Kenali Pankreatitis Akut dari Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 488.779 orang

Apa itu Penyakit Pankreatitis Akut?

Pankreatitis adalah suatu penyakitgt;radangan yang terletak di organ pankreas. Kebiasaan hidup yang buruk merupakan faktor pemicu utama penyakit ini. Pankreatitis banyak terjadi pada orang dewasa baik pria atau wanita. Kondisi inigt;dapat terjadi tiba-tiba dan gejala yang ditimbulkan dapat hilang timbul selama kurang dari 6 bulan. Kondisi ini disebut dengan pankreatitis akut. Sedangkan pada pankreatitis kronis merupakan penyakit radang pankreas yang gejalanya timbul selama lebih dari 6 bulan.

Anatomi Pankreas

Pankreas terletak pada bagian perut di dalam tubuh manusia tepatnya pada sisi kiri tubuh yang memanjang dari bagian sisi usus kecil meruncing hingga ke sisi kiri atas. Fungsi utama dari pankreas adalah

  1. Fungsi endokrin
    Dalam fungsi endokrin, pankreas bekerja untuk memproduksi hormon penting seperti insulin dan glukagon. Hormon insulin bekerja untuk menjaga stabilitas glukosa di dalam darah.
  2. Fungsi Eksokrin
    Fungsi eksorin pada pankreas berfungsi untuk melepas enzim bagi sistem pencernaan

Penyebab Pankreatitis Akut

Penyakit ini banyak terjadi pada populasi negara berkembang. Tercatat bahwa telah terjadi kasus pankreatitis sekitar 20 orang dari jumlah penduduk sebanyak 100.000. Kondisi ini sangat memprihatinkan terutama pada kebanyakan populasi berjenis kelamin laki-laki dengan usia 35 hingga 65 tahun. Pankreatitis menyebabkan fungsi kerja pankreas sebagai sistem pencernaan, memproduksi hormon, dan fungsi kelenjar endokrin.

Penyebab utama yang ditemukan sebagai akibat dari munculnya penyakit ini adalah akibat faktor minuman beralkohol. Ini disebabkan karena molekul alkohol tercampur dengan sel-sel di pankreas yang rentan akan kadar alkohol. Resiko terjadinya pankreatitis kronik juga disebabkan konsumsi alkohol yang sangat banyak ditambah kebiasaan merokok. Penyebab lain namun kecil kemungkinannya menyebabkan pankreatitis kronik adalah batu empedu yang terjadi pada kebanyakan kaum wanita.

Gejala Pankreatitis akut

Gejala yang ditimbulkan pada beberapa kasus pankreatitis akut sangat cepat. Pankreas akan meradang pada waktu beberapa hari. Resiko inflamasi pada ginjal juga berdampak besar apabila pankreatitis yang sudah lama dan membawa enzim kotor ke peredaran darah dan mengalir menuju organ ginjal. Gejala yang ditemukan antara lain

  1. Nyeri perut
    Nyeri seperti disayat pada perut dan berpotensi dapat menjalar ke punggung belakang. Sakit berkurang saat membungkuk
  2. Tanda kebiruan
    Tanda kebiruan khas ditemukan pada penderita pankreatitis akut. Tanda bercak tersebut disebut Grey Turner sign dan Cullen sign
  1. Bengkak di daerah perut sisi kiri
  2. Mual muntah
  3. Timbul penyakit kuning
  4. Feses berwarna keabuan
  5. Demam
  6. Denyut nadi menurun

Pemeriksaan Penunjang Pada Penyakit Pankreatitis Akut

Pemeriksaan penunjang merupakan komponen penting untuk menentukan diagnosis pada pankreatitis akut. Pemeriksaan laboratorium menjadi pemeriksaan penunjang utama. Pada pemeriksaan penunjang, dokter akan melakukan penilaian yaitu

  1. Hasil darah lengkap
    Pemeriksaan darah lengkap dengan melihat angka leukosit dan CRP. Pada penyakit infeksi, terjadi peningkatan sel darah putih atau leukosit. Selain itu terjadi peningkatan bilirubin, hematokrit, dan kadar glukosa darah. Terdapat pula penurunan albumin dan peningkatan kreatinin sebagai tanda infeksi.
  2. Radiologi
    Pemeriksaan radiologi yang dilakukan adalah dengan bantuan USG dan CT-scan.

Penanganan Pada Pankreatitis Akut

Prinsip terapi pada pankreatitis akut perlu dilihat dari lamanya gejala dan hasil dari pemeriksaan penunjang. Penanganan utama adalah dengan konsumsi obat-obatan antara lain

  1. Terapi suportif
    Terapi suportif berfungsi untuk menurunkan sekresi pankreas. Obat-obatan yang digunakan pada penanganan awal adalah dengan pemberian infus cairan untuk mencegah dehidrasi, pemberian analgetik untuk mengurangi rasa sakit.
  2. Antibiotik
    Penggunaan antibiotik sebenarnya tidak disarankan sebagai terapi utama, kecuali infeksi tersebut telah menjalar ke organ lain seperti kandung kemih, ginjal, dan duktus bilier.
  3. Nutrisi
    Nutrisi sangat penting untuk pemeliharaan pankreas serta menghindari komplikasi yang mungkin saja terjadi. Makanan dapat diberikan melalui mulut bila penyakit ini tidak disertai mual muntah. Pada kondisi yang lebih parah maka perlu alat NGT (Nasogastric Tube) sebagai alat bantu untuk makan.
  4. Tindakan Bedah
    Tindakan pembedahan dapat saja dilakukan apabila penyakit tersebut tidak dapat ditangani oleh obat-obatan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit