Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Olahraga dan Kebugaran

Olahraga Untuk Mengecilkan Paha

Update terakhir: NOV 12, 2019 Tinjau pada NOV 12, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.428.817 orang

Olahraga Untuk Mengecilkan Paha

Olahraga merupakan kewajiban yang harus dilakukan semua orang. Olahraga memiliki manfaat untuk mempertahankan daya tahan tubuh dan membuat tubuh menjadi ideal. Pada beberapa orang, tujuan mereka berolahraga adalah untuk menurunkan lemak berlebih didalam tubuh. 

Beberapa daerah pada tubuh yang memilki timbunan lemak paling banyak yaitu perut, paha, dan bokong Menurunkan berat badan tentu akan mengubah postur tubuh anda dengan membakar lemak, terutama di daerah paha. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Paha yang langsing menjadi idaman para wanita. Dengan bentuk paha yang sempurna maka tubuh kita akan lebih bagus terlebih saat memilih pakaian atau celana yang akan dikenakan. 

Perlu olahraga yang rutin untuk membentuk paha anda. Simak penjelasan mengenai profil tubuh anda olahraga yang tepat untuk mengecilkan paha anda.

Komposisi Tubuh

Tubuh kita terdiri dari 50% air, 40% lemak, dan 10% karbohidrat. Lemak adalah jaringn terbesar dari komposisi tubuh, yang dibagi menjadi lemak esensial dan lemak cadangan. 

Lemak ini akan tertimbun di bagian tulang besar seperti pada tulang paha atau femur. Ukuran paha yang normal disesuaikan dengan tinggi dan berat badan anda. 

Rata-rata orang Indonesia ideal memiliki ukuran paha berkisar antara 17 sampai 20  inci diameter. Selain tinggi dan berat badan, terdapat juga faktor yang dapat mempengaruhi besarnya paha anda. Faktor tersebut diantara lain :

Pola Hidup

Malas berjalan atau melakukan aktivitas cenderung menjadi masalah alasan utama paha anda terlihat besar. Duduk yang terlalu lama akan menyebabkan lemak menumpuk di paha dan bokong.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jenis Kelamin

Kandungan lemak di ekstrimitas bawah lebih banyak pada wanita daripada laki-laki. Lemak pada perempuan akan memenuhi bagian paha, pinggul, dan bokong. Pinggul yang besar pada wanita disinyalir dapat mempermudah jalan lahir pada bayi yang dikandung.

Hormon

Hormon esterogen terutama pada wanita mempengaruhi penimbunan lemak pada paha anda.

Makanan Berlemak

Kandungan lemak dari makanan yang di konsumsi mengandung banyak kalori yang bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh kita. Tetapi konsumsi makanan berlemak yang berlebihan menyebabkan lemak menetap di dalam tubuh apalagi bila tidak diseimbangkan dengan aktivitas dan olahraga yang kurang teratur.

Makanan berkarbohidrat tinggi

Karbohidrat terdapat pada makanan seperti gula, nasi, dan tepung. Makanan tersebut dicerna dengan cepat di dalam tubuh sebagai sumber energi. Konsumsi karbohidarat yang terlalu banyak menyebabkan badan kita terkesan lembek dan besar.

Olahraga untuk Mengecilkan Paha

Paha yang besar sangat membuat anda kurang percaya diri. Tetapi jangan masalah, terdapat cara yang dapat dilakukan untuk mengecilkan paha anda, yaitu dengan olahraga. Apa saja olahraga yang cocok, simak penjelasannya.

Berlari

Berlari merupakan olahraga kardio terbaik untuk membakar kalori di dalam tubuh. Selain untuk mengurangi berat badan, berlari akan melatih jantung anda untuk berdetak dan menjaga sirkulasi peredaran darah menjadi lebih lancar. Berlari akan mengecikan paha anda dengan membakar lemak di dalam paha dan memperlancar metabolisme ke dalam tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Lompat Tali

Lompat tali adalah olahraga yang paling mudah dilakukan untuk mengecilkan paha. Hanya bermodalkan alat lompat tali, anda bisa melakukannya di rumah atau di kamar. Lakukanlah secara teratur sesuai kemampuan anda agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengangkat Beban

Mengecilkan paha tidak hanya dengan kardio, mengangkat beban akan membangun otot-otot paha anda sesuai gerakan yang dilatih. Perlu arahan dari pelatih atau  trainer  agar anda dapat menguasai gerakan yang bermanfaat untuk mengecilkan paha anda.

Makanan yang Tepat

Makanan yang dikonsumsi menjadi sumber kalori yang masuk kedalam tubuh. Keseimbangan nutrisi akan membentuk badan kita. Kalori dibakar melalui aktivitas sehari-hari, berpikir, dan berolahraga. 

Memilih makanan yang tepat menjadi alasan agar asupan nutrisi akan seimbang. Komponen seperti lemak dan protein akan membantu membentuk otot anda, sedangkan karbohidrat menjadi sumber energi pada pembentukan otot dan pembakaran lemak

Lemak yang berlebih tanpa aktivitas dan olahraga yang cukup menyebabkan tertimbunnya lemak berlebihan di paha sehingga membutuhkan tenaga yang ekstra untuk membakarnya.

Teh

Teh berfungsi untuk membakar lemak sekitar 15% tubuh kita. Apalagi ditambah dengan olahraga teratur. Tak perlu dipertanyakan lagi bahwa sesorang yang hobi minum teh memiliki badan yang sehat dan ideal

Pola Tidur yang Baik

Usahakan anda memiliki pola tidur yang baik. Tidur yang terlau larut malam akan meningkatkan hormon leptin dan ghrelin sehingga nafsu makan malah meningkat pada malam hari.

Beberapa olahraga Lain

Beberapa olahraga yang dapat mempengaruhi pembentukan otot paha dan mengurangi lemak di paha yaitu: 

  • Gate swing
  • Ball exercise
  • Chair pose close
  • Side shuffle switch
  • Side Plank lift  

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit