OBH Itrasal Syrup 100 ml: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Jul 24, 2020 Waktu baca: 3 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • OBH Itrasal Syrup adalah obat yang digunakan untuk mengobati batuk yang terkait dengan pilek, influenza, bronchitis, asma, atau kebanyakan merokok
  • OBH Itrasal Syrup yang merupakan obat batuk hitam ini digunakan lebih spesifik untuk mengobati batuk berdahak, bisa didapatkan tanpa resep dokter
  • Setiap 5 ml syrup OBH Itrasal Syrup mengandung Glycyrrhizae succus 160 mg, Chloretum ammonicum 100 mg, dan Solutio ammonia spirituosa anisata 100 mg
  • Dosis untuk orang dewasa sebanyak 3 kali sehari, 3 sendok teh. Kocok dahulu sebelum diminum
  • Kandungan Ammonium chloride bisa mengiritasi mukosa lambung sehingga dapat menyebabkan mual dan muntah, sehingga lebih baik dikonsumsi setelah makan
  • Klik untuk mendapatkan OBH Itrasal Syrup atau obat batuk lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD

OBH Itrasal Syrup adalah obat yang digunakan untuk mengobati batuk yang terkait dengan pilek, influenza, bronchitis, asma, atau kebanyakan merokok. Obat batuk hitam ini terutama digunakan untuk mengobati batuk berdahak. OBH Itrasal Syrup mengandung Glycyrrhizae Succus, Chloretum Ammonicum, Solutio ammonia dan Sprituosa anisata.Berikut ini adalah informasi lengkap obat OBH Itrasal Syrup yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

Mengenai OBH Itrasal Syrup

Golongan

Bisa didapatkan tanpa resep dokter

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Imboost merupakan suplemen yang digunakan untuk terapi suportif agar daya tahan tubuh meningkat dan memulihkan kondisi setelah sakit. Imboost mengandung Echinaceae dan Zinc Picolinate.

Imboost force tablet 4

Kemasan

Obat ini dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • botol 100 ml syrup

Kandungan

Tiap 5 ml syrup mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Glycyrrhizae succus 160 mg
  • Chloretum ammonicum 100 mg
  • Solutio ammonia spirituosa anisata 100 mg

Sekilas tentang zat aktif OBH Itrasal Syrup

Glycyrrhizae succus adalah sediaan galenik yang diperoleh dari sari akar tanaman Glycyrrhiza glabra varietas glandulifera. Nama lain dari sediaan ini adalah Succus liquiritiae sediaan yang merupakan salah satu komponen obat batuk hitam (OBH), yang berwarna hitam kecoklatan, dan bersifat larut dalam air. Obat ini mempunyai efek ekspektoran.Ammonium chloride adalah senyawa anorganik yang banyak digunakan sebagai agen ekspektoran dalam obat batuk. Efek ekspektoran ini terjadi dengan cara mengiritasi mukosa bronkial yang mempermudah pengeluaran dahak. Namun karena obat ini mengiritasi mukosa lambung, dapat menyebabkan mual dan muntah.

Manfaat OBH Itrasal Syrup

Kegunaan OBH Itrasal Syrup adalah sebagai obat batuk yang terkait dengan gejala influenza seperti pilek dan dahak berlebihan. Selain itu, bisa juga digunakan untuk batuk terkait bronchitis, asthma, dan batuk akibat merokok. Obat ini bekerja sebagai ekspektoran (obat batuk berdahak), mempermudah pengeluaran dahak, dan mengurangi rangsangan pada kerongkongan.

Penyakit/Kondisi terkait

Kontraindikasi

  • jangan menggunakan obat ini untuk pasien yang memiliki riwayat alergi / hipersensitivitas terhadap komponen obat ini.

Efek Samping OBH Itrasal Syrup

Secara umum OBH Itrasal Syrup bisa ditoleransi dengan baik oleh sebagian besar orang, selama diberikan pada dosis yang dianjurkan. Berikut adalah beberapa efek samping OBH Itrasal Syrup yang mungkin terjadi :

  • Munculnya asidosis jika digunakan melampaui batas dosis yang diperlukan secara terus-menerus.
  • Kandungan Ammonium chloride dapat menyebabkan mual dan muntah.

Dosis OBH Itrasal Syrup

OBH Itrasal Syrup diberikan dengan dosis berikut :

  • Anak-anak usia 1-3 tahun : 3 x sehari 1/2 sendok teh.
  • Anak-anak usia di atas 3 tahun : 3 x sehari 1 sendok teh.
  • Dewasa : 3 x sehari 3 sendok teh.
  • Sendok teh=5 mL syrup

Aturan pakai

  • Kocok dahulu sebelum diminum.
  • Obat batuk ini diminum setelah makan.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan selama menggunakan obat OBH Itrasal Syrup adalah sebagai berikut :

  • Pemakaian OBH Itrasal Syrup harus dihentikan jika tanda-tanda awal reaksi alergi seperti ruam, gatal, sakit tenggorokan, demam, arthralgia, jantung berdebar, pucat, atau tanda-tanda lainnya muncul, karena jika terjadi bisa berakibat fatal.
  • Ammonium chloride mengiritasi mukosa lambung sehingga dapat menyebabkan mual dan muntah. Oleh karena itu obat ini sebaiknya dikonsumsi setelah makan.

Ringkasan hal-hal penting terkait obat OBH Itrasal Syrup

  • Buang semua sisa obat OBH Itrasal Syrup yang tidak terpakai saat kedaluwarsa atau bila tidak lagi dibutuhkan. Jangan minum obat ini setelah tanggal kedaluwarsa pada label telah berlalu. Obat yang sudah kedaluwarsa dapat menyebabkan sindrom berbahaya yang mengakibatkan kerusakan pada ginjal.
  • Gunakan obat OBH Itrasal Syrup sesuai dengan aturan. Jangan minum obat ini dalam jumlah yang lebih besar atau lebih kecil atau lebih lama dari yang dianjurkan.
  • Jangan berbagi obat dengan orang lain, meskipun mereka memiliki gejala penyakit yang sama dengan Anda.
  • Simpan obat pada suhu ruangan. Hindarkan dari kelembaban dan panas.

Artikel Terkait

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan obat OBH Itrasal Syrup harus sesuai dengan yang dianjurkan.


8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
R, Rachana & Bhagat, Ayushi. (2018). Bromhexine: A Comprehensive Review. 9. 6455-6459. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/330102631_Bromhexine_A_Comprehensive_Review)
Bromhexine: Indication, Dosage, Side Effect, Precaution. MIMS.com Indonesia. (https://www.mims.com/indonesia/drug/info/bromhexine?mtype=generic)
Bromhexine HCl (Bulk): Uses, Side Effects, Interactions, Pictures, Warnings & Dosing. WebMD. (https://www.webmd.com/drugs/2/drug-7256/bromhexine-hcl-bulk/details)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app