Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Makanan dan Diet Sehat

5 Menu Buka Puasa Sehat untuk Penderita Maag

Update terakhir: Jul 25, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 929.127 orang

5 Menu Buka Puasa Sehat untuk Penderita Maag

Puasa Ramadhan tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang punya sakit maag atau penyakit asam lambung. Pasalnya, tubuh Anda harus kuat menahan diri dari asupan makanan maupun minuman selama berjam-jam. Terlebih lagi, ada banyak pantangan makanan yang harus dipatuhi supaya tubuh Anda tetap fit selama berpuasa. Bingung harus menyiapkan menu buka puasa untuk penderita maag yang aman dan sehat? Coba intip daftarnya berikut ini.

Berbagai pilihan menu buka puasa yang aman untuk penderita maag

Pada dasarnya, penderita maag boleh saja berpuasa. Bila Anda berpikir bahwa puasa dapat memperparah gejala maag, maka Anda salah besar.

Puasa Ramadhan justru bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dari berbagai penyakit, tak terkecuali dari sakit maag. Dengan sistem kekebalan tubuh yang baik, tubuh Anda tentu saja akan semakin sehat dan prima saat puasa Ramadhan.

Namun yang terpenting, Anda tetap harus memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur dan puasa. Saat menyiapkan menu buka puasa untuk penderita maag, buatlah makanan yang teksturnya lunak supaya lebih mudah dicerna oleh lambung. Misalnya makanan yang direbus, dikukus, dipanggang, atau ditumis.

Berikut beragam menu buka puasa yang sehat dan aman untuk penderita maag, di antaranya:

1. Kurma

Kurma adalah salah satu menu buka puasa yang paling sering diandalkan di bulan Ramadhan. Bagi Anda yang punya sakit maag, Anda juga boleh berbuka puasa dengan kurma, lho!

Setiap 100 gram kurma mengandung 7,5 gram serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, kurma juga dinilai dapat membantu menjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh. Hanya dengan makan kurma saja, tubuh akan lebih mampu mengendalikan asam lambung sehingga gejala maag tidak mudah kambuh saat puasa Ramadhan.

Namun, ini bukan berarti Anda bisa makan banyak buah kurma dalam sehari. Hati-hati, terlalu banyak asupan serat dalam kurma dapat memicu komplikasi pencernaan.

Cukup siapkan 3 buah kurma sebagai menu buka puasa Anda hari ini. Secara bertahap, gejala maag yang dirasakan akan berkurang dan ibadah puasa Ramadhan Anda tetap berjalan lancar.

Baca Selengkapnya: 22 Manfaat Buah kurma Bagi Kesehatan, Terbukti Ilmiah!

2. Nasi tim

Selain mudah dibuat, nasi tim memiliki tekstur yang lunak dan lembut sehingga mudah dicerna. Hal ini dapat membantu meringankan kerja lambung, sehingga asam lambung Anda pun tidak mudah naik saat puasa Ramadhan.

Anda bisa mengkreasikan menu nasi tim dengan berbagai tambahan makanan, seperti tahu atau tempe bacem, ayam panggang, telur, dan sebagainya. Dengan memilih menu buka puasa yang tepat, aktivitas Anda di bulan Ramadhan dijamin tidak akan terganggu dengan penyakit asam lambung.

3. Sayur bayam bening

Sayur bayam bening bisa menjadi salah satu menu buka puasa yang aman bagi penderita maag. Pasalnya, bayam tidak mengandung gas sehingga aman untuk asam lambung Anda.

Selain kaya vitamin dan mineral, sayur bayam juga mengandung tinggi serat yang dapat melancarkan pencernaan. Bila sistem pencernaan lancar, maka tubuh akan lebih mudah mengendalikan asam lambung supaya tidak kembali naik (refluks) ke kerongkongan.

Bayam juga mengandung selenium dan zinc yang baik untuk kesehatan lambung. Selenium diketahui dapat melindungi kerongkongan dari efek asam lambung, sementara zinc mampu menghambat sekresi asam lambung. Kombinasi dua jenis mineral tersebut tentu membuat bayam semakin baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Sebetulnya, sayur bayam bisa diolah ke dalam berbagai jenis masakan seperti sayur bayam bening, lodeh bayam, dan sebagainya. Namun supaya lebih praktis, aman, dan mudah dicerna oleh penderita maag, sajikan menu sayur bayam bening sebagai menu buka puasa Anda hari ini. Tambahkan irisan wortel dan jagung manis supaya menu buka puasa Anda terasa semakin lezat.

Baca Juga: 4 Pilihan Menu Buka Puasa Sehat untuk Penderita Darah Rendah

4. Ikan panggang

Ikan tidak hanya menjadi sumber protein yang baik, tapi juga mengandung rendah lemak yang aman bagi penderita maag. Kandungan protein tanpa lemak dapat membantu mengurangi peradangan pada lambung akibat gastritis.

Dari sekian banyak jenis ikan yang ada, pilihlah ikan tuna, salmon, atau sarden. Jenis ikan tersebut mengandung kaya omega-3 yang bersifat antiradang, sehingga bermanfaat dan aman untuk penyakit asam lambung.

Sebaiknya olah ikan favorit Anda dengan cara dipanggang. Agar menu buka puasa Anda semakin sehat dan lezat, panggang ikan dengan minyak zaitun untuk menambahkan kandungan lemak sehat dalam tubuh.

5. Kentang panggang

Kentang termasuk sumber karbohidrat yang baik untuk penderita maag. Jenis sayuran ini mengandung zat alkali yang dapat membantu menetralkan asam lambung, sehingga gejala maag dapat diminimalisir dengan baik.

Hindari menyajikan kentang goreng sebagai camilan atau menu buka puasa. Kandungan minyak dan lemak dari kentang goreng dapat meningkatkan peradangan pada lambung, sehingga memperparah gejala maag.

Supaya lebih aman dan sehat, olah kentang dengan cara dipanggang atau ditumbuk menjadi mashed potato. Kentang panggang tidak memicu mulas, sehingga aman bagi Anda yang memiliki penyakit asam lambung. Bila gejala maag dapat dikendalikan dengan baik, maka aktivitas Anda selama berpuasa Ramadhan akan tetap lancar dan sehat.

Baca Selengkapnya: 10 Jenis Minuman Buka Puasa yang Sehat Nan Menyegarkan

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit