HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Kesehatan Fisik

Maag Banyak Diderita Orang Kantoran

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 1 menit
Maag Banyak Diderita Orang Kantoran

Tuntutan pekerjaan dan kecepatan perputaran waktu seringkali membuat para pekerja kantoran justru melalaikan kewajibannya untuk memberi asupan pada perut. Telat makan dan seringnya menikmati makanan cepat saji (junk food)  dapat menjadi penyebab terciptanya "sakit maag".

Penyakit perut yang satu ini kini dikaitkan dengan gaya hidup yang semakin berkembang, terutama warga perkotaan. Mengkonsumsi minuman beralkohol, rokok dan kopi adalah salah satu bentuk tren gaya hidup yang justru mampu menciptakan gangguan maag pada tubuh. Pemilihan makanan yang tidak sehat, tidak bervariasi, rendah nutrisi, dan tinggi kandungan lemak disertai stres akibat pekerjaan juga dapat menjadi penyebab timbulnya gangguan maag.

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Berfungsi melindungi sistem pencernaan & memperbaiki fungsi normal saluran pencernaan saat diare, konstipasi, dan penggunaan antibiotika jangka panjang pada bayi, anak-anak ataupun dewasa. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Dunia kedokteran mengenal maag sebagai sindrom rasa sakit atau tidak nyaman yang terjadi pada daerah ulu hati, saluran cerna bagian atas dan organ sekitar. Gejala yang biasanya terjadi antara lain mual, kembung, cepat kenyang, kurang nafsu makan, bahkan berujung muntah dan diare.

Terdapat dua jenis maag, yakni maag fungsional dan maag organik. Maag fungsional merupakan penyakit maag yang setelah dideteksi ternyata tidak mengalami gangguan anatomis pada saluran pencernaan. Sedangkan maag organik merupakan penyakit maag yang terdapat gangguan anatomis berupa luka pada saluran pencernaan.

Untuk penderita sakit maag organik, tetap membutuhkan obat anti asam untuk membantu menekan produksi asam lambung selama 12-14 jam. Namun, obat ini hanya bisa didapat dengan resep dokter. Obat maag yang dijual bebas hanyalah obat antasida yang sifatnya menetralkan asam lambung selama sekitar 6 jam.                                                                                   

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
GERD (Acid Reflux): Symptoms, Causes, Treatment, Diet & More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/gerd)
GERD: Symptoms, causes, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/14085.php)
GERD: Symptoms, Causes, Treatments, Remedies for Relief. WebMD. (https://www.webmd.com/heartburn-gerd/guide/reflux-disease-gerd-1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app