5 Menu Lebaran Sehat dan Aman untuk Penderita Maag

Dipublish tanggal: Mei 27, 2019 Update terakhir: Apr 7, 2021 Tinjau pada Jun 20, 2019 Waktu baca: 4 menit
5 Menu Lebaran Sehat dan Aman untuk Penderita Maag

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Sajian khas Lebaran identik dengan makanan bersantan dan berlemak tinggi. Hal ini harus diwaspadai oleh penderita maag.
  • Penderita maag harus menghindari santan kental karena lebih sulit dicerna dan merangsang gejala maag kambuh.
  • Pilihlah makanan dengan tekstur lunak supaya lebih mudah dicerna oleh lambung. Misalnya makanan yang direbus, dikukus, dipanggang, atau ditumis.
  • Contoh menu Lebaran untuk penderita maag antara lain semur daging, sup wortel bening, ikan panggang bumbu tomat, tumis kangkung tempe, dan rolade tahu.
  • Klik untuk mendapatkan obat lambung dan saluran pencernaan lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Banyak orang yang tidak hanya menunggu momen silaturahmi di hari raya Idul Fitri saja, tapi juga menanti-nantikan momen makan enak saat Lebaran. Namun sayangnya, acara ini bisa berubah menjadi momen was-was bagi para penderita maag.

Ya, orang yang punya maag tentu harus menjaga pola makannya dengan baik supaya asam lambungnya tetap terkendali. Namun, apa benar penderita maag tidak boleh makan makanan bersantan? Lantas, menu Lebaran apa saja yang aman bagi penderita maag? Cari tahu jawabannya pada ulasan berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Bolehkah penderita maag mengonsumsi makanan bersantan saat Lebaran?

Opor ayam, semur ayam, lontong sayur, rendang, dan sambal goreng ati adalah beberapa menu makanan yang hampir selalu ada di setiap rumah saat Lebaran. Dilihat dari bahan bakunya, makanan Lebaran tersebut memang identik dengan makanan bersantan dan berlemak tinggi.

Baca selengkapnya: Makanan Lebaran, Sebetulnya Sehat Atau Tidak, Ya?

Orang sehat saja harus membatasi asupan lemak dan santan supaya tubuhnya tetap fit dan prima. Apalagi jika Anda memiliki gangguan kesehatan tertentu, salah satunya maag.

Menurut Direktorat Bina Gizi Kementerian Kesehatan RI, penderita maag boleh mengonsumsi santan cair tapi harus menghindari santan kental. Padahal, makanan khas Lebaran biasanya diolah menggunakan santal kental. Ini artinya, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bersantan saat Lebaran terutama dalam jumlah banyak. 

Makanan bersantan dan berlemak cenderung lebih sulit dicerna, sehingga sistem pencernaan Anda harus bekerja lebih esktra dari biasanya. Hal ini dapat merangsang produksi asam lambung lebih banyak dan membuat gejala maag Anda kambuh.

Berbagai menu Lebaran sehat untuk penderita maag

Siapa bilang kalau penderita maag tidak bisa makan enak saat Lebaran? Tentu saja bisa, kok! Namun memang, Anda tidak bisa bebas menyantap makanan Lebaran yang mengandung santan atau berlemak tinggi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Kuncinya adalah pilihlah makanan dengan tekstur lunak supaya lebih mudah dicerna oleh lambung. Misalnya makanan yang direbus, dikukus, dipanggang, atau ditumis. Hindari makanan asam, pedas, keras, terlalu panas atau dingin, hingga makanan bersantan dan berlemak tinggi karena dapat merangsang lambung.

Supaya tidak bingung, berikut pilihan menu Lebaran sehat dan aman untuk penderita maag, yaitu:

1. Semur daging

Semur daging adalah salah satu menu makanan yang paling sering disajikan saat Lebaran. Kabar baiknya, semur daging juga boleh dikonsumsi oleh penderita maag, lho!

Anda bisa menggunakan daging ayam maupun daging sapi, sesuai selera. Keduanya sama-sama mengandung protein yang aman bagi penderita maag. Pilihlah daging ayam tanpa kulit atau daging sapi tanpa lemak, supaya lebih mudah dicerna dan tidak memberatkan kerja lambung.

Selain itu, hindari juga penggunaan merica dalam semur daging yang Anda buat. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir gejala maag akan kambuh di hari raya.

2. Sup wortel bening

Menu Lebaran tidak mutlak harus makanan bersantan maupun berlemak tinggi, kok! Anda bisa membuat sop wortel bening sebagai salah satu menu Lebaran sehat untuk penderita maag.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Wortel tidak mengandung gas sehingga aman untuk asam lambung Anda. Selain itu, wortel juga menyimpan kaya vitamin, mineral, dan sehat yang dapat melancarkan pencernaan. Semakin sehat sistem pencernaan Anda, maka tubuh akan lebih mudah mengatur asam lambung dan mencegahnya naik (refluks) ke kerongkongan.

3. Ikan panggang bumbu tomat

Ikan tidak hanya menjadi sumber protein yang baik, tapi juga mengandung rendah lemak sehingga aman bagi penderita maag. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, makanan rendah lemak akan lebih mudah dicerna oleh lambung. Terlebih lagi, protein rendah lemak juga dapat membantu mengurangi peradangan pada lambung akibat gastritis.

Sebelum membuat menu Lebaran berbahan dasar ikan, pilihlah ikan tuna, salmon, atau sarden. Berbagai jenis ikan tersebut mengandung kaya omega-3 yang bersifat antiradang, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita maag.

Baca juga: 17 Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan yang Terbukti Ilmiah

Supaya lebih sehat lagi, olah ikan favorit Anda dengan cara dipanggang menggunakan minyak zaitun. Anda bisa membuat ikan panggang bumbu tomat atau bumbu kuning sebagai menu Lebaran sehat kali ini.

4. Tumis kangkung tempe

Sedang mencari menu Lebaran yang praktis tapi aman untuk penderita maag? Coba buat tumis kangkung tempe untuk sajian hari raya Idul Fitri kali ini.

Kangkung termasuk salah satu jenis sayuran yang tidak mengandung gas, sehingga tidak akan memicu asam lambung naik. Kangkung juga mengandung rendah kalori dan tinggi serat, sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan Anda.

Selain membuat tumis kangkung polos, Anda dapat menambahkan sumber protein nabati seperti tempe atau tahu, supaya asupan seratnya semakin banyak. Hindari menambahkan terlalu banyak cabai agar tidak merangsang asam lambung naik.

5. Rolade tahu

Biasanya, rolade dibuat dengan tambahan daging sapi atau daging ayam. Nah, supaya menu Lebaran kali ini jadi lebih sehat dan aman, Anda bisa menggantinya dengan tahu.

Tahu merupakan sumber protein nabati terbaik dan mengandung lebih banyak serat daripada protein hewani. Semakin banyak asupan serat yang masuk, makanan akan lebih mudah dicerna sehingga tubuh tidak perlu memproduksi terlalu banyak zat asam dalam lambung.

Anda bisa memasak rolade tahu dengan 2 cara, yaitu digoreng atau dikukus. Bila Anda terbiasa membuatnya rolade goreng, gunakan minyak zaitun supaya lebih sehat. Tambahkan dengan bahan lainnya seperti wortel, bayam, atau daun bawang supaya nutrisinya semakin banyak dan menggugah selera.

Nah mulai sekarang, Anda tak perlu khawatir lagi saat ingin menyantap menu Lebaran karena punya maag. Kuncinya adalah pilih bahan yang aman, masak dengan benar, dan sajikan dengan baik supaya rasa dan tampilannya tak kalah menarik untuk dicicipi.

Baca selengkapnya: 13 Obat Maag di Apotik yang Paling Umum dan Ampuh

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Sarkar A, et al. (2016). Curcumin as a potential therapeutic candidate for Helicobacter pylori associated diseases. DOI: (http://doi.org/10.3748/wjg.v22.i9.2736)
Peptic ulcer disease. (2012). (http://patients.gi.org/topics/peptic-ulcer-disease/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app