Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Candesartan: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 5, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 2.028.737 orang

Candesartan termasuk ke dalam golongan obat keras yang ditandai dengan logo melingkar berwarna merah dengan huruf K ditengahnya. Obat ini hanya dapat digunakan apabila pasien memiliki resep dari dokter. 

Candesartan merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan angiotensin receptor blocker (ARB) atau penghambat reseptor angiotensin II sebagi obat anti hipertensi untuk menurunkan tekanan darah. Candesartan juga bermanfaat untuk terapi gagal jantung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Cara kerja obat Candesartan

Candesartan sebagai golongan angiotensin receptor blocker (ARB) merupakan golongan obat yang dapat memperlebar pembuluh darah dan memiliki efek untuk menurunkan tekanan darah. ARB bekerja dengan cara memblok aktivitas dari angiotensin II. 

Angiotensin II merupakan vasokonstriktor kuat (dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit). Penyempitan pada pembuluh darah dapat menyebabkan jantung memompa darah dengan lebih kuat, sehingga dihasilkan tekanan darah yang tinggi. 

ARB mencegah angiotensin II berikatan dengan reseptornya. Reseptor angiotensin II tipe 1 (AT1) terletak di otot-otot sekitar pembuluh darah, sehingga memungkinkan pembuluh darah membesar, mengurangi tekanan darah, dan memperbaiki gejala gagal jantung. 

Angiotensi II juga memiliki efek terhadap aktivitas simpatetik dimana angiotensin II memiliki efek pada noradrenalin yang berkontribusi terhadap vasokonstriksi dan meningkatkan denyut jantung, sekresi aldosterone dari korteks adrenal, dan penyerapan kembali natrium dan retensi (penahanan) air oleh ginjal

Onset (efek obat bekerja) sekitar 2-3 jam, dengan durasi lebih dari 24 jam. Candesartan diserap di saluran pencernaan dengan bioavailabilitas sekitar 15%. Konsentrasi waktu plasma puncak 3-4 jam. 

Volume distribusi dari candesartan sebanyak 0.13 L/kg dimana ikatan candesartan dengan protein plasma >99%. Candesartan cilexetil dimetabolisme di saluran pencernaan melalui hidrolisis ester menjadi candesartan bentuk atif. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Kemudian, candesartan dieksresikan melalui urin dan empedu sebagai obat yang tidak berubah dan metabolit tidak aktif. Waktu paruh candesartan sekitar 9 jam.

Manfaat dan efek samping Candesartan                          

Candesartan merupakan obat yang dapat digunakan sebagai terapi gagal jantung dan hipertensi.

Candesartan juga memiliki potensi untuk menimbulkan efek samping. Efek samping yang dapat terjadi setelah penggunaan candesartan adalah pusing, sakit kepala, vertigo, sakit punggung, infeksi saluran pernapasan atas, faringitis, rhinitis, hipotensi, hyperkalemia, dan peningkatan kreatinin serum.

Dosis dari Candesartan

Candesartan yang digunakan untuk gagal jantung, dosis awal yang digunakan adalah 4 mg satu kali sehari yang dapat digandakan dengan interval tidak kurang dari 2 minggu. Dosis maksimal yang digunakan adalah 32 mg satu kali sehari.

Candesartan untuk hipertensi digunakan dosis awal 8 mg satu kali sehari yang disesuaikan dengan respon dari pasien. Untuk perawatan, dosis yang digunakan 8 mg satu kali sehari dengan maksmal dosis 32 mg/hari sebagai dosis tunggal atau dalam dua dosis terbagi.

Untuk pasien hipertensi dengan gangguan ginjal, dosis awal yang diberikan adalah 4 mg satu kali sehari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Untuk pasien hipertensi dengan gangguan hati ringan sampai sednag, dosis awal yang diberikan adalah 4 mg satu kali sehari, apabila gangguan hatinya berat maka penggunaan candesartan ini dikontraindikasikan.

Candesartan ini dapat diberikan dengan atau tanpa makanan.

Kontraindikasi

Obat ini dikontraindikasikan pada pasien dengan riwayat angioedema, kerusakan hati atau ketoasidosis berat. Penggunaan bersamaan dengan aliskiren pada pasien dengan DM. 

Kehamilan karena Candesartan termasuk kedalam kategori kehamilan D yang artinya terdapat bukti positif risiko janin pada manusia, oleh karena itu penggunaan candesartan pada ibu hamil perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Interaksi obat Candesartan

Penggunaan bersamaan antara Candesartan dan NSAIDs (Non Steroidal Antiinflammatory Drugs) dapat mengurangi efek anti hipertensi dan dapat mengakibatkan kerusakan fungsi ginjal termasuk kemungkinan gagal ginjal akut. 

Dapat meningkatkan konsentrasi litium serum. Diuretik kuat, suplemen K atau pengganti garam yang mengantung Kalium apabila digunakan bersamaan dengan Candesartan dapat meningkatkan risiko hiperkalemia (peningkatan ion kalium di dalam tubuh).

Perhatian penggunaan obat Candesartan

Pasien dengan volume atau penyusutan ion Natirum, Kerusakan hati kronis, penyempitan katup aorta, penyempitan arteri ginjal. Pasien yang menjalani operasi besar dan anestesi. Pasien dengan gangguan hati dan ginjal. Kehamilan dan Menyusui. 

Penyimpanan obat Candesartan

Candesartan ini dapat disimpan pada suhu 15o-30oC.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp