Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Makanan dan Diet Sehat

Agar Salad Lebih Lezat

Update terakhir: SEP 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.464.089 orang

Agar Salad Lebih Lezat

Apa yang ada di dalam benak Anda saat mendengar kata salad? Menu sayuran khusus buat orang diet dan membosankan, ya? Padahal, jika Anda menyantap dan menyajikan dengan cara yang benar seperti yang disarankan oleh Kristin Kirkpatrick, M.S., R.D., L.D, Manajer Wellness Nutrition Services at Cleveland Clinic Wellness Institute, salad akan menjadi makanan yang tidak hanya sehat tapi juga lezat. 

1. Singkirkan dressing rendah lemak 
Anda mungkin berpikir jika Anda memilih dressing versi rendah lemak berarti Anda sudah aman. Padahal, tidak. Banyak produk makanan yang mengklaim "rendah lemak" atau "fat free" mengompensasinya dengan menambahkan gula. Hal ini akan menurunkan total kalori dari produk tersebut (karena satu gram gula mengandung kalori lebih sedikit dari satu  gram lemak) naumn masih memberikan Anda rasa manis. 

Itu semua baik dan bagus dari perspektif pemasaran tetapi pankreas dan hati tidak terlalu menyukai pilihan tersebut. Konsumsi gula (bukan lemak) meningkatkan produksi insulin, hormon penyimpan lemak, membuat Anda lebih berisiko mengalami kenaikan berat badan. Gula juga dapat meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes dan kanker payudara.

Di sisi lain, lemak membuat Anda cepat kenyang, membantu memuaskan nafsu makan Anda dan membantu penyerapan vitamin larut lemak (A, E, D & K), yang lazim ada di dalam sayuran bahan baku salad. Bahkan, protein dan lemak membantu mengontrol dan mengatur kadar insulin dengan mengurangi risiko naik turunnya kadar glukosa dalam aliran darah.

Saat Anda sedang berburu dressing untuk salad, perhatikan label kemasan.  Jika ada gula dalam lima bahan pertama, cari alternatif lain. Atau lebih baik lagi, coba membuat saus sendiri. 


2. Selektif (dan kreatif) dengan minyak zaitun dan cuka
Terintimidasi oleh pikiran harus membuat saus atau dressing sendiri? Jangan. Membuat dressing salad tidak sulit, kok. Peras lemon segar, jeruk nipis atau jeruk manis di atas salad lalu percikkan minyak zaitun extra virgin.

Pilihan lain? Ada! Siapkan dulu  sendok, mangkuk, minyak dan cuka.
Mulailah dengan cuka balsamic. Kemudian, pasangkanan dengan minyak  bawang putih, cabai, herbal dan lemon. Minyak-minyak ini bisa menambah lezat rasa sayuran tanpa tambahan gula seperti sirup jagung fruktosa tinggi, perasa buatan atau pengawet. 


Oya, jangan lupa memeriksa tanggal panen buah zaitun yang ada di label.minyak zaitu pilihan Anda. Pilih yang tanggalnya tidak  melebihi dua tahun dihitung dari Anda membelinya atau lebih bagus lagi, dihitung dari perkiraan Anda akan menghabiskan minyak itu. Jika terlalu lama, bahkan minyak yang sehat pun bisa menjadi tengik.

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit