Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Kesehatan Fisik

Tips Diabetes: Agar Gula Darah Terkontrol

Update terakhir: NOV 18, 2019 Tinjau pada NOV 18, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.051.104 orang

Tips Diabetes: Agar Gula Darah Terkontrol

Gula Darah Terkontrol - Gula darah, atau glukosa darah, adalah produk pemecahan makanan yang dicerna dan ditransfer ke aliran darah yang akan digunakan untuk energi.

Ketika kadar glukosa darah rendah, mungkin anda mengalami gejala hipoglikemia, yang meliputi pusing, kelelahan atau bahkan sampai koma. Jika kadar gula darah yang terus-menerus terlalu tinggi, hal itu mungkin membuat Anda rentan terhadap diabetes, suatu kondisi di mana tubuh memiliki kesulitan mengendalikan kadar gula darah.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Komplikasi diabetes dapat menyebabkan kebutaan, gagal ginjal, penyakit jantung, stroke dan masalah saraf. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kadar gula darah agar tetap terkontrol.

Konsultasikan ke dokter

Menjadwalkan janji dengan dokter untuk menentukan apakah kadar gula darah Anda berada dalam kisaran yang sehat. Kadar gula darah sewaktu antara 80-130 mg/dl. Setelah makan, kadar gula darah Anda tidak boleh lebih dari 180 mg / dl. Kadar profil gula darah Anda dalam 3 bulan terakhir (HbA1C) tidak lebih dari 7. Jika Anda memiliki pembacaan abnormal, membahas pilihan modifikasi gaya hidup dan pengobatan dengan dokter Anda.

Hindari gula kompleks

Hindari gula sederhana, seperti gula dapur, nasi putih, pasta putih, soda dan jus buah, untuk menjaga kadar gula darah ada tetap terkontrol. Gula sederhana yang mudah dicerna dan meningkatkan tingkat gula darah dengan cepat setelah makan, sering menyebabkan kadar gula naik. Sebaliknya, pilihlah karbohidrat kompleks, seperti beras merah, pasta coklat dan biji-bijian. Karbohidrat kompleks yang tinggi serat, yang memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah dan memungkinkan untuk kontrol gula darah yang lebih baik.

Olahraga

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Berolahraga secara teratur untuk mengontrol kadar gula darah. Latihan membutuhkan energi. Olahraga teratur membantu otot menjadi lebih efektif dalam menggunakan gula darah, yang akan membantu menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Selain itu, olahraga membantu dengan penurunan berat badan, yang juga bisa membuat gula darah terkontrol. Olahraga juga dapat meningkatkan kinerja dari insulin (resistensi insulin).

Minum obat diabetes

Minum obat diabetes secara teratur. Dokter memberikan resep obat diabetes untuk membantu agar gula darah terkontrol. Jika Anda berhenti minum obat diabetes, kadar gula darah Anda dapat mencapai tingkat tinggi yang berbahaya, yang dapat mengakibatkan komplikasi serius, termasuk kematian. Buatlah jadwal atau pengingat minum obat. Saat Anda minum obat atau menggunakan insulin untuk mengontrol kadar gula darah pastikan untuk tetap menjaga intake makanan. Karena mengkonsumsi obat gula darah tanpa intake yang cukup dapat mengakibatkan kondisi hipoglikemia.

Jika anda melakukan beberapa cara diatas mudah-mudahan gula darah terkontrol dengan baik dan andapun terhindar dari komplikasi diabetes.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini