4 Tips Diabetes Agar Gula Darah Tetap Terkontrol

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Jun 11, 2021 Tinjau pada Mei 4, 2019 Waktu baca: 3 menit
4 Tips Diabetes Agar Gula Darah Tetap Terkontrol

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Diabetes adalah suatu kondisi di mana tubuh memiliki kesulitan mengendalikan kadar gula darah.
  • Kadar gula darah dapat diketahui dengan menggunakan glukometer atau alat cek gula darah, maupun berkonsultasi langsung ke dokter.
  • Tips diabetes yang paling penting dari segi makanan adalah hindari gula sederhana seperti gula dapur, nasi putih, pasta putih, soda dan jus buah.
  • Olahraga teratur membantu otot menjadi lebih efektif dalam menggunakan gula darah sekaligus meningkatkan kinerja dari insulin.
  • Sembari rutin minum obat atau menggunakan insulin, seimbangkan juga dengan makan makanan yang sehat dan bergizi agar tidak mengalami hipoglikemia.
  • Klik untuk mendapatkan obat diabetes ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.
  • Dapatkan paket pemeriksaan gula darah (diabetes) dengan promo menarik dan dokter berpengalaman melalui HDmall.
  • Gunakan fitur chat untuk berkonsultasi dengan apoteker kami secara gratis seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Bagi penderita diabetes, membatasi asupan makanan manis setiap hari menjadi hal yang penting. Ini bertujuan supaya kadar gula darahnya tetap terkendali. Sebab jika tidak, gula darah yang terus dibiarkan meningkat bisa memicu komplikasi diabetes. Nah, supaya itu tidak terjadi, baiknya ikuti tips diabetes berikut agar gula darah Anda tetap terkontrol.

Sekilas tentang diabetes

Gula darah, atau yang juga disebut dengan glukosa darah, adalah produk pemecahan makanan yang dicerna dan ditransfer ke aliran darah. Gula darah inilah yang secara alami akan digunakan sebagai energi.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Pemeriksaan Gula Darah (Diabetes) via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket gula darah (diabetes) hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia h02 gula darah %28diabetes%29

Ketika kadar glukosa darah rendah, Anda dapat mengalami gejala hipoglikemia yang umumnya ditandai dengan pusing, kelelahan, atau bahkan sampai koma. Sebaliknya, jika kadar gula darah malah meningkat dan terjadi secara terus-menerus, Anda rentan terkena diabetes.

Diabetes adalah suatu kondisi di mana tubuh memiliki kesulitan mengendalikan kadar gula darah. Bila dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, hal ini dapat memicu komplikasi diabetes yang menyebabkan kebutaan, gagal ginjal, penyakit jantung, hingga stroke dan masalah saraf. 

Tips diabetes untuk mengendalikan gula darah

Jangan biarkan gula darah tinggi memicu komplikasi diabetes. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar gula darah tetap stabil. Ikuti tips diabetes berikut ini:

1. Konsultasikan ke dokter

Sebetulnya, Anda dapat mengetahui kadar gula darah dengan mengukurnya sendiri di rumah. Caranya dengan menggunakan glukometer atau alat cek gula darah yang bisa Anda beli sendiri di apotek maupun toko kesehatan. Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah kadar gula darah Anda berada dalam kisaran normal atau tidak. 

Kadar gula darah sewaktu yang tergolong normal berkisar antara 80-130 mg/dl. Setelah makan, kadar gula darah Anda tidak boleh lebih dari 180 mg/dl. Sedangkan profil gula darah dalam 3 bulan terakhir (HbA1C) yang normal tidak lebih dari 7.

Baca selengkapnya: Pengertian HBA1C, Pemeriksaan dan Nilai Normal

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Lantas, bagaimana jika kadar gula darah ternyata di atas normal? Dokter biasanya akan menyarankan Anda untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat seperti membatasi asupan makanan manis. Dokter mungkin juga akan meresepkan obat diabetes atau suntik insulin sesuai kebutuhan pasien.

2. Hindari gula sederhana

Tips diabetes yang tak kalah penting dari segi makanan adalah hindari gula sederhana. Contohnya gula dapur, nasi putih, pasta putih, soda, dan jus buah. Gula sederhana yang terkandung dalam makanan cenderung mudah dicerna sehingga bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat setelah makan. 

Agar gula darah tetap terkontrol, sebaiknya pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti beras merah, pasta, cokelat, dan biji-bijian. Karbohidrat kompleks mengandung tinggi serat yang akan memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah. Dengan begitu, kadar gula darah akan lebih mudah dikendalikan di dalam tubuh. 

Baca selengkapnya: Jenis Makanan Penurun Gula Darah untuk Penderita Diabetes

3. Olahraga

Latihan atau olahraga pastinya membutuhkan energi untuk melakukan setiap gerakannya. Selain membuat tubuh lebih bugar, aktivitas fisik ternyata juga bisa membantu mengendalikan gula darah, lho!

Olahraga teratur membantu otot menjadi lebih efektif dalam menggunakan gula darah. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan kinerja dari insulin yang sangat baik bagi penderita diabetes.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

4. Minum obat diabetes

Tips diabetes yang satu ini tidak boleh terlewatkan, apalagi kalau Anda sudah diresepkan obat diabetes dari dokter. Obat diabetes harus diminum sesuai dosis dan aturan penggunaannya. 

Jika Anda berhenti minum obat diabetes, kadar gula darah Anda bisa meningkat lagi. Lebih parahnya lagi, gula darah yang tidak terkontrol dapat memicu komplikasi serius bahkan fatalnya menyebabkan kematian.

Bila Anda sering lupa jadwal minum obat, sebaiknya pasang alarm atau pengingat. Sembari rutin minum obat atau menggunakan insulin, seimbangkan juga dengan makan makanan yang sehat dan bergizi. Minum obat diabetes tanpa pengaturan pola makan bisa membuat gula darah Anda menurun drastis dan memicu hipoglikemia.

Baca juga: Agar Cepat Kering Tanpa Amputasi, Obati Luka Diabetes dengan Cara Ini

Nah, tips diabetes di atas bisa Anda terapkan di rumah supaya kadar gula darah tetap terkendali. Jika muncul gejala diabetes yang tak kunjung membaik, jangan tunda lagi untuk periksa ke dokter. Dokter akan meresepkan obat diabetes atau obat-obatan lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
12 ways to lower high blood sugar. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320738.php)
15 Easy Ways to Lower Blood Sugar Levels Naturally. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/15-ways-to-lower-blood-sugar)
Diabetes Diet: 7 Foods That Help Lower & Control Blood Sugar. WebMD. (https://www.webmd.com/diabetes/diabetic-diet-6-foods-control-blood-sugar)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app