Ammonium Chloride: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.181.747 orang

Ammonium Chloride (ammonium klorida) adalah salah satu jenis obat yang digunakan untuk pengobatan alkalosis metabolik. Senyawa garam yang berbentuk kristal putih dan  mudah larut dalam air ini banyak terkandung dalam beberapa jenis obat batuk

Manfaat utamanya adalah sebagai ekspektoran atau pengencer dahak pada kondisi batuk berdahak.

Ammonium chloride sendiri merupakan reaksi yang dikombinasikan dari produksi asam klorida dan amonia. Berbagai merek dagang memproduksi jenis obat batuk yang memiliki label khusus dalam menyembuhkan batuk berdahak. 

Mekanisme kandungan ammonium Chloride pada obat batuk adalah dengan meningkatkan pengeluaran elektrolit dan air ke luar tubuh. Selama bertindak sebagai ekspektoran, ammonium chloride dapat membantu mengeluarkan dahak melalui batuk sehingga dapat melegakan saluran napas.

Ammonium choride tidak hanya digunakan untuk menyembuhkan batuk berdahak, kandungan ini juga bermanfaat dalam mengatasi alkalosis metabolik. Kondisi ini disebabkan kadar pH yang terganggu sehingga menjadi terlalu basa. 

Ammonia sendiri bekerja meningkatkan kadar hidrogen dan kadar klorida dalam darah sehingga menjadi lebih asam.

Ammonium chloride sangat mudah diserap di dalam tubuh melalui pemberian oral. Peran serta organ ginjal dan hati membantu ekskresi ammonia menjadi urea sehingga dapat melepaskan hidrogen dan ion klorida ke cairan esktrasekular. Maka itu ammonium chloride juga berperan dalam memperbaiki hipokloremia pada seseorang.

Apa Itu Alkalosis Metabolik

Alkalosis metabolik merupakan suatu keadaan dimana terjadi peningkatan kadar bikarbonat yang menimbulkan keadaan yang lebih basa pada darah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Kondisi pada alkalosis metabolik sendiri sering ditemui pada penderita yang mengalami muntah karena pengosongan lambung sehingga menyebabkan hipovolemia (kadar cairan tubuh yang menurun). Kondisi lainnya dapat ditemukan pada penderita hipokalemia dan pemberian obat diuretik.

Gejala yang ditimbulkan pada alkalosis metabolik antara lain:

  • Kebingungan
  • Otot berkedut
  • Kejang otot
  • Mudah tersinggung

Efek samping Ammonium Chloride

Ammonium chloride memiliki beberapa efek samping mulai dari ringan hingga berat. Terkadang beberapa efek samping ringan sering tidak disadari sehingga dinilai sebagai sebuah gejala baru. Berikut beberapa efek samping yang dapat timbul selama penggunaan ammonium chloride

  • Peningkatan denyut jantung
  • Kulit menjadi pucat
  • Berkeringat
  • Tangan gemetaran
  • Denyut nadi yang tidak beraturan
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Sulit bernapas
  • Pembengkakan di bibir
  • Iritasi kulit di area suntikan
  • Hiperventilasi

Ammonium Chloride Pada Ibu Hamil

Hingga saat ini kandungan ammonium chloride bagi ibu hamil atau menyusui masih memiliki kategori C dimana kandungan ini masi perlu pertimbangan khusus selama pemberiannya.

Peringatan Khusus penggunaan obat Ammonium Chloride

Terdapat beberapa peringatan yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi obat yang mengandung ammonium chloride. Beberapa orang memiliki reaksi alergi terhadap kandungn tersebut sehingga perlu dilihat adanya efek samping alergi pada pasien

Untuk membantu dokter dalam menangani beberapa penyakit di atas, sebaiknya berikat informasi tambahan terhadap kondisi kesehatan anda. Berikan informasi pada dokter sebelum menggunakan ammonium chloride apabila

  • Memiliki penyakit asma
  • Mengonsumsi obat batuk lainnya
  • Mengonsumsi produk herbal
  • Memiliki riwayat penyakit ginjal
  • Memiliki ganguan jantung atau irama jantung
  • Memiliki gangguan napas
  • Riwayat keracunan ammonium chloride

Sediaan Ammonium Chloride

Ammonium chloride tersedia dalam dua jenis yaitu dalam bentuk suntikan injeksi dengan dosis 5 mEq/ml dan 1 mg/ml serta kandungan yang telah terkandung di dalam obat batuk berupa sirup atau tablet.

Ammonium chloride bentuk tablet disarankan untuk diminum bersamaan dengan air putih, tidak boleh digigit atau dikunyah. Sedangkan pada obat sirup, obat disarankan dikocok terlebih dahulu.

Interaksi dengan obat lain

Obat ammonium Chloride terbukti memiliki efek interasi terhadap obat spironolactone. Spironolactone merupakan salah satu obat pilihan pada penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi dan penderita serangan jantung. Obat ini sendiri dapat beresiko meningkatkan asidosis

Cara menyimpan Ammonium Chloride 

Cara Menyimpan Ammonium Chloride di dalam kandungan obat batuk tablet telah disimpan di dalam bungkus steril, tetapi obat ini juga tetap disimpan di suhu ruangan dan tempat tertutup serta tidak boleh terpapar cahaya matahari langsung. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp