Ngemil Sehat Untuk Anda Penderita Diabetes

Dipublish tanggal: Jun 28, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Sep 25, 2019 Waktu baca: 3 menit
Ngemil Sehat Untuk Anda Penderita Diabetes

Menjadi penderita diabetes tidak berarti harus menghentikan keinginan Anda untuk makan camilan di sela-sela waktu senggang. Untuk menghindari kadar gula naik, Anda hanya perlu memperhatikan jenis camilan yang sehat dan tepat untuk penderita diabetes.

Jenis camilan sehat untuk penderita Diabetes

Makanan yang Anda konsumsi sebagai camilan sebaiknya mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, lemak dan karbohidrat. Perlu juga Anda perhatikan porsi dan menu makanan yang Anda konsumsi apakah sesuai rekomendasi untuk Anda penderita diabetes. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Untuk mengetahui jenis camilan apa saja yang cocok dan aman untuk penderita diabetes, yuk simak beberapa contoh di bawah ini.

Kombinasikan plain yogurt (tanpa rasa) dengan satu sendok kismis. Jika jenis yogurt yang Anda pilih adalah Greek yogurt ini lebih baik lagi.

Pada Maret 2014 sebuah studi di Yunani mengatakan bahwa kismis yang memiliki rasa manis kaya akan kandungan antioksidan dan juga karbohidrat. Dengan mengonsumsi kismis secara rutin dengan jumlah yang secukupnya dapat memberikan efek pada penurunan tekanan darah yang sangat berguna bagi penderita diabetes yang suka ngemil.

  • Popcorn

Jagung yang mengandung banyak serat juga sangat baik untuk camilan para penderita diabetes. Selain kandungan serat yang tinggi popcorn juga bergizi dan rendah kalori. 

Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa popcorn yang baik untuk dikonsumsi para penderita diabetes adalah popcorn yang dibuat tanpa tambahan mentega.

Memasak popcorn di atas kompor menggunakan minyak zaitun atau kanola tanpa penyedap rasa buatan akan lebih nikmat jika dibandingkan dengan popcorn yang dimasak menggunakan microwave. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Cara masak 

  • Panaskan satu sendok makan minyak zaitun atau kanola di dalam panci.
  • Masukkan jagung kernel ke dalam panci yang sudah berisi minyak panas, kemudian tutup rapat.
  • Goyangkan panci sampai jagung yang ada di dalamnya meletus. Kemudian jika seluruh jagung sudah meletus buka penutup panci.
  • Perlu Anda perhatikan jangan terlalu masak memasak popcorn jika semua sudah matang.
  • Tambahkan sesuai selera 1 sendok the garam, satu sendok makan keju parut parmesan atau seperempat sendok the bubuk garlic (bawang putih).

Kandungan yang ada pada satu cangkir camilan sehat ini antara lain 5,8 gram (2%) karbohidrat, 40 kalori, 0,1 gram gula dan 1,0 gram serat makanan.

  • Apel dan keju

Meskipun buah-buahan bermafaat jika dikonsumsi oleh tubuh kita namun perlu diperhatikan jika para penderita diabetes tidak bisa sembarangan memakan segala jenis buah, karena ada beberapa buah mengandung glukosa tinggi yang dapat berbahaya bagi penderita diabetes. 

Apel dan melon merupakan jenis buah yang baik untuk dikonsumsi karena rendah gula.

Dengan mengonsumsi camilan dari campurkan buah apel dan keju yang mengandung protein dapat memberikan manfaat baik untuk tubuh Anda antara lain sebagai asupan kalsium untuk tulang, menstabilkan gula darah juga merasa kenyang lebih lama. 

Namun perlu diperhatikan, jangan mencampurkan keju terlalu banyak pada buah apel Anda karena kandungan lemak jenuh yang terdapat pada keju akan berakibat buruk bagi tubuh Anda jika dikonsumsi berlebihan.

  • Camilan mengandung kedelai

Kedelai yang mengandung indeks glikemiks rendah yang menyebabkan lebih lambat dicerna oleh tubuh sehingga tidak mudah merasa lapar.  Oleh karena itu mengonsumsi kedelai sebelum makan besar dapat mengontrol nafsu makan Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Apa itu indeks glikemiks? Indeks glikemiks (IG) adalah indikator level makanan yang mengandung karbohidrat. Indeks glikemik memberikan Anda informasi mengenai pengaruh karbohidrat yang kita konsumsi pada peningkatan gula darah. 

Semakin rendah glikemiks maka semakin kecil pula makanan yang Anda konsumsi berperan dalam peningkatan gula darah.

Maka dari itu kedelai bisa menjadi camilan sehat pilihan Anda karena dapat menjaga kadar gula dalam darah Anda, selain itu nafsu makan pun akan lebih terkontrol karena rasa kenyang yang bertahan lebih lama. 

Untuk Anda penderita diabetes sangat disarankan memilih cemilan yang mengandung kedelai sebagai teman penunda lapar.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Snacking when you have diabetes. MedlinePlus. (https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000322.htm)
Easy Healthy Snacks for Diabetes and Weight Loss. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/easy-healthy-snacks-1087589)
Snacks and type 2 diabetes: Protein, high fiber food, fats, and more. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/317094)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app