7 Obat Pelancar Haid Alami untuk Anda yang Sering Telat Datang Bulan

Dipublish tanggal: Agu 20, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Tinjau pada Okt 24, 2019 Waktu baca: 3 menit
7 Obat Pelancar Haid Alami untuk Anda yang Sering Telat Datang Bulan

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda, normalnya sekitar 21-35 hari;
  • Siklus menstruasi Anda bisa dikatakan tidak teratur jika panjang siklusnya berubah-ubah, bisa datang lebih awal maupun lebih lambat;
  • Memiliki siklus haid teratur cukup penting bagi wanita, terlebih bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan. Jika siklus haidnya tidak normal, akan sulit bagi Anda dan pasangan untuk mengetahui kapan waktu subur yang meningkatkan peluang terjadinya pembuahan;
  • Obat pelancar haid juga bisa dibuat dari bahan-bahan alami, di antaranya adalah jahe, kunyit, kayu manis, nanas, pepaya, evening primrose oil, dan minyak castor;
  • Jika tidak membaik, Anda dapat mencoba obat-obatan kimiawi yang tersedia di apotek. Klik untuk membeli obat pelancar haid atau obat hormon lainnya dari rumah Anda melalui HDMall. *Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD;
  • Anda juga bisa memesan paket pemeriksaan hormon, birth control, serta pranikah dan kesuburan melalui HDMall. Gunakan fitur chat untuk berbicara dengan apoteker kami seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda, normalnya sekitar 21-35 hari. Siklus menstruasi Anda bisa dikatakan tidak teratur jika panjang siklusnya berubah-ubah, bisa datang lebih awal maupun lebih lambat. Meski bisa dibilang wajar, hal ini tetap saja membuat wanita jadi harap-harap cemas. Adakah obat pelancar haid alami yang mampu menormalkan kembali siklus haid? 

Obat pelancar haid alami yang patut dicoba

Ada banyak hal yang menjadi penyebab siklus haid tidak teratur. Bisa jadi karena stres, perubahan berat badan secara drastis, pola hidup tak sehat, atau memiliki kondisi medis tertentu seperti PCOS.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Memiliki siklus haid teratur cukup penting bagi wanita, terlebih bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan. Jika siklus haidnya tidak normal, akan sulit bagi Anda dan pasangan untuk mengetahui kapan waktu subur yang meningkatkan peluang terjadinya pembuahan.

Bagi Anda yang sedang tidak merencanakan kehamilan pun, mengembalikan siklus haid jadi teratur juga akan menghilangkan rasa harap-harap cemas yang menghantui. Jangan buru-buru minum obat kimia, sebaiknya coba dulu obat pelancar haid alami berikut ini.

Baca juga: 7 Penyebab Haid Tidak Teratur yang Mungkin Kamu Alami

1. Jahe

Selain untuk menambah cita rasa masakan, jahe juga bisa diandalkan sebagai obat pelancar haid alami. Meski kaitannya belum diketahui secara pasti, jahe tampaknya memiliki manfaat lain yang berhubungan dengan menstruasi.

Berdasarkan sebuah penelitian terhadap 92 wanita dengan perdarahan menstruasi yang berat, suplemen jahe dapat membantu mengurangi jumlah darah yang keluar selama menstruasi. Dalam penelitian terpisah, mengonsumsi 750-2.000 mg bubuk jahe selama 3-4 hari menstruasi terbukti mampu meredakan nyeri haid.

Baca Selengkapnya: 10 Manfaat Jahe yang Diakui Dunia Medis

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

2. Kunyit

Tak hanya jahe, kunyit juga menjadi rempah-rempah yang bisa dimanfaatkan sebagai obat pelancar haid, lho! Kunyit memberikan efek mirip seperti hormon estrogen yang dapat membantu mengembalikan siklus haid kembali normal.

Kunyit juga mengandung kurkumin, senyawa dengan sifat antiradang yang mampu memperbaiki mood. Secara tidak langsung, hal ini juga dapat membantu meringankan gejala PMS yang mengganggu.

3. Kayu manis

Kayu manis dapat membantu mengatur kadar insulin dalam tubuh. Menurut para ahli, hal ini berdampak pada pengaturan hormon dan siklus menstruasi.

Wanita dengan PCOS cenderung memiliki kadar insulin tinggi sehingga menstruasinya tidak teratur. Dengan mengonsumsi kayu manis secara rutin, kadar insulin dapat berangsur-angsur kembali normal dan melancarkan siklus haid Anda.

Kayu manis dapat dikombinasikan dengan seduhan jahe dan kunyit. Kombinasi ketiga bahan tersebut bisa menghangatkan tubuh sekaligus menormalkan siklus menstruasi Anda.

4. Nanas

Selain mengandalkan rempah-rempah, beberapa jenis buah juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat pelancar haid alami. Salah satunya adalah buah nanas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat membantu melunakkan lapisan rahim menjelang menstruasi. Makan nanas juga diketahui dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan sel darah putih sehingga aliran darah jadi lebih deras. Semakin lancar aliran darah dalam tubuh, darah haid yang semula susah keluar lambat laun jadi lebih lancar.

Baca Juga: Adakah Pengaruh Makan Nanas terhadap Aroma Vagina?

5. Pepaya

Anda ingin melancarkan haid dengan makan buah tapi tidak suka nanas? Tenang, buah pepaya bisa menjadi solusinya.

Pepaya mengandung karoten, suatu nutrien yang dapat meningkatkan produksi estrogen. Buah tropis yang kaya vitamin ini juga dapat membantu merangsang kontraksi rahim sehingga siklus haid jadi lebih lancar.

6. Evening primrose oil

Evening primrose oil merupakan minyak dari biji tanaman evening primrose yang diketahui mengandung banyak khasiat. Minyak ini mengandung asam gamma linoleat (GLA), sejenis asam lemak omega-6 yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh.

Evening primore oil sering digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan pada wanita, mulai dari meredakan gejala hot flashes, nyeri payudara, hingga gejala PMS. 

7. Minyak castor

Minyak castor merupakan ekstrak buah jarak yang dikenal memiliki banyak manfaat. Jenis minyak alami ini bahkan sudah lama digolongkan sebagai emmenagogue alias tumbuhan yang mampu merangsang aliran darah ke rahim.

Atas dasar itulah, minyak castor bisa dimanfaatkan sebagai obat pelancar haid alami. Tak hanya mengembalikan siklus menstruasi kembali normal, minyak jarak juga dapat membantu mengatasi kram perut dan gejala PMS lainnya. 

Begini cara menggunakan minyak jarak untuk melancarkan haid:

  • Redam kain flanel ke dalam minyak jarak, lalu peras;
  • Letakkan kain flanel di atas perut;
  • Tutup kain flanel dengan plastik di atasnya;
  • Letakkan bantal pemanas atau botol berisi air panas di atas kain flanel yang tertutup plastik;
  • Biarkan selama 45-60 menit. Lakukan 1 kali sehari selama 3 hari sampai siklus haid Anda kembali teratur.

Karena terbuat dari bahan alami, beberapa orang mungkin akan mengalami efek samping yang berbeda-beda. Jika Anda sudah mencoba berbagai obat pelancar haidalami, tetapi tidak membuahkan hasil, segera konsultasikan ke dokter.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Haid

58 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Zheng X, et al. (2017). Inositol supplement improves clinical pregnancy rate in infertile women undergoing ovulation induction for ICSI or IVF-ET. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5728865/)
Thakur S, et al. (2009). Effect of Carum carvi and Curcuma longa on hormonal and reproductive parameter of female rats. (http://www.arjournals.org/index.php/ijpm/article/view/28)
Tena-Sempere M. (2007). Roles of ghrelin and leptin in the control of reproductive function. DOI: (https://doi.org/10.1159/000108410)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app