minum air putih setiap hari. Hal ini dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dan membuat tubuh Anda lebih segar dan sehat. 

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Veith, Whitney & Silverberg, Nanette. (2011). The Association of Acne Vulgaris With Diet. Cutis; cutaneous medicine for the practitioner. 88. 84-91.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/51642298_The_Association_of_Acne_Vulgaris_With_Diet)
Pappas, Apostolos. (2009). The relationship of diet and acne: A review. Dermato-endocrinology. 1. 262-7. 10.4161/derm.1.5.10192.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/46108260_The_relationship_of_diet_and_acne_A_review)
Cowdell, Fiona. (2013). Acne and diet: a review of the latest evidence. Dermatological Nursing. 12. 28-34.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/304624208_Acne_and_diet_a_review_of_the_latest_evidence)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app