Obat Bintitan Alami yang Bisa Ditemukan di Rumah

Dipublish tanggal: Sep 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Apr 2, 2020 Waktu baca: 3 menit
Obat Bintitan Alami yang Bisa Ditemukan di Rumah

Seperti yang kita tahu, mengintip memang sering kali dikaitkan sebagai penyebab dari mata bintitan. Padahal sebenarnya, bintitan adalah gangguan yang terjadi pada kulit yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri

Bakteri tersebut kemudian tumbuh di bagian akar rambut yang di bagian bulu mata, hingga munculan bintitan. Ada banyak sekali pilihan obat bintitan alami yang terbukti kasiatnya dan banyak oleh khalayak umum. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Itulah mengapa, Anda tak perlu bingung mencari obat bintitan yang aman, sederhana sekaligus mudah ditemukan di rumah.

Mengobati Mata Bintitan di rumah

Bintitan umumnya merupakan kondisi di mana terdapat benjolan seperti jerawat yang muncul pada bagian kelopak mata. 

Karena menyebabkan rasa nyeri, kemerahan, hingga membengkak, tak heran bila munculnya bintitan amat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Bahkan pada beberapa kasus, bintitan bisa menyebabkan mata mengeluarkan air. Pada umumnya, gangguan pembengkakan karena bintitan ini akan terjadi selama beberapa hari. Setelah itu bintitan akan mengempis dan sembuh.

Meski terlihat seperti menyelesaikan masalah, nyatanya memencet bintitan terlebih dengan menggunakan tangan yang kotor hanya akan menimbulkan masalah lain yang lebih mengganggu. 

Perlu kita tahu bahwa cairan yang keluar saat memencet bintitan akan menimbulkan infeksi di sekitar lokasi bintitan muncul. Hal inilah yang menjadi alasan, hanya petugas medis terlatih atau dokter saja yang boleh memencet bintitan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari teh kantong dan air hangat. Salah satunya menjadi obat alami untuk mengatasi gangguan bintitan pada mata. 

Berikut beberapa langkah mudah menggunakan teh kantong dan air hangat sebagai alternatif obat alami untuk menyembuhkan mata bintitan:

Kompres dengan air hangat

Basuh kain kompresan dengan air hangat dan tempelkan pada area yang terkena bintitan. Lakukan pijat lembut pada lokasi bintitan muncul. 

Anda bisa melakukan ini sekitar 4 kali sehari dan mengompresnya selama 10 menit. Untuk mengompres, pilihlah handuk yang benar-benar bersih agar mencegah kuman masuk ke dalam mata. 

Peras handuk kompresan yang sebelumnya telah direndam ke dalam air hangat hingga airnya tidak lagi menetes. Suhu hangat pada air dapat membantu mengencerkan nanah yang bersarang di dalam bintitan dan mengempiskannya secara alami. 

Kompres teh kantong

Teh kantong merupakan salah satu pilihan obat alami yang amat populer dapat mengempeskan munculnya bintitan di mata. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Kandungan teh hijau memang dikenal secara luas dapat mengurangi pembengkakan dan mengandung bahan antibakteri yang bisa mempercepat proses penyembuhan. 

Cara menggunakan bahan alami ini untuk mengatasi keluhan bintitan terbilang mudah dan sederhana. Pertama Anda perlu menyedunya terlebih dahulu menggunakan air panas di dalam cangkir. 

Setelah itu, angkatlah teh kantong dari cangkir dan diamkan selama beberapa saat. Begitu teh kantong tidak lagi terlalu panas, Anda bisa menempelkannya di area mata yang terkena bintitan. 

Lakukan hal ini selama kurang lebih 5 hingga 10 menit. Bila kedua mata Anda mengalami bintitan, gunakan teh kantong yang berbeda untuk menghindari iritasi.

Bersihkan mata dengan lembut

Cara lain mempercepat proses penyembuhan bintitan adalah dengan rutin membersihkan area mata yang terinfeksi bakteri. 

Gunakan air bersih dan shampo/sabun yang lembut saat membersihkannya. Jangan lupa saat melakukannya tutup mata sehingga tidak menimbulkan iritasi lain pada mata. 

Meski bukanlah penyakit yang serius, munculnya bintitan di kelopak mata tetaplah mengganggu dan membuat aktivitas sehari-hari terasa tidak nyaman. 

Bila teh kantong dan air hangat yang merupakan salah satu alternatif obat alami tidak bisa mengatasi keluhan Anda terkait bintitan, segeralah berkonsultasi pada dokter terdekat. 

Terlebih bila bintitan muncul dan bertahan selama beberapa hari hingga menimbulkan rasa yang semakin nyeri dan ukurannya semakin membesar.

Dokter mungkin akan melakukan penanganan dengan memberikan resep antibiotik untuk mengobati mata bintitan yang terinfeksi akibat bakteri. 

Sedangkan obat pereda nyeri dan antiradang bisa saja diterima saat kondisi Anda memang benar-benar membutuhkan. Selain itu, dokter juga dapat melakukan tindakan pembedahan untuk mengeluarkan cairan nanah yang muncul di dalam mata bintitan.

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app