6 Tips Jitu Menjaga Kesehatan di Tengah Musim Kemarau

Dipublish tanggal: Agu 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
6 Tips Jitu Menjaga Kesehatan di Tengah Musim Kemarau

Saat musim kemarau, Anda tentu bisa beraktivitas di luar rumah dengan bebas. Mulai dari berenang, naik gunung, hingga berlibur ke pantai bersama keluarga. Namun sayangnya, musim kemarau yang panas dan kering rentan memicu berbagai penyakit dalam tubuh. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan saat musim kemarau? Ikuti tips dan trik berikut ini, yuk!

Tips menjaga kesehatan saat musim kemarau 

1. Banyak minum air putih

Cuaca panas dan kering saat kemarau tentu membuat tubuh kita gampang berkeringat. Semakin banyak keringat yang keluar, cairan di dalam tubuh akan semakin berkurang dan membuat Anda rentan dehidrasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan banyak cairan melebihi kebutuhan yang seharusnya. Tanpa asupan cairan yang cukup, fungsi dan kerja organ-organ tubuh jadi tidak maksimal sehingga mengganggu aktivitas. 

Agar tidak dehidrasi saat musim kemarau, perbanyaklah minum air putih minimal 8 gelas sehari. Hal ini dapat membantu menggantikan cairan yang hilang melalui keringat maupun urine, sehingga tubuh tetap fit dan bertenaga selama musim kemarau.

Saat tubuh kehilangan cairan, secara bersamaan juga akan kehilangan elektrolit. Elektrolit adalah mineral yang terdapat dalam darah dan cairan tubuh yang memengaruhi kerja otot serta saraf.

Nah selain minum air putih, Anda juga dapat mengonsumsi minuman olahraga yang kaya elektrolit. Bisa juga dengan memperbanyak makan daging, sayuran, dan buah-buahan untuk mengembalikan jumlah elektrolit yang terbilas dari tubuh.

Selain itu, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makanan kaya asam lemak omega-3 dan omega-6 terbukti mampu menghidrasi kulit. Makanan dengan kandungan omega-3 (misalnya ikan dan minyak biji rami) dan omega-6 (contohnya pada suplemen minyak evening primerose) dapat membantu mengembalikan minyak alami kulit. Dengan makanan tersebut, masalah kulit kering dapat dihindari meskipun cuara di luar sedang panas-panasnya.

Hindari minuman berkafein seperti teh, kopi, atau minuman bersoda. Bukannya menyegarkan, jenis minuman tersebut bersifat diuretik yang lebih cepat terbuang melalui urine.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Baca Selengkapnya: Benarkah Minum Air Putih 8 Gelas Sehari Sudah Cukup?

2. Makan makanan bergizi seimbang

Supaya tubuh tetap sehat dan fit selama musim kemarau, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Terutama jenis sayur dan buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, stroberi, atau mentimun yang dapat membantu mencegah dehidrasi.

Batasi konsumsi makanan cepat saji dan gorengan. Apalagi yang dijual di pinggir jalan, makanan tersebut rentan terpapar debu dan lalat yang dapat memicu penyakit.

3. Pakai baju berbahan katun

Saat cuaca panas, Anda perlu memilah-milih pakaian agar tidak kegerahan. Selain menghindari baju yang terlalu tebal, pilihlah bahan yang nyaman seperti katun. Katun dapat menyerap keringat dengan baik sehingga dapat membuat tubuh lebih sejuk dan dingin. 

4. Olahraga rutin 

Musim kemarau semestinya bukan jadi penghalang bagi Anda untuk tetap berolahraga. Olahraga teratur dapat menjaga daya tahan tubuh Anda tetap prima, sehingga penyakit tidak mudah menyerang.

Tak perlu memaksakan diri untuk melakukan olahraga intensitas berat. Sesuaikan dengan kondisi kesehatan dan kemampuan diri Anda sendiri. Yang terpenting adalah lakukan secara konsisten dan rutin.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda coba, seperti jogging, berenang, bersepeda, atau sekadar bersih-bersih rumah seperti menyapu, mengepel, hingga berkebun.

Bagi Anda yang berencana untuk jogging di luar rumah, pilihlah taman atau tempat yang dikelilingi oleh pohon rindang. Dengan demikian, Anda tetap dapat menghirup udara yang lebih bersih sembari berolahraga.

Baca Juga: 7 Olahraga Penurun Stres yang Wajib Anda Coba

5. Istirahat cukup

Kebanyakan orang memilih untuk tetap berada di dalam rumah, saking panasnya cuaca di luar. Nah, inilah waktunya bagi Anda untuk mengistirahatkan tubuh sejenak dari padatnya aktivitas.

Rata-rata durasi tidur pada orang dewasa adalah 8 jam sehari. Dengan tidur cukup, tubuh dapat memperbaiki sel-sel yang rusak secara optimal. Alhasil, sistem imun tubuh akan terbentuk dengan sempurna dan badan pun tetap fit selama musim kemarau.

6. Jaga kebersihan diri dan bahan makanan

Cara paling mudah untuk menjaga kesehatan tubuh saat musim kemarau adalah dengan cuci tangan. Ya, cuci tangan merupakan salah satu metode paling penting untuk mencegah kuman atau bakteri masuk ke dalam tubuh. 

Tangan merupakan tempat favorit bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak. Ditambah lagi dengan terjadinya musim kemarau yang penuh debu dan kuman bakteri, risiko terjadinya penyakit tentu akan semakin besar.

Nah, rajin mencuci tangan bisa menjadi solusi yang tepat. Setelah beraktivitas di luar ruangan, segera cuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Gosok seluruh bagian tangan hingga ke sela-selanya agar terbebas dari kuman penyebab penyakit.

Baca Selengkapnya: Malas Cuci Tangan Dapat Sebabkan 7 Penyakit Ini


Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app